x

Iklan

Raihannisa Rafaida

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Agustus 2023

Jumat, 18 Agustus 2023 10:26 WIB

Mahasiswa UGM Inisiasi Pembuatan Database Kependudukan di Dusun Karangasem

Informasi mengenai kondisi kependudukan suatu wilayah memiliki peranan yang vital dalam menunjang proses pengambilan keputusan di berbagai tingkatan pemerintahan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Informasi mengenai kondisi kependudukan suatu wilayah memiliki peranan yang vital dalam menunjang proses pengambilan keputusan di berbagai tingkatan pemerintahan. Data kependudukan menjadi dasar dalam penentuan kebijakan, penyusunan program pelayanan publik, merencanakan pembangunan infrastruktur, hingga alokasi anggaran. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah suatu wilayah untuk memiliki data kependudukan yang akurat, aktual, dan sesuai dengan realitas di lapangan.

Contoh nyata dapat ditemukan di Karangasem yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada saat ini, terlihat bahwa data kependudukan di Dusun Karangasem yang belum terkelola secara komprehensif dan bahkan belum terdapat nomor rumah sebagai identitas setiap rumah. Akibatnya, terdapat kendala serius dalam proses pembagian bantuan dari pemerintah,  dimana distribusi bantuan tidak dapat dilakukan secara efektif dan tepat sasaran. Selain itu juga menyulitkan apabila terdapat tamu dan jasa pengiriman yang ingin mencari rumah terkait. 

Dalam upaya mengatasi masalah ini, tim mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada 2023 yang diinisiasi oleh Raihannisa Rafaida Arief di bawah bimbingan Ganies Riza Aristya, S. Si., M. Sc., Ph. D melakukan pendataan penduduk pada setiap RT serta penomoran rumah di Dusun Karangasem. Pendataan ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang akurat mengenai jumlah penduduk, profil demografis, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan data penting lainnya. Data yang terkumpul akan diolah dan digunakan untuk membentuk sebuah basis data kependudukan yang komprehensif dan terpercaya. Selain pendataan kependudukan, upaya lain yang dilakukan adalah pemasangan nomor rumah sebagai identitas bagi setiap rumah di Dusun Karangasem. Nomor rumah ini akan menjadi bagian dari database kependudukan dan memudahkan dalam identifikasi serta pelacakan informasi terkait setiap rumah dan penduduknya. Langkah ini tidak hanya akan memperkuat sistem administrasi, tetapi juga memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan efisiensi pembagian bantuan dan pelayanan publik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan melaksanakan pendataan dan membangun basis data kependudukan yang lebih modern dan terintegrasi, Dusun Karangasem berpotensi mengatasi masalah-masalah terkait pembagian bantuan serta meningkatkan efektivitas program-program pembangunan. Raihannisa Rafaida Arief sebagai leader dalam program ini berharap data yang terkumpul dan basis data kependudukan yang terbentuk akan menjadi alat yang berharga bagi pemerintah daerah dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Melalui sinergi antara mahasiswa tim KKN-PPM Universitas Gadjah Mada, pemerintah daerah, dan masyarakat setempat, diharapkan Dusun Karangasem dapat menerapkan praktik pengelolaan data kependudukan yang lebih modern dan efisien. Upaya ini akan menjadi langkah positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mendukung pembangunan berkelanjutan, serta menciptakan lingkungan yang lebih baik dan terarah di Dusun Karangasem dan sekitarnya.

Ikuti tulisan menarik Raihannisa Rafaida lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB