x

KKN UMD UNEJ kelompok 30 melakukan Sosialisasi Budidaya Hidroponik dan Minuman Imunostimulan

Iklan

KKN UMD 30 Pucanganom

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2023

Kamis, 17 Agustus 2023 10:59 WIB

Mahasiswa KKN Unej Sosialisasi Budidaya Hidroponik dan Pembuatan Minuman Imunostimulan di Desa Pucanganom

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMD UNEJ kelompok 30 yang berada di Desa Pucanganom, Kecamatan Jambesari Darus Solah, Kabupaten Bondowoso melakukan pemberdayaan masyarakat mengenai Budidaya Hidroponik dan Pembuatan Minuman Imunostimulan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMD UNEJ kelompok 30 yang berada di Desa Pucanganom, Kecamatan Jambesari Darus Solah, Kabupaten Bondowoso melakukan pemberdayaan masyarakat mengenai  Budidaya Hidroponik dan Pembuatan Minuman Imunostimulan. Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa, 15 Agustus 2023, tepatnya pada pukul 09.00 di Balai Desa Pucanganom.

Rangkaian acara yang dilakukan yakni pengenalan kamus tanaman obat keluarga (TOGA) yang ada di Desa Pucanganom, sosialisasi budidaya tanaman selada melalui hidroponik, dan pembuatan minuman imunostimulan berupa jamu kunyit asam dan jus selada. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat Desa Pucanganom, perwakilan penyuluh pertanian, dan warga sejumlah warga desa Pucanganom. 

Program sosialisasi budidaya hidroponik ini diawali dengan pemberian materi tentang pengenalan kamus TOGA dan pengolahan TOGA menjadi minuman imunostimulan. Kamus TOGA ini dirancang oleh kelompok KKN UMD UNEJ 30 dengan judul Ragam & Khasiat Tanaman Obat di Desa Pucanganom yang berisi mengenai beberapa tanaman obat di Desa Pucanganom serta cara pengolahannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu pengolahan yang dipaparkan saat sosialisasi adalah pengolahan tanaman kunyit menjadi jamu kunyit asam. Selain melakukan penyampaian tata cara pengolahan jamu kunyit asam, kelompok KKN UMD 30 juga memberikan hasil jamu kunyit asam yang telah dibuat untuk dicoba oleh masyarakat yang hadir pada saat sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi selanjutnya mengenai budidaya tanaman selada melalui hidroponik. Penjelasan sosialisasi tersebut dimulai dari latar belakang pemilihan budidaya melalui hidroponik sampai tata cara budidaya hidroponik tanaman selada. Kemudian ditunjukkan pengolahan tanaman selada yang merupakan hasil dari budidaya hidroponik menjadi minuman imunostimulan berupa jus. Mahasiswa KKN UMD UNEJ kelompok 30 mendemonstrasikan pembuatan jus yang selanjutnya diberikan kepada warga yang menghadiri sosialisasi tersebut. 

Acara sosialisasi ini ditutup dengan materi mengenai pertanian secara umum dan pestisida selada oleh Bapak Budi dan Ibu Yeti selaku perwakilan penyuluh pertanian Kecamatan Jambesari Darus Solah.

Ikuti tulisan menarik KKN UMD 30 Pucanganom lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan