x

Iklan

Saras Wulandari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Mei 2023

Rabu, 16 Agustus 2023 09:06 WIB

Produk Olahan Sayur Pakcoy Membantu Ketahanan Ekonomi Keluarga

Ketahanan keluarga adalah hal yang sangat penting di tengah perubahan iklim. Upaya meningkatkan ketahanan keluarga ini juga dilengkapi dengan edukasi mengenai manfaat nutrisi sayur pakcoy dan pentingnya pilihan makanan yang berkelanjutan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Padang Pariaman, 10 Agustus 2023 – Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin nyata, masyarakat Nagari Padang Toboh Ulakan telah mengambil langkah proaktif untuk meningkatkan ketahanan keluarga mereka. Dengan mengandalkan potensi lokal yang tersedia di nagari dengan mengembangkan Produk Olahan Sayur Pakcoy hasil panen dari teknologi hidroponik.

Kegiatan ini didorong oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Sumatera Barat (Sumbar) melalui program Voice for Inclusiveness Climate Resilience Actions (VICRA) yang berkolaborasi dengan Nagari Padang Toboh Ulakan. Kegiatan ini tentunya memberikan solusi inovatif dalam mengatasi dampak perubahan iklim yang telah kita rasakan saat ini seperti berkurangnya pendapatan keluarga akibat dari banjir maupun kekeringan.

Sayuran pakcoy, yang dikenal akan nutrisi tingginya serta kemampuannya untuk tumbuh dalam berbagai kondisi lingkungan, menjadi bahan utama dalam produk olahan ini. Beragam produk kreatif telah dihasilkan sebagai bagian dari upaya meningkatkan ketahanan keluarga di tengah perubahan iklim yang semakin tidak terduga. Beberapa produk unggulan dari inisiatif ini termasuk: Stik pakcoy, keripik pakcoy, mie pakcoy, bakso pakcoy dan nugget pakcoy.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Koordinator Program VICRA PKBI Sumbar, Suci Kurnia Sari menyatakan, menghadirkan produk olahan sayur pakcoy ini tidak hanya memberikan kontribusi dalam mengatasi dampak perubahan iklim, tetapi juga mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pilihan makanan yang sehat dan berkelanjutan. Dengan mengonsumsi produk olahan ini, keluarga dapat memanfaatkan nutrisi tinggi dari sayur pakcoy, sekaligus memberikan dukungan terhadap lingkungan.

"Ketahanan keluarga adalah hal yang sangat penting di tengah perubahan iklim. Kami ingin memberikan solusi praktis dan inovatif kepada masyarakat untuk tetap sehat dan kuat dalam menghadapi tantangan yang ada," kata Henny Puspita Sari, Program officer VICRA PKBI Sumbar.

Upaya meningkatkan ketahanan keluarga ini juga dilengkapi dengan edukasi mengenai manfaat nutrisi sayur pakcoy dan pentingnya pilihan makanan yang berkelanjutan. Diharapkan, inisiatif ini akan menginspirasi komunitas lain untuk mengambil tindakan nyata dalam menghadapi perubahan iklim sambil tetap menjaga kesehatan keluarga.

Ikuti tulisan menarik Saras Wulandari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler