x

Iklan

Welno Hedi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 September 2023

Rabu, 13 September 2023 08:51 WIB

Pendekatan Ekologi dalam Pembangunan Desa: Mengubah Negeri dari Akar

Dalam beberapa dekade terakhir, isu-isu lingkungan seperti perubahan iklim, keberlanjutan sumber daya alam, dan pelestarian lingkungan semakin menjadi perhatian global. Di tengah tantangan ini, pendekatan ekologi dalam pembangunan desa muncul sebagai cara yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengubah negeri ini dari akar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cinta Indonesia

Pendekatan Ekologi dalam Pembangunan Desa: Mengubah Negeri dari Akar

Pendekatan ekologi dalam pembangunan desa adalah pendekatan yang berfokus pada keseimbangan antara pembangunan ekonomi, pelestarian alam, dan kesejahteraan sosial. Ini melibatkan penggunaan sumber daya alam dengan bijaksana, menghormati ekosistem, dan mempromosikan gaya hidup berkelanjutan. Di Indonesia, banyak desa telah mengadopsi pendekatan ekologi untuk menciptakan perubahan yang positif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Journal of Sustainable Development" oleh Sutomo dan Wardoyo pada tahun 2018 menunjukkan bahwa desa-desa yang menerapkan pendekatan ekologi dalam pengelolaan sumber daya alam mengalami peningkatan kualitas lingkungan dan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan. Studi ini menegaskan pentingnya pendekatan ekologi dalam menciptakan pembangunan desa.

Salah satu konsep utama dalam pendekatan ekologi adalah konsep desa yang berkelanjutan. Desa yang berkelanjutan adalah desa yang mampu memenuhi kebutuhan penduduknya saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini mencakup penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat setempat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "International Journal of Sustainable Development" oleh Pratiwi dan Wijaya menyoroti peran penting desa-desa berkelanjutan dalam menjaga keseimbangan alam dan memastikan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan.

Sebagai contoh, Desa Ciptagelar di Sukabumi, Jawa Barat, telah menerapkan pendekatan ekologi dalam mengelola hutan dan sumber daya alam mereka. Para Petani menggabungkan pengetahuan lokal dengan ilmu pengetahuan modern untuk menjaga keseimbangan alam dan menciptakan mata pencaharian yang berkelanjutan bagi penduduk desa.

Pengembangan Pertanian Berkelanjutan

Pendekatan ekologi juga berlaku untuk sektor pertanian, yang merupakan mata pencaharian utama banyak desa di Indonesia. Pertanian berkelanjutan melibatkan penggunaan metode pertanian yang ramah lingkungan, seperti pertanian organik dan pengelolaan air yang bijaksana. Ini membantu mengurangi dampak negatif pertanian terhadap lingkungan dan menjaga produktivitas tanah jangka panjang.

Studi yang dilakukan oleh Suryadi dan Prasetyo pada tahun 2020 dan diterbitkan dalam "International Journal of Agriculture, Environment, and Food Sciences" menunjukkan bahwa penerapan pertanian berkelanjutan telah meningkatkan hasil pertanian dan kualitas lingkungan di desa.

Sebagai contoh, Desa Sumber Jaya di Lampung telah mengadopsi pertanian organik dan praktik pertanian berkelanjutan. Para Petani tidak hanya meningkatkan hasil panen mereka, tetapi juga mengurangi penggunaan pestisida berbahaya dan memperbaiki kualitas tanah.

Kesejahteraan Masyarakat

Selain mengutamakan pelestarian lingkungan, pendekatan ekologi dalam pembangunan desa juga memperhatikan kesejahteraan sosial masyarakat. Melibatkan pemberdayaan masyarakat setempat untuk mengambil peran aktif dalam pengelolaan sumber daya alam dan pengambilan keputusan yang berdampak pada lingkungan mereka.

Pendekatan ekologi memandang kesejahteraan sebagai sesuatu yang lebih dari sekadar ekonomi, melainkan mencakup aspek-aspek sosial dan budaya. Dalam banyak desa yang menerapkan pendekatan ekologi, terjadi peningkatan dalam akses masyarakat terhadap pendidikan, layanan kesehatan, dan infrastruktur dasar. Hal ini membantu meningkatkan kualitas hidup penduduk desa secara keseluruhan.

Selain itu, pendekatan ekologi juga menciptakan peluang ekonomi baru bagi masyarakat desa. Misalnya, pengembangan agrowisata berbasis ekologi atau produksi produk pertanian organik dapat meningkatkan pendapatan penduduk desa dan mengurangi tingkat kemiskinan.

Penting untuk mencatat bahwa pendekatan ekologi dalam pembangunan desa memandang masyarakat desa sebagai mitra aktif dalam pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Dengan melibatkan masyarakat setempat dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan lingkungan dan sumber daya alam, pendekatan ekologi memperkuat ikatan sosial dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus menjaga keseimbangan ekologi yang sudah dibentuk.

Dengan demikian, pendekatan ekologi bukan hanya tentang menjaga alam, tetapi juga tentang menciptakan kondisi di mana masyarakat desa dapat mencapai kesejahteraan yang lebih baik secara menyeluruh.

Pendekatan Ekologi dan Masa Depan Negeri

Pendekatan ekologi dalam pembangunan desa memiliki implikasi yang jauh lebih besar. Ketika lebih banyak desa di Indonesia mengadopsi pendekatan ini, kita dapat mengubah negeri ini dari akar. Ini bukan hanya tentang menciptakan desa yang lebih baik, tetapi juga tentang memberikan contoh bagi kota-kota besar dan negara-negara lain di dunia.

Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam perubahan ekologi dan berkontribusi pada upaya global untuk mengatasi perubahan iklim dan pelestarian lingkungan. Dengan memadukan kebijakan yang mendukung pendekatan ekologi, pengembangan teknologi hijau, dan partisipasi aktif masyarakat, kita dapat mencapai perubahan yang positif.

Pendekatan ekologi dalam pembangunan desa adalah cara inovatif untuk mengubah negeri ini dari akar. Ini melibatkan pelestarian lingkungan, pengembangan pertanian berkelanjutan, dan pemberdayaan masyarakat. Dengan menerapkan pendekatan ini, Indonesia dapat menciptakan desa-desa yang berkelanjutan dan memberikan inspirasi bagi dunia. Penting untuk terus mendukung dan mempromosikan pendekatan ekologi  karena ini adalah langkah yang penting menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan adil.(Cinta Indonesia)

Ayo Wujudkan Ekologi Pembangunan Desa Indonesia Berkelanjutan!

Ikuti tulisan menarik Welno Hedi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu