x

Iklan

Rutan Demak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 September 2022

Senin, 23 Oktober 2023 13:43 WIB

Wakili Kakanwil Kemenkumham Jateng, Karutan Demak Ikuti Upacara Hari Santri Nasional

Peringatan Hari Santri Nasional menjadi momen bersejarah yang penuh makna bagi umat Islam di Indonesia, dan Demak menjadi tuan rumah peringatan Hari Santri tahun ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demak, 22 Oktober 2023 - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Karutan Demak menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 bersama dengan ribuan santri dari berbagai pondok pesantren yang tidak hanya dari Demak namun dari seluruh wilayah Jawa Tengah. Peringatan Hari Santri Nasional menjadi momen bersejarah yang penuh makna bagi umat Islam di Indonesia, dan Demak menjadi tuan rumah peringatan Hari Santri tahun ini.

Acara peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Demak ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk tokoh agama, pemimpin daerah, ulama, serta warga masyarakat yang beragama Islam. Mereka berkumpul di Alun-alun Demak yang menjadi lokasi utama upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023 di wilayah Jawa Tengah.

Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin hadir dalam acara tersebut mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Bapak Tejo Harmanto. Momen puncak upacara dimulai dengan penampilan para santri dengan persembahan-persembahan penampilan seni dan budaya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. Dalam kesempatan tersebut Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan secara konseptual, tema yang diambil pada hari santri nasional ini untuk mengingatkan bahwa perjuangan masih akan terus dilakukan oleh generasi sekarang dan yang akan datang.

“Perjuangan saat ini adalah untuk memerangi kemiskinan, ketidakadilan, dan kebodohan”, ujar Nana Sudjana.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Riski Burhannudin menyampaikan bahwa santri mempunyai peran penting dalam menjaga keberagaman dan mempromosikan perdamaian di tengah-tengah masyarakat. Beliau menekankan bahwa santri bukan hanya pembawa ilmu agama, tetapi juga agen perubahan positif dalam masyarakat.

Hari Santri Nasional ke 9 Tahun 2023 kali ini mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Dalam suasana khidmat, upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Kabupaten Demak berjalan lancar dan sukses.

 

Ikuti tulisan menarik Rutan Demak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB