x

Bagaimana Big Data Membantu Transformasi Digital Anda?

Iklan

Zahra Utami Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Februari 2022

Sabtu, 25 November 2023 17:38 WIB

Pengaruh dan Tantangan Big Data dalam Penelitian Sosial


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Data adalah sekumpulan keterangan ataupun fakta yang dibuat dengan kata-kata, kalimat, simbol, angka, dan lainnya. Data disini didapatkan melalui sebuah proses pencarian dan juga pengamatan yang tepat berdasarkan sumber-sumber tertentu.  Dalam era digital ini data bisa didapatkan dengan lebih banyak dan mudah. Hal tersebut dinamakan era big data. Bagi seorang peneliti big data sangat penting untuk penelitiannya, salah satunya penelitian sosial. 

Big data dalam penelitian sosial sangat penting karena dapat memberi pertimbangan bagi para peneliti untuk memahami sebuah fenomena sosial; karena sifat data,  permanen dan berkembang dari segi kuantitas dan kualitas maka peneliti dapat mengkaji teknik analisis yang sudah ada sehingga menemukan sebuah formulasi yang efektif dan pada akhirnya menjadi sebuah pengetahuan baru; Big data juga dapat membuka peluang bagi peneliti untuk menjawab tantangan-tantangan sosial yang memberikan dampak yang luas bagi masyarakat;Big Data juga dapat memberikan hasil generalisasi yang jauh lebih besar dibandingkan pada hasil survei semata yang mengandalkan sampel populasi, dan sebagainya. 

Namun, meskipun begitu Big data juga dapat menjadi tantangan dalam penelitian sosial. Diantaranya adalah; Big data dapat membantu mengumpulkan tentang pola interaksi atau jaringan sosial atau pertumbuhan kelompok sosial mungkin, tetapi big data tidak bisa menjelaskan lebih dalam faktor penyebab pola tersebut; Adanya pelanggaran yang dilakukan peneliti, dalam penelitian dalam mengambil data harus meminta izin untuk data tersebut, tetapi dalam konteks big data hal tersebut sering diabaikan oleh peneliti karena susahnya izin terhadap pemilik data tersebut dan big data terlalu mudah diakses ; Big data dapat menyebabkan kondisi di mana peneliti melihat adanya pola, atau hubungan dari dari sesuatu yang sebenarnya tidak ada (apophenia);Big data juga menawarkan trade off  dalam artian data yang ditawarkan terlalu bervariasi dan volumenya besar hal ini dapat menyebabkan tidak terfokusnya sebuah penelitian sosial ; dan biasanya sebuah big data dapat berubah cepat hal tersebut memerlukan sebuah kemampuan untuk mengikuti perubahan trend dengan cepat. Meskipun begitu big data masih berperan penting dalam penelitian sosial.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Ikuti tulisan menarik Zahra Utami Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan