x

Iklan

Jenny Aurora

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 November 2023

Senin, 27 November 2023 10:24 WIB

Pantai Kilang Mandiri, Pesona Wisata Terjangkau dengan Fasilitas Lengkap

Bagian selatan Kota Balikpapan memiliki destinasi wisata alam yang menarik bernama Pantai Kilang Mandiri. Dengan jarak yang sangat dekat dari Pelabuhan Semarang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagian selatan Kota Balikpapan memiliki destinasi wisata alam yang menarik bernama Pantai Kilang Mandiri. Dengan jarak yang sangat dekat dari Pelabuhan Semayang, wisatawan hanya perlu waktu 5 menit untuk mencapainya. Pantai ini menawarkan keindahan yang memukau, menjadikannya destinasi yang selalu ramai dikunjungi.

Pantai ini telah lama terkenal karena memiliki pasir putih yang sangat halus, disertai dengan fasilitas bean bag di sekitarnya. Saat malam tiba, pengunjung akan terpesona oleh gemerlap lampu, menciptakan atmosfer yang mirip dengan pantai-pantai di Kota Bali. Meskipun menawarkan banyak keeksotisan, tiket masuk ke pantai ini ternyata cukup terjangkau.

Dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai ini untuk merasakan kesegaran dan kedamaian bersama keluarga tercinta. Luasnya area ini membuatnya menjadi tempat menarik bagi anak-anak bermain dan berlarian, sementara orang tua dapat duduk sambil menikmati udara segar di tepi pantai.

Keindahan yang Memukau di Pantai Kilang Mandiri

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota Balikpapan, mungkin mereka akan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk berlibur ke pantai ini. Selain jarak yang cukup jauh, ada keraguan mengenai sejauh apa keindahan pantai ini. Namun, penting untuk disadari bahwa setiap tempat wisata memiliki daya tariknya sendiri, yang membuat para pengunjung merasa betah dan nyaman.

Memiliki Hamparan Pasir Putih Lembut

Jika Anda berencana untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga di akhir pekan, Pantai Kilang bisa menjadi spot favorit untuk dikunjungi. Pasir putih dengan tekstur yang sangat lembut menjadikan pantai ini tempat ideal untuk membuat istana pasir, yang seringkali menjadi daya tarik anak-anak. Bagaimana dengan kondisi lautnya?

Warna laut tidak selalu cerah karena pengaruh polusi dari kilang minyak dan kapal tambang yang beroperasi, namun gelombangnya cenderung tenang. Para pengunjung disarankan untuk tidak berenang di laut karena risiko terkena semburan minyak. Biasanya, wisatawan lebih memilih bersantai di atas pasir putih yang lembut.

Sunset Indah dan Menawan

Meskipun Pantai Kilang Mandiri tidak menghadap ke barat, para wisatawan masih dapat menikmati pemandangan sunset yang indah dan memukau. Terlebih lagi, kunjungan saat musim hujan dapat menyuguhkan pemandangan sunset yang lebih menakjubkan, karena matahari tidak condong sepenuhnya ke arah selatan pada periode tersebut.

Mereka yang menikmati senja seringkali duduk di tepi pantai menjelang sore, menikmati waktu dengan nongkrong dan makan ringan. Ketika senja tiba, pantai ini diterangi oleh cahaya lampu di sekitarnya. Gemerlap lampu yang indah menambah daya tarik senja, menjadikannya momen yang banyak diabadikan oleh para pengunjung.

Bisa Melihat Helikopter dan Kapal Berkeliaran

Dengan jarak yang cukup dekat dari Pelabuhan Semayang, wisatawan dapat menyaksikan banyak kapal tongkang yang beraktivitas di lautan. Pantai Kilang Mandiri juga merupakan jalur kapal Pare-Pare menuju Nunukan, dan sejumlah kapal tongkang dari Pantoloan menuju Balikpapan sering melewati jalur pantai ini setiap harinya.

Selain menyaksikan kapal tongkang beraktivitas, pengunjung juga dapat melihat helikopter terbang dengan posisi yang cukup rendah. Fenomena ini disebabkan oleh keberadaan pantai yang berdekatan dengan Helipad Pertamina Balikpapan. Pengalaman seperti ini mungkin tidak selalu ditemui pengunjung saat berlibur ke pantai lainnya.

Ada Bean Bag dan Payung Warna-Warni

Pantai eksotik ini pernah dijuluki "La Pancha ala Balikpapan" karena fasilitas yang menarik. Wisatawan dapat menikmati kenyamanan fasilitas bean bag yang tersusun rapi di sepanjang tepi pantai. Di sekitar area bean bag, payung berwarna-warni menambahkan nuansa serupa dengan Pantai Seminyak Bali.

Pantai Kilang Mandiri dilengkapi dengan saung terbuka atau gazebo yang dilengkapi kursi, memungkinkan pengunjung untuk berteduh dengan santai. Mereka dapat memilih antara bersantai di bean bag, berbaring di saung, atau duduk di atas pasir putih yang lembut. Suasana yang nyaman di pantai ini kadang membuat beberapa pengunjung tidak menyadari hingga tertidur.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Pantai yang indah ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Prapatan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Akses menuju pantai tergolong strategis, terutama karena lokasinya yang berada di tengah kota. Di sekitarnya, terdapat pantai-pantai lain seperti Pantai Adhi Pradana, Kemala Beach, Pantai Menpora, dan lainnya.

Dari Pelabuhan Semayang, arahkan ke selatan menuju Jl Yos Sudarso. Lanjutkan ke arah Jenderal Sudirman hingga mencapai Lapangan Merdeka. Setelah melewati Tugu Australia, lanjutkan lurus selama 40 meter, lalu belok ke kanan. Di sini, wisatawan akan mendapatkan petunjuk menuju pantai dengan pasir putih yang lembut.

Sebelum menikmati keindahan pantai eksotis ini, wisatawan diharapkan membayar tiket sebesar Rp10 ribu, terutama untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas. Pada akhir pekan, harga tiket masuk ke Pantai Kilang akan naik menjadi Rp20.000, dan pengunjung akan mendapatkan bonus berupa air mineral 200 ml. Untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah, tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Setelah wisatawan mendapatkan informasi tentang rute perjalanan, harga tiket masuk, dan daya tarik pantai indah ini, tentu akan timbul rasa penasaran terkait beragam kegiatan yang dapat dilakukan selama liburan.

1. Menikmati Pemandangan Senja Mempesona

Sebagian besar pengunjung cenderung tiba di pantai cantik ini sekitar pukul 16.30 untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau. Pada jam tersebut, kapal tongkang dan pesawat seringkali berlalu lalang, menambah kesan istimewa pada momen tersebut.

2. Bisa Nongkrong di Cafe

Selain menikmati keindahan Pantai Kilang Mandiri, para wisatawan dapat menikmati berbagai sajian di kafe sekitar. Menu yang tersedia di kafe meliputi kopi, minuman segar, camilan ringan, dan sebagainya. Warga sekitar biasanya menghabiskan waktu dengan berbincang-bincang sambil menikmati sunset di pantai.

3. Membuat Istana Pasir

Pasir putih yang lembut di pantai ini menjadi daya tarik bagi anak-anak yang gemar membuat istana pasir hingga berukuran besar. Kegiatan ini tidak hanya memicu kreativitas anak-anak dalam membentuk objek, tetapi juga memungkinkan mereka berinteraksi dengan orang lain dan mengenal wajah-wajah baru di sekitar. Tentu saja, aktivitas ini sangat seru, bukan?

4. Santai di Bean Bag

Saat menyewa Bean Bag, setiap pengunjung umumnya akan mendapatkan dua bean bag lengkap dengan payung. Bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu untuk ngobrol pribadi, bermesraan, atau quality time, menyewa fasilitas ini sangat direkomendasikan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Meskipun harga tiket masuk pantai terjangkau, pengunjung tetap dapat menikmati fasilitas penunjang yang memadai. Pantai yang menawan ini menyediakan tempat parkir luas, toilet umum, cafe, musholla, tempat sampah, dan beberapa kamar mandi untuk kenyamanan para wisatawan.

Seperti yang dilansir link slot Pantai Kilang Mandiri adalah destinasi wisata yang terjangkau namun fasilitasnya cukup lengkap. Pengunjung dapat menikmati hamparan pasir putih yang lembut, menikmati pesona sunset yang indah, dan berpartisipasi dalam beragam aktivitas menyenangkan.

Ikuti tulisan menarik Jenny Aurora lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu