x

Status

Iklan

Farhah Syauqi Nafilah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Oktober 2023

Senin, 30 Oktober 2023 07:14 WIB

Pengaruh Aplikasi Tiktok pada Kesehatan Mental Remaja

Dampak negatif penggunaan aplikasi tiktok pada kesehatan mental remaja tidak boleh disepelekan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PENGARUH APLIKASI TIKTOK PADA KESEHATAN MENTAL REMAJA

Aplikasi TikTok. REUTERS/Danish Siddiqui/Illustration

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Karya: Farhah Syauqi Nafilah

Tiktok adalah aplikasi media sosial yang menggunakan video pendek sebagai media untuk menangkap dan menyajikan kreativitas, pengetahuan, dan momen lainnya. Meski pun tiktok menjadi platform kreativtas dan hubungan sosial, penggunaan aplikasi tiktok juga menimbulkan dampak positif dan negatif bagi kesehatan mental penggunanya. Penggunaan tiktok dapat menjadi wadah para remaja untuk mengekspresikan diri untuk lebih kreatif dan membanggakan bakat.

Banyak remaja yang menggunakan aplikasi tiktok sebagai alat untuk mencerminkan minat, hobi, dan karya lainnya. Tiktok dapat memberikan hubungan sosial dan komunitas bagi remaja, terutama pada saat kesepian. Berinteraksi dengan pengguna lain melalui like, komentar, share, dan bahkan dapat berkolaborasi dalam video. Video tiktok juga dapat menjadi sumber motivasi bagi remaja, banyak pengguna yang membagikan konten motivasi dan kisah pribadi dalam mengatasi tantangan. Hal ini dapat mengispirasi dan mendorong remaja untuk mengejar tujuan atau pun impiannya. Selain itu video tiktok dapat digunakan sebagai platform mendidik dan mengajak untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental. Banyak dokter atau para ahli psikologis menggunakan aplikasi tiktok untuk memberikan informasi tentang kesehatan mental, berbagi pengalaman pribadi, dan menawarkan dukungan kepada orang lain yang mengalami kesuliatan.

Selain memberikan manfaat dan dampak positif aplikasi video tiktok juga dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan mental bagi pengguna berlebihan yang tidak bisa menyaring info-info fakta maupun hoax. Menghabiskan banyak waktu di tiktok dapat menyebabkan kecanduan media sosial, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mentak dan fisik. Konten dapat berkontribusi pada citra tubuh negatif dan masalah harga diri, karena pengguna dihadapkan dengan standar kecantikan yang tidak realistis dan tipe tubuh ideal, yang dapat menyebabkan insecurity berlebihan. Kesulitan membatasi penggunaan tiktok berlebihan dapat menyebabkan gangguan tidur. Penggunaan bahasa beracun, kasar dan toxic di tiktok dapat berdampak negative terhadap kesehatan mental penggunanya, terutama remaja yang masih dalam proses pembentukan karakter. Cara mengatasi dampak negatif tiktok terhadap kesehatan mental remaja, dapat dilakukan dengan membatasi penggunaan tiktok, mengikuti konten-konten mengajak hal positif dan perilaku sehat.

Secara keseluruhan, mengatasi dampak negatif TikTok terhadap kesehatan mental remaja memerlukan kombinasi upaya individu dan dukungan profesional. Dengan memperhatikan penggunaan dan konten, mencari bantuan profesional saat diperlukan, dan terlibat dalam aktivitas lain, pengguna dapat menjaga hubungan yang sehat dengan TikTok dan meningkatkan kesehatan mental yang positif.

 

Ikuti tulisan menarik Farhah Syauqi Nafilah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu