x

Sumber foto: pixabay.com/id/illustrations/menulis-penulis-tipe-mesin-kreatif-3994024/

Iklan

Tamya Purnama

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2023

Minggu, 24 September 2023 06:52 WIB

Tip Skripsian Enjoy dan Cepat Selesai

Tips-tips agar skripsi cepat selesai

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi kebanyakan mahasiswa, skripsi dianggap sebagai momok yang paling menakutkan. Skripsi merupakan tahapan akhir yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa untuk mendapatkan gelarnya. Namun, ketakutan dan kebingungan yang sering kali dialami mahasiswa ternyata membuat penelitiannya terkendala.

Kendala dalam menjalankan penelitian ini bisa muncul baik dari internal maupun eksternal. Oleh karena itu, sering kali kita melihat ada mahasiswa yang lulusnya cepat atau tepat waktu dan ada juga yang berkuliah lebih dari 4 tahun. Teruntuk kalian yang ingin skripsinya cepat selesai, maka wajib menyimak tips-tips berikut ini!


1. Menentukan topik penelitian
Topik penelitian harus berdasarkan apa yang kamu minati. Misalnya kamu suka dengan olahraga sepak bola, maka buatlah penelitian yang berdasarkan kesukaanmu itu. Ketertarikan dan minat yang tinggi akan membuat skripsi segera terselesaikan.

Selain minat, topik penelitian juga dapat dipilih atas kedekatan yang kalian miliki. Bisa kedekatan wilayah atau emosional. Misalnya kedekatan wilayah, jika kalian tinggal di Yogyakarta, maka buatlah penelitian yang berlokasi juga di Yogyakarta. Kalau kedekatan emosional, semisal kalian ingin membuat biografi tokoh terkenal yang berasal dari keluarga sendiri.

Agar skripsi berjalan lancar, kalian juga perlu membuat plan B yakni topik penelitian cadangan, kalau misalnya planet A yaitu topik pertama ditolak oleh dosen, maka kalian bisa menggunakan plan B tersebut. Jadi, kalian tidak akan membuang-buang waktu lebih lama untuk memikirkan ulang topik penelitian.


2. Ketersediaan data
Hal terpenting dalam mengerjakan skripsi adalah ketersediaan data. Jadi, percuma saja jika kalian memiliki topik penelitian bagus tetapi data-datanya tidak ada.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pastikan juga data atau sumber yang dimiliki cukup melimpah. Jangan sampai data-data yang ada hanya sedikit. Sangat disayangkan jika kalian sedang menulis lalu berhenti di tengah jalan dan harus ganti topik. Maka pilihlah topik yang mudah dengan sumber melimpah, namun belum dijadikan penelitian oleh orang lain.


3. Memilih dosen pembimbing
Tips ketiga yang perlu  diperhatikan adalah memilih dosen pembimbing. Kalian harus tau karakter dosen-dosen dan mengetahui ilmu di bidang apa yang dosen tersebut kuasai. Misalnya, jika topik skripsi kalian tentang sastra, maka pilihlah dosen yang ahli di bidang sastra. Hal ini akan mendorong penelitianmu segera terselesaikan.


4. Membuat target
Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Agar terselesaikan dengan cepat dan tepat waktu, maka kalian harus membuat target. Dengan adanya target, penelitian yang dijalankan juga akan terarah.

Pastikan kalian menentukan jadwal pengerjaan untuk menyelesaikan di setiap babnya. Misal, kalian menentukan bab 1 selesai sekitar 2 minggu dan bab 2 selesai sekitar 2 minggu. Maka dalam 1 bulan kalian telah berhasil mengerjakan 2 bab.

Jangan pernah begadang mengerjakan skripsi. Mengapa? Karena tubuh kita butuh istirahat. Lebih baik waktu malah hari digunakan untuk bersantai dan membuat jadwal target untuk aktivitas keesokan hari. Oleh karena itu, dengan membuat target skripsi kalian bisa cepat terselesaikan tanpa harus menyiksa tubuh kalian dengan begadang atau bahkan tidak tidur.

Bukan hanya itu saja, selama mengerjakan penelitian jangan lupa rajin-rajinlah bimbingan. Apabila mendapatkan revisi dari dosen, maka segera kerjakan dan selesaikan. Jangan pernah menunda-nunda waktu ya! Hal ini perlu dilakukan secara konsisten.


5. Tempat
Kalian para mahasiswa tentu sudah memiliki tempat ternyaman saat mengerjakan tugas bukan? Nah, maka dari itu pilihlah tempat yang cocok dan nyaman untuk mengerjakan skripsi kalian. Bisa di kamar tidur, cafe, perpustakaan, atau taman yang bersuasana tenang dan tidak mengganggu konsentrasi kalian.


6. Jujur
Penelitian yang dijalankan hendaknya hasil buah dari pemikiran kalian. Usahakan untuk terus Jujur di setiap mengerjakan skripsi. Jangan pernah plagiat atau copy paste tulisan orang lain. Apabila menggunakan pemikiran orang lain, jangan lupa cantumkan sumbernya seperti footnote (catatan kaki) dan bodynote (catatan tubuh).

Tidak hanya itu saja, tindakan curang lain seperti joki sebaiknya jangan dilakukan. Biasanya dosen sudah hafal tulisan kita. Jadi, kalau kalian berani joki skripsi siap-siap saja kena semprot dosen deh!

7. Doa
Tips terakhir adalah doa. Jika kalian sudah berusaha keras, jangan lupa tetap selalu berdoa kepada Tuhan. Mintalah doa kepada orang tua dan keluarga. Serahkan semuanya kepada Tuhan dan tetap yakin bahwa skripsi ini bisa selesai. Jangan pernah mudah putus asa dan malas! Karena sesungguhnya, saat kalian melakukan penelitian pasti ada saja hambatannya. Hadapi saja dan nikmatilah di setiap prosesnya. Karena skripsi ini tidak akan pernah terulang.

Itu saja tips-tips yang sangat berguna bagi kalian. Selesainya skripsi tentu saja tergantung pada diri sendiri. Usahakanlah yang terbaik. Jika ingin cepat selesai, maka berikanlah semua fokusmu pada pendidikan.

Ikuti tulisan menarik Tamya Purnama lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler