x

Foto dua anak sedang baca buku

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 21 Oktober 2023 14:13 WIB

Tentang Buku yang Masih Setia Berada di Sampingmu

Banyak orang sudah lupa. Buku adalah hadia terbesar yang dapat mengubah diri sendiri. Bahkan buku sanbgat setia menemani perjalanan pembacanya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mungkin banyak yang sudah lupa. Bahwa buku adalah salah satu hadiah terbesar yang dapat digunakan untuk mengubah diri sendiri, bahkan dunia di sekelilingnya. Buku yang mencerahkan, dengan bahasanya yang universal. Buku pun bisa menginspirasi siapapun, tanpa peduli latar belakangnya.

 

Dunia kan pasti berubah. Perubahan pun sebuah keniscayaan. Bila percaya itu, maka hanya buku yang bisa merangkul perubahan. Untuk menjadi lebih baik, lebih positif ke depannya. Hanya buku yang mengingatkan. Bahwa hidup itu terlalu singkat. Jadi untuk apa-apa menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang tidak penting?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Buku  bukan hanya lembaran kertas. Tapi juga cermin, yang menunjukkan kepada pembacanya. Bahwa ada cara baru, untuk meraih harapan - impian, bahkan mengusir ketakutan. Buku sebagai cara terbaik untuk belajar, memperbaiki diri. Sebagai jalan untuk berpikir optimis tentang apapun.

 

Seperti puluhan anak-anak usia sekolah di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunungg Salak Bogor. Yang kini sudah terbiasa membaca buku, lebih akrab dengan buku bacaan. Tanpa ada lagi yang menggerakan, asal sudah waktunya sudah harinya. Maka mereka berduyunu-duyun melangkah ke taman bacaan. Selain untuk membaca buku, mereka pun saling berinteraksi dalam balutan rak-rak buku. Anak-anak yang masih mau membaca buku di era digital. Karena mereka percaya, Bahwa buku adalah penangkal terbaik untuk suasana hati yang buruk. Hanya buku yang tetap berani menemani, ketika tidak ada lagi orang lain yang membacakannya. Ketika tidak banyak lagi orang-orang yang peduli pada buku dan taman bacaan.

 

Bila buku adalah teman yang paling tenang dan setia. Maka tidak ada alasan untuk tidak membaca atau menulis. Berapapun uang di dompet kita, berapapun usia kita. Hanya buku yang masih rela jadi teman perjalanan yang menyenangkan.

 

Teruslah membaca, di mana pun kita berada. Apapun alasannya. Karena buku, semuanya bisa berubah, bisa jadi lebih baik dan bijaksana. Ketahuilah, kehebatan di dunia bukan terletak pada omongan kita. Tapi dari kata-kata yang tertulis di atas kertas. Bacalah ... Salam literasi #BukuBacaan #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler