x

Iklan

Ridwan Saepuloh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 September 2023

Minggu, 1 Oktober 2023 09:32 WIB

Kemacetan dan Solusi yang Bisa Dilakukan

Kemacetan adalah momok yang mengerikan. Menguraikan kemacetan bukanlah hal yang tidak mungkin,selama dilakukan penanganan yang pintar dan tepat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kemacetan adalah momok yang sangat menakutkan bagi para pengguna jalan. Khususnya di ibukota negara Indonesia yaitu Jakarta. Kemacetan terjadi karena volume arus kendaraan lebih tinggi daripada kapasitas muat jalan.Kemacetan yang parah di jakarta juga merupakan salah satu alasan pindahnya ibu kota Indonesia menjadi ke Kalimantan. Saking susahnya menghilangkan kemacetan yang terjadi.

Kemacetan bagaikan penyakit kronis yang susah untuk di obati. Ketika penyakit kronis sudah parah dan tak bisa di obati maka kematian yang menunggu. Ketika jalanan macet banyak sekali kerugian-kerugian yang akan di rasakan baik bagi pribadi maupun perusahaan.Misalnya,seorang yang bekerja di perusahaan telat masuk karna macet parah, mobil kebakaran dan mobil ambulance yang terlambat datang karena macet,dsb.

Untuk bisa memecahkan kemacetan, perlu sekali peran serta antara pemerintah dan rakyat agar tercapainya jalan yang bebas kemacetan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kita asumsikan bahwa kemacetan adalah penyakit,pemerintah adalah doktor,sedangkan rakyat adalah pasien.Seorang doktor harus bisa mendiagnosis penyakit pasiennya dengan baik dan benar,perlu ketelitian dan kesabaran agar doktor bisa mendiagnosis penyakit pasien. Tentu, doktor pun harus pintar dalam bidangnya,agar dia bisa memberikan treatment dan obat yang terbaik agar penyakit pasiennya bisa sembuh dengan cepat. Selain memberikan obat doktor pun memberikan banyak pantangan/larangan makanan selama pengobatan terjadi,terkadang dokterpun menyarankan pola hidup sehat lainnya seperti berolahraga. Kita ambil contoh ketika seseorang menderita penyakit diabetes type 2,selain memberikan obat .Dokter akan menyarankan sementara beberapa makanan yang mengandung tinggi gula. Seperti nasi, tepung tepungan dll.

Hal ini berlaku juga untuk pemerintah dalam meyelesaikan permasalahan kemacetan.Pemerintah perlu memberikan obat yang tepat penyakit kemacetan ini sembuh. Pemerintah pun perlu menyarankan pola hidup yang sehat supaya kemacetan bisa diatasi dan tidak kambuh lagi.

Obat yang tepat dalam mengatasi kemacetan adalah pengaturan lalu lintas.Dengan adanya pengaturan lalu lintas yang tepat maka kemacetan akan mudah teratasi.Namun bagaikan penyakit diabetes,penyebab terjadinya karena produksi gula berlebih yang tidak bisa di serap tubuh.Penyebab kemacetan juga terjadi karena produksi kendaraan yang terlalu berlebih.DI tengah padatnya penduduk indonesia,Banyak sekali keluarga yang telah memiliki kendaraan beroda empat tersebut. Survei yang bertajuk The Nielsen Global Survey of Automotive Demand menyingkap fakta menarik yaitu 46% keluarga indonesia belum memiliki mobil.Artinya bahwa 54% keluarga di indonesia memiliki kendaraan roda 4 tersebut.

Oleh karena itu,pembatasan kepemilikan kendaraan roda 4 dan juga pembatasan produksi kendaraan untuk pasar indonesia memiliki pengaruh yang penting dalam memecah kemacetan di dalam negri. Apakah akan terjadi macet jika kendaraan di indonesia hanya ada sedikit?

Pemerintah bisa memberikan layanan transportasi kendaraan umum yang di kelola dengan baik dan lebih serius.Agar kendaraan umum bisa aman dan nyaman untuk di naiki oleh rakyat indonesia. Dengan adanya layanan transportasi umum yang bisa menjangkau berbagai bagian di daerah dengan aman dan nyaman serta dengan harga yang murah maka rakyat pastinya akan lebih memilih untuk naik transportasi umum daripada menggunakan mobil pribadi.

Dengan banyaknya mobil yang beredar di indonesia dan mudahnya mendapatkan kendaraan dengan kredit,serta susahnya minimnya transportasi umum yang nyaman makan sangatlah wajar bagi rakyat untuk memilih naik mobil pribadi daripada menggunakan transportasi umum.

Kemacetan memang tidak bisa diuraikan/di selesaikan dalam setahun dua tahun.Namun jika di tangani dengan serius dan dipikirkan dengan baik maka kemacetan bukanlah masalah besar. Selama kita bisa meninggalkan ego dan kepentingan sendiri untuk kepentingan umum.Maka menghilangkan kemacetan bisa terealisasi dengan baik.

Ikuti tulisan menarik Ridwan Saepuloh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu