x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 2 Oktober 2023 08:23 WIB

Seruput Kopi Jelang Wisuda Anak, Selalu Ada Pelajaran di Balik Perjalanan

Selalu ada pelajaran di balik perjalanan. Catatan jelang wisuda Farid Nabil Elsyarif, S.Stat. dari FMIPA Universitas Brawijaya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setelah menikmati seseruput kopi di Bandara Abdul Rachman Saleh Malang, saya dan keluarga bergegas menuju homestay dekat Kampus Universitas Brawijaya (UB). Esok Minggu (1/5/2023), anak laki keduaku, Farid Nabil Elsyarif akan diwisuda sebagai Sarjana Statistik (S.Stat) dari FMIPA UB. Setelah 4 tahun bermukim di Malang, kini dia telah sampai di puncak perjalanan kuliahnya.

 

Jujur, tidak mudah bagi Farid anak saya. Kuliah di kota yang jauh dari Jakarta. Belum lagi, pahit getir yang dialaminya. Bukan hanya seperti batu kerikil yang menusuk kaki telanjang. Lebih dari itu, kepahitannya bak “petir di siang bolong” pun harus dilaluinya. Hanya bekal semangat dan iman-akhlak yang mampu mengantarnya seperti saat ini. Kuliah, wisuda, dan kini bekerja. Hampir tidak ada alasan baginya untuk berhenti melangkah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Perjalanan orang kuliah, seperti perjalanan hidup. Sama persis dengan perjalanan waktu, di mana sekali kita melangkah maka tidak akan mampu lagi untuk mundur atau kembali. Seperti Farid anak saya pun begitu. Di pikirannya hanya ada dua pilihan, terus melangkah atau duduk meratapi keadaan. Hanya harapan akan masa depan yang memberikan cahaya penerangan di antara gelapnya keadaan. Hingga waktu demi waktu, dia terus berjuang untuk menuntaskan studi di UB.

 

Jelang Farid diwisuda, saya pun belajar. Bahwa tiap perjalanan apapun selalu memberi pelajaran. Selalu ada hikmah di balik peristiwa dan keadaan. Apapun alasannya. Bahwa setiap perjalanan, seberat dan seringan apapun “kemudinya” ada di tangan kita sendiri bukan di orang lain. Maka perbanyaklah perjalanan dari waktu ke waktu.  Karena setiap detik dalam hidup adalah perjalanan dan setiap perjalanan adalah pelajaran.

 

Selamat wisuda Farid Nabil Elsyarif, S.Stat. Salam literasi!

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

10 jam lalu

Terpopuler