x

Kemenkumham Jateng Serahkan Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika

Iklan

Rita Puspita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Februari 2022

Senin, 20 November 2023 11:31 WIB

Kemenkumham Jateng Serahkan Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika Merapi-Merbabu Magelang

Kabupaten Magelang banyak memiliki potensi Kekayaan Intelektual, baik personal maupun komunal. Secara topografis kawasan ini memiliki tanah yang sangat subur karena dikelilingi gunung. Selain itu, Magelang dikenal memiliki curah hujan yang tinggi sehingga dapat menghasilkan kopi yang khas, salah satunya Kopi Arabika Merapi-Merbabu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

MAGELANG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggiat Ferdinan menyerahkan Sertifikat Indikasi Geografis (IG) Kopi Arabika Merapi-Merbabu Magelang, kepada ketua Dekranasda Kabupaten Magelang Christanti Handayani Zaenal Arifin dan kepada Sekretaris Daerah Kab Magelang Adi Maryanto, Sabtu (18/11).

Sertifikat IG tersebut diserahkan pada acara Sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), bertajuk Gempur Rokok Ilegal di Lapangan Drh. Soepardi, Sawitan, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang.

Kadiv Yankumham menegaskan memberikan dukungan secara penuh bagi pengajuan Indikasi Geografis lainnya bertepatan karena tahun 2024 ditetapkan sebagai Tahun IG bagi DJKI.

"Pengajuan permohonan (IG) tersebut dilakukan melalui Kantor Wilayah Jawa Tengah. Pertama kali pada bulan Juni 2022 bertepatan dengan pelaksanaan Mobile Intellectual Property Clinic (MIPC) di Kota Semarang," ungkap Anggiat memberikan keterangan usai kegiatan.

"Selanjutnya, pemeriksaan substantif dilakukan pada bulan Juni 2023 dan dinyatakan layak untuk didaftar sebagai Indikasi Geografis. Kemudian dapat diterbitkan Sertifikat IG," katanya.

Kadiv Yankumham juga menilai, Kabupaten Magelang memiliki potensi Kekayaan Intelektual yang luar biasa.

"Pertama kali saya datang, saya meyakini bahwa Kabupaten Magelang memiliki sangat banyak potensi Kekayaan Intelektual, baik personal maupun komunal," ujar Ferdinan. "Secara topografis, Kabupaten Magelang memiliki tanah yang sangat subur karena dikelilingi oleh berbagai gunung dan pegunungan. Selain itu, Magelang dikenal memiliki curah hujan yang tinggi sehingga tidak heran dapat menghasilkan kopi yang khas, salah satunya Kopi Arabika Merapi-Merbabu".

"Kami menyambut baik dan siap memberikan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Magelang untuk pencatatan potensi Kekayaan Intelektual lainnya," kata dia menutup keterangan.

Ikuti tulisan menarik Rita Puspita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB