x

Folio pertama William Shakespeare dipamerkan di Christies London 24 April 2023

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Kamis, 9 November 2023 07:00 WIB

Potret William Shakespeare Dikirim ke Ruang Angkasa Menandai 400 Tahun Folio Pertama Kepengarangannya

Sebuah potret pujanggan legendaris William Shakespeare dan salinan pidato dari "A Midsummer Nights Dream" dikirim ke luar angkasa sebagai bagian dari seri film pendek yang menandai 400 tahun sejak volume pertama dari karya dramawan tersebut diterbitkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Folio pertama Shakespeare disusun oleh teman-temannya dan diterbitkan pada 8 November 1623, tujuh tahun setelah kematiannya. Sekitar 750 eksemplar diyakini telah dicetak, berisi 36 dari 37 drama yang ditulis Shakespeare, yang disusun untuk pertama kalinya sebagai komedi, tragedi, dan sejarah.

Untuk menandai ulang tahun tersebut, pembuat film Jack Jewers membuat 6 film pendek yang mengangkat tema-tema kontemporer termasuk eksplorasi ruang angkasa, dampak pandemi Covid dan perang di Ukraina dengan menggunakan 6 pidato dan puisi Shakespeare.

Dalam Lovers and Madmen yang dinarasikan oleh aktor Tom Baker, ia menempelkan potret dan teks ke balon cuaca, mengirimkannya ke atmosfer bagian atas Bumi. "Salinan kecil dari pidato yang kami gunakan, yaitu pidato 'The Lovers and Madmen' dari 'Midsummer Night's Dream', (disisipkan) ke dalam potret," kata Jewers sebagaimana dikutip dari laman Reuters.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya menyukai ide kata-kata Shakespeare yang melayang di angkasa bersama gambarnya."

"The Stranger's Case" menampilkan pidato yang disumbangkan Shakespeare untuk sebuah drama yang belum pernah dipentaskan bersama dengan cuplikan video para pengungsi di laut.

"Apa yang benar-benar mengejutkan saya ketika saya mendalami bagian-bagian karyanya yang ingin saya fokuskan adalah bagaimana isu-isu yang ditulisnya masih terasa begitu kontemporer," kata Jewers.

"Pidato 'Kasus Orang Asing'... terasa sangat modern sehingga setiap kali ada orang yang mendengarnya, mereka akan berpikir, ini bisa terjadi di zaman sekarang!" ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB