x

Mengajarkan anak berekspresi dengan puisi

Iklan

Pahlawan Cita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Oktober 2023

Jumat, 13 Oktober 2023 13:49 WIB

Program Pahlawan Cita ala Mahasiwa UI untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Menyongsong Masa Depan

Progam mendukung kepercayaan diri serta meningkatkan pengalaman untuk menyusun masa depan gemilang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cita-cita merupakan suatu impian yang dimiliki setiap orang, setiap orang berhak untuk mencapai cita-citanya. Namun, sering kali banyak hambatan yang terjadi dalam proses ini, terutama ketidak tahuan untuk mencapai cita-citanya. Anak-anak panti Ar-Ridho juga memiliki masalah ini. Hal ini menggerakan hati mahasiswa untuk membantu para anak panti untuk mengetahui cara mencapai cita citanya.

Pahlawan Cita merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh kreativitas mahasiswa UI dengan beranggotakan Anne Wiratma (FIB 2020), Dhilla Fadiyahsari (FIB 2020), Saphira Rahmadhenia (FIB 2021), Ananda Pipphali Vidya (FK 2021), serta Hegel Aldi Kurniawan (FEB 2022), Program ini berisikan kegiatan yang dapat memicu dan juga meningkatkan pengetahuan anak panti dalam proses mencapai cita-citanya. Selain itu, teori konstruktivisme merupakan dasar dari program ini.

Teori Constructivism dikemukakan oleh Jean Piaget tahun 1964. Constructivism adalah teori yang menyatakan bahwa perkembangan pengetahuan anak-anak itu terjadi ketika mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitar, melalui pengamatan dan pengalaman, yang kemudian mereka interpretasikan di dalam pikiran mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program Pahlawan Cita terdiri dari empat kegiatan utama: Mentoring, Baca Karya, Crafturday, dan Board Game Pahlawan Cita. Dalam kegiatan mentoring, mahasiswa mengundang komunitas “Teman Antusias” pada acara pembukaan. Kemudian, mahasiswa membimbing anak-anak untuk semakin mengenal diri mereka melalui diskusi, menggambar cita-cita, dan sharing dengan teman-teman.

Dalam kegiatan Baca Karya, mahasiswa menggandeng komunitas “Berkutubuku” untuk memberi inspirasi. Setelah itu, mahasiswa membimbing anak-anak untuk mempraktikan kepercayaan diri mereka melalui membaca secara lantang serta membuat karya, seperti puisi, cerpen, gambar, dan lain-lain. Dalam kegiatan Crafturday, wirausahawan muda pendiri Janik.id diundang oleh mahasiswa untuk memotivasi anak-anak dalam berwirausaha. Lalu, mahasiswa membimbing anak-anak untuk membuat karya berupa gelang manik-manik dan gelang simpul yang nantinya bisa dijual oleh anak-anak.

Dalam kegiatan bermain Board Game Pahlawan Cita, mahasiswa mengajak anak-anak untuk melakukan refleksi bersama melalui permainan berbentuk petualangan, serta menuliskan harapan dan cita-cita mereka di vision board yang bisa dipajang di panti.

Program ini memberikan respon positif dari anak panti. Anak panti tidak hanya menerima pengetahuan, tetapi juga merasakan kebahagiaan dan semangat dari program ini. Mahasiswa memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia melalui program-program kreatif yang mereka ciptakan. Dengan ide-ide inovatif dan semangat untuk menciptakan perubahan positif, mereka dapat mengembangkan suatu progam yang dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia indonesia. PKM-PM merupakan salah satu wadah yang dapat membantu proses tersebut

 

Ikuti tulisan menarik Pahlawan Cita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB