x

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Sabtu, 19 Agustus 2023 14:56 WIB

Manfaat Jagung Rebus Meningkatkan Daya Ingat Pada Otak

Manfaat Jagung Rebus Meningkatkan Daya Ingat Pada Otak

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jagung merupakan salah satu makanan yang banyak digemari dinegara beriklim tropis seperti Indonesia. Selain bisa dimasak dengan model beraneka ragam, jagung sangat mudah didapatkan khususnya dinegara Indonesia.

Tanaman jagung sendiri merupakan salah satu tanaman pangan berupa biji – bijian dari keluarga rumput – rumputan yang berasal dari Amerika Serikat kemudian menyebar di benua Afrika dan benua Asia. Jagung memiliki nama latin yaitu Zea mays yang merupakan tanaman biji – bijian.

            Menurut Dr Ir Suwarto, M.Si, Dosen di Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Universitas IPB, ada empat jenis jagung di Indonesia yang bisa dikonsumsi. Ada jagung untuk bahan baku tepung, jagung yang cocok direbus, jagung manis, dan jagung brondong.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Jagung ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia yaitu antara lain : jagung bisa mengontrol diabetes mellitus karena mampu mengontrol tekanan darah pasien, mampu melawan radikal bebas yang memicu peradangan, meningkatkan aliran darah serta mampu melindungi organ pankreas. Kita ketahui bahwa organ pankreas merupakan salah satu organ penghasil insulin yang mengatur kadar gula didalam darah manusia.

            Dalam banyak penelitian konsumsi jagung sangat bagus bagi penderita diabetes mellitus hingga bisa sebagai pengganti gula pasir untuk penderita diabetes mellitus. Manfaat lain yang juga tidak kalah efektif adalah ternyata jagung sangat bagus bagi pelajar sekolah. Kandungan nutrisinya yang tinggi sangat bagus untuk daya ingat manusia dalam belajar.

            Kandungan didalam jagung sangat tinggi akan vitamin B1 yang sangat baik untuk peningkatan daya ingat pada otak manusia. Selain itu nutrisi pada jagung cukup bagus untuk nutrisi otak manusia.

Menurut Heathline kandungan nutrisi jagung antara lain mengandung Kalori 96%, Air 73%, Protein 3,4 gram, karbohidrat 21 gram, gula 4,5 gram, serat 2,4 gram dan lemak 1,5 gram. Selain itu di dalam satu buah jagung atau setara dengan 100 gram biji jagung terdapat sekitar 80–100 kalori. Selain itu, jagung juga mengandung beragam nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Jagung pun memiliki beragam antioksidan, termasuk asam fenolat, zeaxanthin, antosianin, dan lutein.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan untuk cara mengkonsumsi jagung dengan baik dan benar adalah dengan cara direbus. Dikarenakan apabila jagung dikonsumsi dengan cara dibakar maka akan menimbulkan radikal bebas yang terjadi ketika pembakaran sehingga akan membawa penyakit baru pada jagung bakar tersebut. Sedangkan ketika direbus, jagung disarankan tidak direbus terlalu lama dikarenakan bisa melarutkan kandungan nutrisi gizi yang terdapat didalam jagung tersebut. Lama merebus jagung ketika air mendidih cukup sekitar 3 -5 menit, supaya rasa manis pada jagung tidak hilang juga jagung tidak terlalu keras ketika dikonsumsi. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu