x

Tim Cook

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Selasa, 28 November 2023 08:00 WIB

CEO Apple Tim Cook, Kasih Bocoran 5 Buku yang Menginspirasinya

Apakah  satu kualitas yang sama antara para pemikir hebat, CEO teknologi dan mantan Presiden seperti Barack Obama? Mereka adalah pembaca. Begitu juga dengan CEO Apple, Tim Cook.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tim Cook, sang CEO baru-baru ini membocorkan lima buku inspiratifnya dalam perbincangan dengan penyanyi Dua Lipa. Ditampilkan dalam episode bonus khusus Dua Lipa: At Your Service, sang musisi membahas berbagai topik dengan CEO Apple berusia 63 tahun tersebut.

Diskusi ini berkisar dari potensi ancaman eksistensial AI terhadap umat manusia, wawasan tentang masa kecil Tim Cook, kariernya di Apple, dan perspektifnya tentang kepemimpinan.

Mengingat peran Lipa sebagai pembawa acara klub buku bulanan, yang dikenal sebagai Service95 Book Club, ia tentu saja bertanya tentang buku-buku yang memiliki tempat khusus di hati Cook.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cook membocorkan 5 buku yang menginspirasinya, seperti dikutip dari laman indianexpress.com.

 

  1. To Kill A Mockingbird karya Harper Lee

Untuk novel klasik Harper Lee, Cook menekankan daya tarik universalnya. Ia menyatakan, novel ini tidak hanya beresonansi dengan para siswa muda, tetapi juga dengan individu dari segala usia. Novel klasik ini secara luas dimasukkan dalam kurikulum sekolah.

 

  1. Shoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike, karya Phil Knight

Cook menggambarkannya  memoar Phil Knight, sebagai buku yang melampaui tema bisnisnya. Ia mencatat, buku ini menawarkan wawasan berharga tentang kehidupan. Memoar yang ditulis oleh salah satu pendiri Nike, Phil Knight, memberikan pandangan yang jujur tentang awal mula perusahaannya yang sederhana dan kisahnya sendiri.

  1. When Breath Becomes Air karya Paul Kalanithi

Cook menyampaikan pujian yang tinggi untuk buku Kalanithi. Cook menyebutnya sebagai "fenomenal". Memoar yang ditulis oleh ahli bedah saraf Paul Kalanithi ini merefleksikan tentang kematian, penyakit, dan pengobatan. Diterbitkan secara anumerta setelah kematian Kalanithi pada tahun 2015, buku ini mengisahkan perjuangannya melawan kanker paru-paru stadium 4.

 

4.    I Am Malala by Malala Yousafzai karya Christina Lamb

Buku Malala mendapat pujian dari CEO Apple, yang memuji kisah dan dedikasinya terhadap pendidikan anak perempuan. Otobiografi yang ditulis bersama dengan jurnalis Inggris Christina Lamb ini mencakup kehidupan awal Malala, aktivisme, dan upaya untuk mengubah hidupnya pada usia 15 tahun. Cook menyoroti kolaborasi Apple dengan Malala Fund dan pekerjaan penting yang mereka lakukan untuk pendidikan anak perempuan yang kurang mampu.

 

 

5.    Biographies of Martin Luther King Jr. and Bobby Kennedy

 

Saya suka membaca biografi Martin Luther King dan Bobby Kennedy, dan beberapa orang hebat yang memperjuangkan hak-hak sipil," kata Cook kepada Lipa.

Meskipun ia tidak menyebutkan judulnya, ia menekankan apresiasinya. Ada biografi Kennedy yang terkenal yang ditulis oleh Thurston Clarke dan Chris Matthews, serta otobiografi King yang dikuratori oleh sejarawan dan dokumenter Clayborne Carson, yang menggabungkan karya-karya King dari sudut pandang orang pertama. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu