x

Berdoa mohon kekuata Tuhan

Iklan

Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Oktober 2022

Selasa, 19 September 2023 07:00 WIB

Doa dan Berkat, Itulah Daya Hadir Kita, Satu Terhadap yang Lain.

ADA banyak waktu sepertinya berlalu begitu saja. Dibiarkan menguap dalam kata-kata dan tindakan yang tak berbuah. Namun, nyatanya? Mengapa kah hal itu selalu menarik dan bangkitkan minat?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya


ADA banyak waktu sepertinya 'berlalu begitu saja.' Dibiarkan 'menguap' dalam kata-kata dan tindakan yang tak berbuah. Namun, nyatanya? Mengapa kah hal itu selalu menarik dan bangkitkan minat?


KITA getol bicara tentang 'salah ini dan tidak benar itu.' Sepertinya 'yang di luar pikiran, selera dan mauku itu wajib salah.' Sebab itulah, comel sana sini jadi sulit untuk terhenti. Lahirlah pula kritik pedas tak pernah cukup. Bahkan dilancarkan dengan serangan tak beretika.


MUNGKIN seperti itulah yang hendak diingatkan Rasul Paulus kepada Timotius. Agar Timotius sanggup bersuara selanjutnya kepada jemaat. Sekiranya kata-kata beraroma negatif dan tak etis, tak pada tempatnya, semuanya diubah dalam harapan dan doa.


BERDOA bagi para penguasa, pemimpin dan pemerintah itulah harapan Rasul Paulus melalui Timotius. Semuanya agar para petinggi jemaat dan masyarakat itu dapat memimpin dan bertindak dengan bijak dan adil, dan terutama dalam semangat Injil.
 
 
Rasul Paulus jelas menulis. Doa-doa itu dimaksudkan, "Agar kita dapat hidup aman dan tenteram dengan segala kesalehan dan kehormatan" (1Tim 2:2). Indahnya hidup bersama dalam komunitas beriman,dan dalam masyarakat yang lebih luas adalah panggilan utama bagi para pemimpin dan penguasa. Tetapi juga menjadi tanggungjawab bersama warga masyarakat dan jemaat.


NIAT yang seharusnya baik, benar dan tulus dalam doa dan harapan seringkali terperangkap dalam kata-kata penuh hasutan dan varia geliat sarat provokasi. Ganti harapan akan damai sejahtera dan keteduhan, kiblat hati menyerempet pada meledaknya suasana khaos dan penuh ketegangan.


TETAP jadi cita-cita Injili dan harapan Rasul Paulus sekiranya setiap orang menjadi tanda berkat. Satu terhadap yang lain. Berkat yang diserukan dalam doa.
 

Rikhardus Roden Urut

Ikuti tulisan menarik Rikhardus Roden Urut Kabupaten Manggarai-NTT lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu