x

Gambar tersebut menggambarkan tangan dari seorang anak kecil sedang mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Gambar tersebut dapat digunakan sebagai bahan edukasi kepada anak-anak agar dapat diajarkan mengenai manfaat mencuci tangan, dan akibat jika tidak mencuci tangan.\xd \xd Sumber foto : https://www.dettol.com.au/media/4379/washing-hands-large.jpg?width\x3d1140\x26height\x3d641\x26center\x3d0.5,0.5\x26mode\x3dcrop

Iklan

Adienda Afiansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juni 2023

Sabtu, 2 September 2023 10:49 WIB

Mahasiswa KKN-T UPI Gelar Penyuluhan PHBS di SDN Lamping 3 Kota Sukabumi

Mahasiswa KKN-T Kelompok Gedong Panjang Kota Sukabumi melakukan kegiatan penyuluhan PHBS sebagai usaha zero stunting di wilayah Kelurahan Gedong Panjang, Kota Sukabumi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKN-Tematik UPI kelompok Gedong Panjang melaksanakan kegiatan penyuluhan soal perilaku hidup bersih dan sehat kepada siswa-siswi di SDN Lamping 3 Kota Sukabumi. Penyuluhan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan praktik kesehatan mereka, seperti mencuci tangan, menjaga kebersihan diri, mengonsumsi makanan sehat, beraktivitas fisik, dan menjaga lingkungan bersih. Praktik hidup sehat itu akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Kegiatan penyuluhan ini disambut dengan sangat antusias oleh siswa siswi SD tersebut, baik dari kelas 1 sampai kelas 6 mereka sangat antusias dalam mendengarkan penyuluhan PHBS ini.
Program ini bertujuan sebagai peningkatan pola hidup sehat, PHBS ini juga tidak lain sebagai upaya dalam peningkatan pengetahuan anak dalam masa pertumbuhan agar tidak terdampak stunting. 

Selain melakukan penyuluhan PHBS kepada siswa-siswi, mahasiswa KKN juga melakukan revitalisasi UKS (Unit Kesehatan Siswa) dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan di lingkungan sekolah. Kegiatan yang dilakukan yaitu membersihkan ruangan, menempelkan poster dan menyortir obat-obatan yang masih layak dikonsumsi oleh peserta didik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Revitalisasi UKS ini disambut baik oleh semua stakeholder sekolah dan mendapat dukungan agar UKS SDN Lamping 3 dapat beroperasi kembali dan memberi manfaat untuk peserta didik. 

Melalui kegiatan penyuluhan ini, kita sebagai generasi muda harus menjadi agen pembawa perubahan dengan memberikan penyuluhan tentang PHBS kepada siswa-siswi tersebut. Dengan menerapkan PHBS secara konsisten, diharapkan bahwa siswa-siswi SDN Lamping 3 akan semakin sadar bahwa pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta mampu mengurangi angka kejadian stunting di Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Adienda Afiansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu