x

cara cerdas memanfaatkan modem wifi untuk hp android

Iklan

Ridwan Saepuloh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 September 2023

Senin, 9 Oktober 2023 12:03 WIB

Tip Singkat Menghilangkan Kecanduan Handphone Pada Anak

Kecanduan handphone merupakan hal yang sering terjadi belakangan ini.Tentunya hal ini bukanlah hal yang baik,terlebih lagi jika ini terjadi pada anak usia dini.Jadi apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kecanduan ini?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Handphone awalnya merupakan alat telekomunikasi yang bisa dibawa kemana saja.Seiring berjalannya waktu,banyak manfaat yang bisa kita dapatkan selain dari hanya sekedar berkomunikasi saja.Dengan adanya handphone,kita bisa menonton video,berbelanja,bermain game,memotret,merekam video,editing,melakukan pembayaran,dan lain sebagainya.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang  di berikan oleh handphone membuat tempatnya sulit digantikan. Dengan kemudahan mendapatkan handphone,handphone bisa di miliki dari anak-anak sampai dewasa.Sayangnya dengan banyaknya kemudahan ini,membuat kita sebagai manusia jadi sangat bergantung pada benda satu ini sampai ketahap kecanduan.

Hal ini tentunya merupakan hal yang tidak baik untuk kesehatan kita.Berbagai macam masalah kesehatan bisa terjadi akibat penggunaan handphone secara berlebihan.Apalagi jika kecanduan ini sudah terjadi sejak usia dini. Kita tahu beberapa orang tua banyak yang memberikan anaknya handphone di usia dini,dengan alasan supaya anaknya bisa kalem dan tidak menangis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akan sangat di sayangkan ketika anak di usia dini sudah ketagihan gadget satu ini.Hal ini dapat mengganggu tumbuh kembang dan kesehatan anak kelak. Ketika anak sudah dalam fase ketagihan,maka akan sulit untuk mengobati. Untuk itu mari kita bahas beberapa tips untuk bisa mengatasi kecanduan dalam menggunakan handphone.

  1. Hindari memakai handphone ketika sedang bersama anak

Anak pastinya akan meniru perilaku orang tuanya.Usahakan untuk tidak menggunakan handphone ketika sedang menghabiskan waktu bersama anak. Dengan begitu secara tidak langsung anda mengajarkan untuk tidak menggunakan handphone saat waktu bersama

  1. Batasi penggunaan handphone

Tentunya ketika seorang anak sudah kecanduan dengan handphone,akan sulit jika mengatasinya sekaligus.Dengan mengurangi porsi waktu bermain handphone secara perlahan tiap harinya,tentunya akan membantu mengurangi kecanduan HP.

  1. Berikan kesibukan/hoby pengganti

Kita bisa menyarankan anak untuk melakukan berbagai kegiatan untuk mengisi waktu kosongnya seperti menggambar,berolahraga,dll.Dengan memberikan kegiatan pengganti yang menyenangkan tentunya akan membuat kecanduan terhadap handphone akan berkurang bahkan hilang.Dengan melakukan aktifitas yang positif dan menyenangkan tentunya baik pula bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Dukungan lingkungan sekitar

Dengan dukungan sekitar,kita akan mampu mempercepat penanganan kecanduan terhadap handphone.Salah satu dukungan terbaik dalam kasus ini adalah tidak menggunakan handphone saat berkumpul dan bercanda gurau.

Dengan mengurangi penggunaan handphone saat berkumpul tentu saja akan membuat kita lebih menghargai orang di sekitar kita daripada apa yang ada di layar handphone kita.

Ikuti tulisan menarik Ridwan Saepuloh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu