x

usaha yang cocok di tengah new normal life

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Selasa, 15 Agustus 2023 14:34 WIB

5 Makanan yang Harus Dihindari Wanita Saat Menstruasi

Alasan ketika haid atau menstruasi tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan pedas karena bisa menyebabkan diare yang berkepanjangan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menstruasi merupakan proses fisiologis yang terjadi pada wanita dimana darah kotor pada wanita dikeluarkan melalui saluran reproduksi wanita. Proses menstruasi sendiri terjadi pada wanita setiap bulan sekali secara beragam. Ada yang siklus menstruasinya secara teratur ataupun secara tidak teratur.

Siklus alami menstruasi pada wanita ini terjadi selama sebulan sekali dengan tujuan selain mengeluarkan darah kotor dari reproduksi wanita juga mempersiapkan proses kehamilan pada wanita. Organ reproduksi pada wanita ini berlangsung secara alami dimana proses ini berlangsung secara alami setiap bulan.

Pada proses menstruasi atau haid pada wanita sel telur pada wanita yang terletak didinding rahim yang tidak dibuahi maka akan menggerusatau meluruh untuk menuju keluar dinding vagina pada wanita. Sehingga keluarlah darah kotor setiap bulan yang disebut dengan menstruasi. Siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda – beda pada umumnya terjadi setiap 28 hari sekali bahkan berubah – ubah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketika haid atau menstruasi maka hormon pada wanita akan berubah –ubah sehingga membuat wanita ketika mengalami fase menstruasi akan mengalami mood swing atau dalam istilah awam adalah sensitif atau mood yang berubah – ubah.

Didalam ajaran agama Islam ketika wanita haids atau menstruasi ada pantangan yang tidak boleh dilakukan yaitu antara lain : Shalat, membaca Al quran, melakukan tawaf, berpuasa, berhubungan sexual, berdiam diri didalam masjid, memegang atau membawa mushaf, mengkonsumsi alkohol, malas mengganti pembalut, makan makanan tinggi garam, bekerja terlalu keras, melewatkan jam makan atau mengkonsumsi junkfood, mencukur bulu kemaluan, membersihkan vagina secara berlebihan dan mengkonsumsi kafein.

Sedangkan dicdalam medis ketika haid atau menstruasi pantangan atau larangan yang tidak boleh dilakukan antara lain : Makanan pedas, minuman tinggi kafein, mengkonsumsi daging merah, produk olahan susu dan makanan tinggi garam.

Dosen spesialis medikal bedah prima Trisna Aji menyampaikan alasan ketika haids atau menstruasi tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan pedas dikarenakan bisa menyebabkan diare yang berkepanjangan. Apabila ingin mengkonsumsi makanan pedas maka disarankan makan makanan pedas sedikit dan level yang ringan yang tidak mudah mengiritasi dinding usus.

Sedangkan ketika haid tidka diperbolehkan mengkonsumsi minuman tinggi kafein dikarenakan menurut penelitian Prescription for Natural Cures, James F. Balch dan Mark Stengles mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti cokelat, kopi, teh, dan minuman bersoda bisa membuat gejala-gejala yang biasanya muncul saat menstruasi, seperti perubahan mood dan nyeri payudara semakin bertambah parah.

Ketika haids tidak diperbolehkan makan daging merah karena kandungan prostalglandin yang sangat tinggi bisa berefek terjadinya kram perut pada wanita semakin parah. Kemudian ketika haid tidak diperbolehkan mengkonsumsi produk olahan susu dikarenakan bisa menyebabkan kram menstruasi. Hal ini dikarenakan di dalam produk susu terdapat asam arakidonat yang dapat memicu terjadinya kram perut.

Kemudian yang terkahir ketika menstruasi tidak diperbolehkan mengkonsumsi Hal ini dikarenakan beberapa hormon yang menyebabkan menstruasi dapat menyebabkan retensi air dan inilah yang menyebabkan perut mudah kembung. Apabila memang ingin mengkonsumsi dianjurkan mengkonsumi garam dalam porsi yang sangat rendah. Boleh mengkonsumsi kembali setelah selesai masa menstruasi haid. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu