x

Iklan

Annn Mk1

First Year Informatics Student, Writer at Indonesiana.id
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Senin, 27 November 2023 13:06 WIB

Google Pixel 4A 5G di tahun 2023, apa masih layak dibeli?

Google Pixel merupakan lini smartphone google yang terkenal dengan kemampuan kameranya yang ciamik. Kabar bagusnya seri lawas Pixel seperti Pixel 4A 5G kini harganya turun hingga seharga smartphone budget. Lalu apakah HP tersebut layak dibeli di tahun 2023 ini?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi yang belum tahu dan awam soal dunia per-smartphone-an, smartphone Google Pixel merupakan seri produk Google di lini smartphone, dibuat oleh Google tentunya smartphone ini memiliki keunggulan yang membuatnya spesial dibanding merek smartphone android lainnya seperti dukungan update OS hingga yang panjang, jaminan mendapatkan versi Android terbaru, hingga kameranya yang ciamik khususnya pada bagian foto.

Keunggulan-keunggulan tersebut membuat smartphone Google Pixel menjadi smartphone Android yang sukses menarik perhatian pasar, tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia sendiri sedikit smartphone Google Pixel yang masuk sehingga harganya cukup tinggi untuk seri barunya. Namun, untuk seri lama seperti Pixel 4 dan Pixel 5, harganya sudah semurah smartphone budget.

Murahnya seri Pixel 4 dan 5 seperti Pixel 4A 5G menarik banyak minat pengguna yang tertarik dengan kamera dan kualitas software serta hardware yang ditawarkan di harga yang murah, simpelnya pixel lawas bisa dibilang merupakan smartphone premium harga smartphone budget.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Namun, umur rilis yang sudah 3 tahun lalu membuat tak sedikit orang yang ragu apakah Pixel 4A 5G ini masih layak dibeli. Oleh karena itu pada kali ini penulis akan membagikan review singkat dan opini mengenai kelayakan Pixel 4A 5G di tahun 2023 ini.

 

Review Singkat Pixel 4A 5G, Masih Layak di 2023?

Per November 2023, Pixel 4A 5G kini sudah mendapatkan versi terbaru Android yaitu Android 14, kemudian untuk segi hardware HP ini dibekali dengan Snapdragon 765 5G, RAM 6GB, Penyimpanan 128GB UFS, baterai 3885mAh, dual kamera belakang (kamera normal dan wide-angle), kamera depan, layar full HD OLED HDR, 3.5mm Jack, serta dukungan NFC dan 5G.

 

Lalu bagaimana Pixel 4A 5G ini jika digunakan untuk pemakaian sehari-hari di tahun 2023 ini?

 

Jika dilihat dari spesifikasi yang ada, Pixel 4A 5G ini masih sangat layak untuk digunakan di tahun 2023, chipset yang digunakan merupakan chipset mid-range snapdragon yang masih sangat mampu untuk menjalankan mayoritas aplikasi dan game di tahun 2023, meski sebaiknya jangan dipaksa untuk bermain game berat seperti Genshin Impact, namun untuk sosial media dan game ringan seperti Mobile Legends HP ini sangatlah mampu.

 

Hal yang perlu diperhatikan dari spesifikasi hardware yang dibawa oleh Pixel 4A 5G ini adalah kapasitas baterai-nya, meski cukup besar apalagi jika mengingat tahun rilisnya tetapi jika dibandingkan dengan smartphone budget hari-hari ini di harga yang sama tentunya baterai pixel bisa dibilang kalah cukup telak dalam hal kapasitas. Dari segi angka, hp budget 2jt-an sekarang ini mayoritas memiliki baterai sebesar 5000mAh sementara Pixel 4A 5G ini hanya 3885mAh belum lagi mengingat bahwa hampir mustahil mendapatkan barang baru sehingga kebanyakan kapasitas baterai dari Pixel 4A 5G yang kini beredar mungkin hanya sekitar 80%an dari aslinya. 

 

Baterai Pixel 4A 5G ini cukup untuk pemakaian seharian dengan beban sosial media dan game ringan sesekali saja, Anda bisa mendapatkan ketahanan 7 jam hingga 8 jam dengan HP ini. Selain itu meski belum secepat fast charging yang dimiliki HP budget saat ini, Pixel 4A 5G telah mendukung kecepatan charging hingga 18watt yang mana bisa mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu 1 jam 30 menit.

 

Namun, pada akhirnya tetap saja tidak bisa terelakkan bagaimana hp budget keluaran saat ini dengan baterai 5000mAh dan dukungan charging berkecepatan tinggi seperti pengisian cepat 33watt bahkan lebih pada smartphone budget saat ini. Bagi anda yang kurang familiar dengan baterai 5000mAh tahan berapa lama, meski setiap hp bervariasi karena perbedaan software dan hardware (seperti chipset dan layar) namun secara general kurang lebih baterai 5000mah dapat tahan 11 jam bahkan lebih.

 

Selain segi baterai, ada lagi hal penting yang perlu diperhatikan yaitu kemampuan menangkap sinyal, mengapa begitu?

 

HP yang tidak memiliki IMEI yang terdaftar di Indonesia tidak bisa mendapatkan sinyal seluler, oleh karena itu hanya Pixel resmi yang bisa mendapatkan sinyal, dan sayangnya jumlah Pixel resmi sedikit dan lebih mahal dari yang tidak resmi. DI Indonesia banyak pixel tidak resmi yang menggunakan IMEI bukan aslinya (menggunakan IMEI HP lain) yang beredar, dengan menggunakan IMEI bukan aslinya yang terdaftar di Indonesia, Pixel yang tidak resmi bisa mendapatkan sinyal seluler, namun masih tidak menutup kemungkinan bisa saja sewaktu-waktu sinyal hilang.

 

Jadi bagaimana kesimpulannya? Kesimpulannya balik lagi ke Anda sebagai pembaca, apa kebutuhan Anda. Jika Anda suka OS Pixel yang simpel, kamera yang ciamik, dan tidak masalah dengan kapasitas baterai yang tergolong agak kecil untuk standar 2023 maka Pixel 4A 5G merupakan pilihan yang solid. Namun bagi Anda yang tidak mencari kamera bagus, OS Pixel, dan mencari baterai kapasitas besar mungkin bisa melirik HP budget keluaran baru saja.

Ikuti tulisan menarik Annn Mk1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu