x

Iklan

Kennard Prospero L

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Oktober 2023

Rabu, 18 Oktober 2023 11:18 WIB

Pengertian dan Fungsi Akuntansi pada Bisnis atau Perusahaan

Pengertian akuntansi, step belajar akuntansi, dan fungsi akuntansi pada sebuah bisnis atau perusahaan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Akuntansi adalah suatu hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan pada sebuah bisnis atau perusahaan. Ilmu akuntansi pun juga dipakai pada kehidupan sehari-hari. Bahkan jika sebuah bisnis atau perusahaan tidak memiliki akuntansi, maka bisnis atau perusahaannya biasanya akan memiliki sebuah masalah keuangan oleh karena itu kita harus dapat memahami akuntansi. Namun sebelum itu kita terlebih dahulu harus memahami tentang apa itu akuntansi.

Akuntansi adalah sebuah proses mengidentifikasi lalu mencatat sebuah transaksi keuangan sebuah seseorang atau perusahaan.

Untuk memahami akuntansi, maka harus mempelajarinya dari awal yaitu persamaan akuntansi. Persamaan akuntansi memiliki konsep yang simple yaitu Aset = Kewajiban +Modal. Persamaan akuntansi adalah hal dasar yang harus dipelajari dan dimengerti agar bisa memahami akuntansi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setelah memahami persamaan akuntansi, kita harus memahami terlebih kelompok akun dalam akuntansi. Contoh kelompok akun dalam akuntansi :

1. Aktiva, aktiva sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu aktiva lancar dan aktiva tidak lancar

2. Kewajiban, kewajiban juga terdiri dari 2 jenis yaitu kewajiban jangka panjang dan kewajiban jangka pendek

3. Modal, adalah hak pemilik untuk sebuah aset setelah mengurangi semuanya dengan kewajiban

4. Pendapatan, adalah berbagai macam pendapatan yang didapatkan seseorang atau perusahaan

Setelah memahami kelompok akun dalam akuntansi, kita harus memahami akun-akun dalam akuntansi seperti, kas, piutang, hutang, modal, pendapatan, beban listrik, beban gaji, beban asuransi, dan masih banyak lagi. Contoh-contoh akun-akun dalam akuntansi di atas hanyalah contoh beberapa akun dari banyaknya akun-akun yang ada dalam akuntansi.

Lalu setelah memahami persamaan akuntansi dan akun-akun dalam akuntansi, dari sinilah kita dapat membuat sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan adalah sebuah dokumen yang berisikan sebuah pencatatan keuangan sebuah bisnis atau perusahaan. Laporan keuangan ini terdiri dari banyak hal yaitu, laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.

Untuk membuat laporan keuangan tersebut biasanya harus membuat jurnal umum dan buku besar terlebih dahulu untuk mempermudah membuat laporan keuangan.

Setelah memahami semua hal tersebut, barulah kita akan belajar tentang fungsi akuntansi pada sebuah bisnis. Fungsi akuntansi pada sebuah bisnis atau perusahaan adalah untuk mengetahui semua transaksi keuangan yang terjadi pada sebuah bisnis atau perusahaan agar dapat mengetahui laba rugi sebuah bisnis atau perusahaan. Akuntansi pada sebuah bisnis atau perusahaan juga dapat membantu mengatur keuangan lebih baik lagi.

Oleh sebab itu ilmu akuntansi sangatlah penting dan sangat dibutuhkan pada suatu bisnis atau perusahaan. Oleh dari itu banyak orang yang berminat pada akuntansi karena memiliki lapangan kerja yang banyak dan peluang kerja yang cukup besar.

Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi, sekarang sudah ada aplikasi khusus akuntansi yang dapat membantu akuntansi menjadi lebih mudah dan praktis.

Jika anda ingin mempelajari pelajaran akuntansi, pelajaran akuntansi ini dapat didapatkan di SMA jurusan IPS, SMK jurusan akuntansi, Perguruan tinggi jurusan akuntansi, Perguruan tinggi jurusan manajemen, dan lain-lain.

 Kennard Prospero Lawrence Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

 

 

Ikuti tulisan menarik Kennard Prospero L lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

18 jam lalu

Terpopuler