x

https://www.xbox.com/en-US/games/store/fable-iii/BR46KM4D5B9L

Iklan

Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Hamba Allah dan Umat Muhammad Saw. Semakin besar harapan kepada Allah melebihi harapan kepada makhluk-Nya, semakin besar pula potensi dan kekuatan yang kita miliki.
Bergabung Sejak: 28 Mei 2022

Senin, 25 September 2023 20:58 WIB

Belajar Keadilan Menjalankan Roda Pemerintahan dari Game Fable 3

Mempelajari wawasan kepemerintahan dan penyelematan masa-masa krisis dari sebuah Action-Role Playing Game di PC.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebuah tirani terjadi di sebuah kerajaan, dan seorang protagonis keluar dari kerajaan demi mendapatkan kepercayaan publik demi dapat mengganti kepemimpinan kerajaan tersebut yang dipenuhi krisis.

Hingga tiba saatnya sang protagonis dengan segala sumber daya yang miliki (berupa harta kekayaan dan kemampuan berperang) untuk mengambil alih kekuasaan kerajaan. Nah ... peran sesungguhnya besarnya tanggungjawab itu baru muncul saat sang protagonis dipercaya menjadi pemimpin.

Dan kini janji-janji manis protagonis kepada masyarakat kerajaan mulai ditagih. Seperti salah satu janjinya adalah menerima proposal untuk merenovasi tempat penampungan panti asuhan, yang meningkatkan kondisi dan kualitas hidup tunawisma di Bowerstone. Atau opsi lain proposal tersebut ditolak, dan malah mengubah penampungan tersebut menjadi bordil dan keuntungannya akan diberikan kepada sang protagonis. Disinilah nurani sang Protagonis diuji.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Singkat cerita, krisis kerajaan berakhir dengan indah. Satu persatu keinginan luhur masyarakat kerajaan terpenuhi, hingga masa krisis paling mengerikan mulai menerpa kerajaan, yakni serangan monster Shadows dan Minions. Pada prosesnya ... semakin tinggi moralitas yang diperoleh rakyat karena kepercayaan rakyat berikan di masa pemerintahan sang Protagonis, semakin banyak rakyat yang terselamatkan pada krisis hebat ini.

Pelajaran yang diambil dari Game Fable 3:

Kisah yang ditampilkan dari Game Fable 3 sangat relevan dengan kisah politik dan hiruk pikuk pemerintahan saat ini. Apakah para pemangku kebijakan negeri ini memang sudah tunai janji? Atau menggadaikan kepentingan publik dengan kepentingan asing yang sarat imperialis dan penjajahan ala Nekolim?

Saat ini rakyat mesti bekerja, saat ini rakyat mesti berdagang, namun masih ada yang hidup masih dibawah standar sejahtera, dibebankan pajak yang cukup besar bagi saya pribadi, namun hutang negeri makin membengkak. 

Yang jelas kalau mau jadi pemimpin kita lihatlah seperti kisah Protagonis game diatas, tampilkanlah sumber daya yang melimpah untuk memenuhi keinginan rakyat yang mulia. Dan asahlah kemampuan untuk mengatasi krisis yang kelak terjadi di masa mendatang, sebagai persiapan menghadapi krisis yang hebat yang kelak kita hadapi semua. Jangan sampai mengeruk dan merampas apa yang menjadi hak milik rakyat dan gagal untuk menyelamatkan rakyat dari segala tantangan besar yang ada.

Bisa saja gambaran Game Fable 3 ini adalah tantangan global yang kelak dihadapi yakni pemenuhan kesejahteraan dan keselamatan rakyat yang meningkatkan moralitas bangsa dan negeri ini untuk semakin berkekuatan dalam menghadapi hadirnya sosok Al-Masih Ad-Dajjal dan Invasi Yajuj dan Majuj yang sudah dinubuahkan Baginda Rasul Muhammad Saw.

Cimahi, 25 September 2023.

Ikuti tulisan menarik Indrian Safka Fauzi (Aa Rian) lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

7 jam lalu

Terpopuler