x

Iklan

neng sri sumarni

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Oktober 2023

Minggu, 29 Oktober 2023 09:03 WIB

Workshop Stand Up Comedy. Merinci Pengalaman Spiritual dan Refleksi dengan Humor

Ruang Tamu Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 berkolaborasi dengan PBSI UIN Jakarta mengangkat tema Resonansi Budaya Islam: Dari Ciputat Untuk Dunia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kolaborasi antara Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi dengan PBSI (Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia) UIN Syarif Hidayatullah berlangsung pada tanggal 20-28 Oktober 2023. Menyajikan berbagai acara yang menarik dengan tema “Resonansi Budaya Islam: Dari Ciputat untuk Dunia.” Tema yang diangkat pada workshop stand up comedy  tanggal 25 Oktober 2023 itu adalah “Merinci Pengalaman Spiritual dan Refleksi Dengan Humor” diadakan di ruang teater Prof. Mahmud Yunus lt.3 gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Workshop stand up comedy ini mengundang seorang narasumber hebat yaitu Sakdiyah Ma’ruf, seorang komika perempuan Indonesia, jebolan dari stand up Kompas pada tahun 2011. Beliau juga merupakan komika pertama yang berhijab serta mendapatkan penghargaan BBC yang masuk kedalam kategori 100 perempuan berpengaruh. Sakdiyah Ma’ruf membagikan pengalaman spiritualnya yang cukup unik yaitu ketika beliau menggunakan transportasi umum dianggap oleh masyarakat awam sebagai orang Arab yang makbul doa nya, terlebih yang meminta doa kepada beliau ini adalah seorang ibu hamil, tapi dengan kewibawaan beliau dan tanpa mengurasi rasa hormat kepada ibu tersebut akhirnya beliau berdoa “Ya Allah semoga anak ini tidak seperti saya yang tidak bisa berdoa,” ucap Sakdiyah Ma’ruf.

Pada rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga menampilkan taman baca Danarto, seorang penulis terkenal di Indonesia. Salah satu karyanya yang berjudul “Begitu Ya Begitu Tapi Mbok Jangan Begitu” diulas oleh Sakdiyah Ma’ruf. Menurutnya, baru saja di pengantar buku, tapi kata demi kata yang tersusun menjadi sebuah kalimat yang penuh makna, salah satunya sepenggal kalimat: “perut keroncongan karena ibadah tak khusu”, ini menandakan adanya keterkaitan antara agama dan kehidupan. Dimana, ketika kita bisa khusus beribadah, maka tidak akan ada jiwa yang merasa kekurangan, kelaparan dan kesengsaraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sakdiyah Ma’ruf juga memberikan teknik-teknik stand up comedy, istilah-istilah yang biasa digunakan dalam stand up comedy serta bagaimana cara membangun suasana agar lebih hangat, karena tidak sedikit audiens yang merasa tidak lucu dengan aksi dari para komika.

Workshop stand up comedy ini merupakan salah satu acara yang menunjukan bahwa PKN 2023 tidak hanya menyajikan kekayaan budaya Indonesia, tapi juga kreativitas dan inovasi dari para seniman Indonesia. Dengan stand up comedy, para komika berhasil menunjukkan bahwa humor bisa menjadi jembatan untuk menghubungkan perbedaan-perbedaan yang ada di masyarakat Indonesia.

Ikuti tulisan menarik neng sri sumarni lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler