x

Ilustrasi (Unsplash)

Iklan

Tirta Pakuan Bogor

Tirtapakuan
Bergabung Sejak: 11 Agustus 2023

Sabtu, 19 Agustus 2023 14:54 WIB

Cara Menggunakan Air PDAM Dengan Bijak

Musim kemarau tahun ini diprediksi akan lebih kering dibandingkan tiga tahun sebelumnya. Hal ini dikhawatirkan akan membuat debit air bersih semakin menurun. Jadi, kita sebaiknya menggunakan air PDAM dengan bijak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak dari kita mungkin berpikir bahwa air adalah sumber daya yang melimpah, padahal sebenarnya sangat terbatas. Faktanya, debit air di Indonesia semakin menurun dari tahun ke tahun. Di lain sisi, pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) semakin bertambah, yang berarti kebutuhan air juga semakin tinggi.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), volume air bersih yang disalurkan perusahaan air bersih di Indonesia pada tahun 2021 adalah 4,37 miliar meter kubik, menurun dari 3,58 miliar m3 yang disalurkan pada tahun 2015. Ini menunjukkan bahwa air yang disalurkan semakin berkurang dari tahun ke tahun.

Kabar buruknya, Laporan Proyeksi Ketersediaan Air oleh Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa ketersediaan air per kapita di Indonesia diprediksi akan berkurang menjadi 181.498 meter kubik per kapita per tahun pada pada 2035. Angka tersebut menyusut 31% dari 265.420 meter kubik per kapita per tahun pada tahun 2010.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa musim kemarau tahun ini akan lebih kering dibandingkan tiga tahun sebelumnya. Hal ini dikhawatirkan akan membuat debit air bersih semakin menurun.

Oleh karena itu, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menghimbau pelanggan agar lebih bijak menggunakan air dalam kehidupan sehari hari!

Cara Bijak Menggunakan Air PDAM

Menggunakan air PDAM dengan bijak sangat penting untuk menjaga keberlanjutan pasokan air bersih dan melindungi lingkungan. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan air PDAM dengan bijak:

Di dapur

  • Gunakan air secukupnya untuk memasak dan mencuci peralatan memasak.
  • Jangan biarkan air terus mengalir ketika sedang mencuci piring. Buka keran hanya ketika Anda ingin melakukan pembilasan.
  • Bilas sayuran dalam mangkuk bukan dengan air mengalir
  • Gunakan air bekas cucian sayuran tersebut untuk menyiram tanaman Anda.

Di dalam kamar mandi

  • Jangan membiarkan keran menyala saat bercukur
  • Matikan keran saat Anda menggosok gigi dan berkumurlah dengan segelas air
  • Gunakan shower agar lebih hemat air
  • Hindari menyiram terlalu banyak air ke dalam toilet

Di luar rumah

  • Kumpulkan air hujan untuk digunakan menyiram tanaman dan kebun
  • Jangan mencuci mobil dengan selang air, melainkan gunakan ember dan spons

Lainnya

  • Jangan biarkan keran meneteskan air. Meskipun terlihat sedikit, tapi keran yang menetes dapat membuang hingga 140 liter air dalam seminggu
  • Jika terjadi kebocoran pipa, lakukan perbaikan secepatnya!

Patuhi Peraturan PDAM

  • Pastikan Anda mengetahui dan mematuhi peraturan dan himbauan yang diberikan oleh Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor tentang penggunaan air. Patuhi jadwal pemadaman air (jika ada), dan selalu gunakan air secukupnya, terutama saat dalam kondisi kekeringan atau krisis air.

Menggunakan air PDAM dengan bijak adalah tanggung jawab kita semua untuk menjaga ketersediaan air bersih bagi generasi sekarang dan mendatang serta melindungi lingkungan. Dengan menerapkan langkah-langkah sederhana dalam penghematan air sehari-hari, kita dapat berkontribusi pada upaya melestarikan sumber daya alam yang berharga ini. 

 

Ikuti tulisan menarik Tirta Pakuan Bogor lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu