x

Iklan

Tarno Harto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 September 2023

Kamis, 26 Oktober 2023 19:24 WIB

Pertidaksamaan Matematika dalam Hidup dan Kehidupan

Pertidaksamaan adalah perbedaan. Perbedaan adalah daya dorong bagi terjadinya perpindahan energi, materi, momentum, yang dapat memberikan manfaat atau malapetaka tergantung dari sikap para penguasa dan pemimpin serta pendukungya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pendahuluan

Dalam produksi parts and components sebuah pesawat terbang, proses permukaan sebuah parts and components seperti proses anodizing, electroplating organic coating, saturation shot peening, chemical milling dan proses lainnya harus memenuhi rentang persyaratan spesifikasinya. Setiap industri pesawat terbang Boeing, Aibus, Aerospatiale, CASA, Harbin Embraer memiliki rentang persyaratan spesifikasi proses yang berbeda, yang dalam matematika dikenal dengan istilah pertidaksamaan. Namun dalam rentang persyaratan spesifikasi proses ini memiliki persamaan kualitas produk akhir yang sama terkait dengan fit, form, function dan service life.

Pertidaksamaan matematika dalam hidup dan kehidupan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertidaksamaan matematika ini dapat ditemukan dalam hidup dan kehidupan di planet bumi telah banyak ditemukan seperti terkait dengan berbagai bangsa, suku, bahasa, adat-istiadat, kaya-miskin, pinter-bodoh, dan berbagai kondisi lainnya seperti siang-malam, tekanan udara, panas-dingin, tinggi-rendah dataran dipermukaan bumi. Pertidaksamaan matematika dalam hidup dan kehidupan ini diciptakan oleh Tuhan YME, Allah SWT dengan tujuan sangat mulia untuk dapat saling mengenal dan saling berbagi, saling membutuhkan, dalam semangat dan ikatan kemanusian, kasih sayang, saling menghormati, saling menyayangi.

Dengan kata lain, pertidaksamaan adalah berkah dan rachmat seperti terjadinya angin untuk para nelayan menjemput karunia, hujan yang menumbuhkan berbagai tumbuhan dan tamanan, tersedianya air minum, terisinya waduk untuk sumber pembangkit listik. Bahkan, penerapan pertidaksamaan sidik jari seseorang telah dijadikan dasar untuk mengidentifikasi seseorang.

Pertidaksamaan matematika telah banyak memainkan peranan penting dalam interaksi kehidupan dan alam semesta beserta isinya menuju keseimbangan yang dapat memberikan berbagai manfaat dan tetapi juga sebaliknya seperti perang, perpecahan bangsa, partai politik dan bahkan keluarga. Proses ketidaksamaan ini bolehjadi dimulai cara pandang yang berbeda dalam menyikapi berbagai isu ketimpangan dan permasalahan yang menghasilkan suatu sikap.

Sikap yang timbul karena berbagai isu ketimbangan dan permasalahan ini bersumber pada adanya sifat tamak, rakus, serakah, nafsu berkuasa dan menguasai tidak beretika dan bermoral jelas berdampak kepada timbulnya kesengsaraan dan ketidakadilan dan berujung pada perlawanan dan tumbuhnya benih benih kebencian, begitu sebaliknya. Laju perubahan pertidaksamaan dapat berlangsung secara cepat atau lambat menuju keseimbangan yang disertai dengan malapetaka dan sebaliknya tergantung dari sikap dan tindakan manusia sebagai pemimpin, penguasa.

Kesimpulan Pertidaksamaan

Pada dasarnya pertidaksamaan ini adalah bersifat alamiah, default dari Maha Pencipta Allah SWT yang banyak ditemukan di permukaan bumi yang menjadi tempat tinggal manusia, hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan serta kondisi lingkungan menjadi pendukung bagi kualitas hidup dan kehidupan manusia dan kemanusiaan untuk ibadah ke Tuhan Penciptanya, Allah SWT.

Semua penguasa dan pemimpin sampai rakyat mengerti dan memahami adanya pertidaksamaan ini dapat dimanfaatkan untuk kerjasama untuk kesejahteraan bersama di bidang ekonomi, sosial, teknologi sehingga memberikan berkat dan rahmat bagi semua makhluq. Pertidaksamaan menjadi masalah timbulnya malapetaka karena kerakusan, keserakahan, ketamakan yang menimbulkan peperangan, dan nafsu untuk menguasai serta kemenangan di segala bidang.  

Dengan demikian, pertidaksamaan akan menjadi rahmat dan karunia atau menjadi sember malapetakan bagi dunia dan seisinya tergantung sikap para penguasa dan pemimpin serta rakyat pendukungnya.

Ikuti tulisan menarik Tarno Harto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler