x

image: Harvard Health

Iklan

Ridwan Saepuloh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 September 2023

Selasa, 10 Oktober 2023 09:21 WIB

Alasan Kenapa Kamu Tak Boleh Menyia-nyiakan Masa Muda

Penyesalan pasti datang belakangan, kalau yang datangnya duluan artinya kesempatan. Itulah kata yang tepat untuk mendefinisikan hidup kita. Setiap orang mempunya waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24jam. Perbedaannya adalah bagaimana kita memanfaatkan waktu tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penyesalan pastinya datang belakangan,kalau yang datangnya duluan artinya kesempatan.Itulah kata yang tepat untuk mendefinisikan hidup kita.

Setiap orang pastinya mempunya waktu yang sama dalam sehari yaitu 24jam.Perbedaannya adalah bagaimana kita dalam memanfaatkan waktu kita.

Masa remaja merupakan masa penting dalam membangun pondasi kehidupan kita.Semakin baik kamu memanfaatkannya maka semakin baik pula kualitas hidup seseorang kedepannya kelak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sayangnya banyak juga yang menyia-nyiakan masa muda,parahnya lagi baru sadar ketika sudah “terlambat”.Penyesalan bagi yang menyia-nyiakan waktu masa mudanya biasanya akan menghantui sampai akhir hidupnya.Terkadang penyesalan itu datang menjadi sebuah mimpi yang datang berulang.

Bagi kamu yang masih muda,maka kamu masih punya kesempatan optimal untuk meningkatkan kualitas hidupmu kelak.Ada beberapa alasan kenapa masa muda tidak boleh di sia-siakan

  1. Ketika masih muda otakmu akan lebih mudah dipakai belajar

Di usia muda kita akan cenderung lebih mudah dalam mengingat dan mempelajari hal-hal baru.Di tambah belum banyak beban tanggung jawab membuat waktu belajarmu lebih banyak.Semakin kamu asah otakmu di usia muda,akan semakin mudah dalam mengingat.Semakin tua usiamu akan lebih sulit dalam mempelajari sesuatu.Belum lagi dengan masalah sepeti mudah lupa/pikun.

  1. Kondisi fisik yang optimal

Dengan kondisi fisik yang optimal kamu bisa melakukan banyak hal.Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman dalam bekerja.Kamu juga di sarankan untuk berolahraga,agar stamina mun terjaga.Dengan stamina yang baik kamu juga bisa gunakan untuk lembur atau mencari pekerjaan tambahan,dengan begitu kamu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah yang lebih banyak.

Ketika sudah tua,ruang gerak seseorang akan menjadi lebih terbatas.Ditambah beberapa penyakit yang mendera karena usia.Apalagi jika di tambah dengan pola makan dan pola hidup yang tak sehat.Keterbatasan akan membuatmu merindukan kebabasan bergerak di saat muda

  1. Lebih mudah dalam membuat pertemanan/relasi

Semakin muda seseorang biasanya membuatmu semakin mudah dalam membuat sebuah pertemanan.Semakin kamu tua,maka akan semakin sulit juga dalam menemukan pertemanan baru.Hal ini bisa terbukti ketika ruang lingkup pertemananmu semakin lama semakin kecil.Namun hal itu tidak akan berlaku buat kamu yang menjaga pertemananmu di usia muda

  1. Batasan usia dalam bekerja

Seperti kita tau bahwa syarat pekerjaan di indonesia mempunyai batasan usia.Ketika kamu berusia 28 tahun,akan mulai susah dalam bekerja khususnya bagi kamu yang lulusan sma sederajat ditambah jika kamu tidak punya keahlian khusus.Maka di pastikan akan susah mendapat pekerjaan.

Maka dari itu manfaatkan usia mudamu untuk melatih keahlian khusus.Dengan begitu setidaknya kamu bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirimu sendiri.Jangan lupa dalam membuka lapang kerja baru membutuhkan modal,oleh karena itu tentunya jangan lupa untuk menabung atau mempersiapkan uang untuk menciptakan lapangan kerja baru

Dengan mempersiapkan masa mudamu dengan baik,tentunya kualitas hidup yang akan kamu lalui akan semakin baik seperti sebuah pepatah”bersakit-sakit dahulu,bersenang-senang kemudian”.Oleh karena itu,hargai masa mudamu jika tidak maka penyesalan akan menghantuimu di usia tua.

Ikuti tulisan menarik Ridwan Saepuloh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu