x

Gambar oleh Daniel Dan outsideclick dari Pixabay

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Senin, 21 Agustus 2023 13:32 WIB

Dahsyatnya Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat dari labu siam untuk kesehatan antara lain efektif menurunkan tekanan darah, mencegah sembelit, menambah stamina bagi pekerja lapangan, mencegah penuanaan dini, menjaga kesehatan jantung dan bisa menurunkan berat badan bagi pasien obesitas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siapa yang tidak kenal dengan buah labu, buah labu merupakan salah satu buah yang tumbuh diiklim tropis salah satunya di Indonesia. Dinegara Indonesia buah labu banyak dikonsumsi secara langsung ataupun dikombinasi dengan bumbu masakan didapur. Bahkan buah labu ini juga menjadi favorit ibu rumah tangga didapur.

            Karakteristik buah Labu sendiri berbentuk bulat yang berukuran cukup besar dan memanjang. Bentuk buah Labu yang bulat dan memanjang kadang banyak yang tidak bisa membedakan dengan buah melon.

            Jenis buah labu pun di Indonesia beraneka ragam variannya. Dari varian labu kuning, varian labu siam, varian labu oyong, labu air, Bligo, labu ular dll. Buah labu selain enak dikonsumi dengan dimakan langsung secara segar juga bisa dikombinasi dengan dimasak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Selain enak dikonsumsi buah labu ternyata juga mempunyai manfaat banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah jenis buah labu Siam. Buah labu Siam apabila dikonsumsi secara rutin ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

            Dikutip dari badan pusat statistik jawa tengah tahun 2017 labu siam (Sechium edule (Jacq) merupakan tanaman subtropis yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Labu siam merupakan salah satu tanaman sayur buah semusim yang mendominasi jumlah produksi pada tahun 2015 yaitu sebesar 1,62 juta kwintal.

            Banyak yang bertanya apakah labu siam ini termasuk dalam kategori buah–buahan ataukah sayuran? Jawabannya adalah buah labu siam termasuk dalam kategori buah–buahan. Buah labu siam pertama kali dibudidayakan di Meksiko dan Honduras kemudian menjalar ke Thailand kemudian Indonesia. Disebut dengan istilah dengan buah labu siam dikarenakan buah ini pertama kali didatangkan dari Thailand (Siam) oleh warga Belanda.

            Manfaat dari labu siam untuk kesehatan antara lain efektif menurunkan tekanan darah, mencegah sembelit, menambah stamina bagi pekerja lapangan, mencegah penuanaan dini, menjaga kesehatan jantung dan bisa menurunkan berat badan bagi pasien obesitas. Buah Labu Siam sendiri sangat aman apabila dikonsumsi bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit maag atau gastritis baik akut ataupun kronis.

            Dosen Spesialis Medikal bedah Prima Trisna Aji mengatakan lLabu siam dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Implikasi penelitian ini adalah responden yang mengalami peningkatan kolesterol dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara rutin mengkonsumsi jus labu siam dan juga harus seimbang dengan mengubah gaya hidup yang sehat.*Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu