x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 29 November 2023 09:25 WIB

Jadikan Hidup Lebih Berharga Tanpa Harus Menyenangkan Hati Semua Orang

Inilah 6 cara jadikan hidup lebih berharga tanpa harus menyenangkan hati semua orang. Fokus saja pada perbuatan baik dan bermanfaat. Toh, orang lain bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang mulai lupa. Bahwa menyenangkan hati semua orang adalah hal yang mustahil. Apapun dan di mana pun, pasti saja ada orang-orang yang tidak suka. Maka nggak usah berjuang untuk menyenangkan semua orang. Cukup lakukan yang baik untuk diri sendiri dan orang-orang sekitar saja. Selesaikan kuliah tepat waktu, bekerja yang baik, dan lakukan aktivitas sosial yang bermanfaat. Itu semua cukup tanpa harus memuaskan semua orang. Agar hidup lebih berharga, lebih bermanfaat.

Sehebat apapun kita, sekali lagi, tidak mungkin bisa menyenangkan semua orang. Apalagi di mata orang-orang yang membenci kita. Jadi fokus saja pada perbuatan baik yang bisa dilakukan. Tebarkan manfaat sesuai kemampuan kita. Asal sesuai dengan nilai dan tujuan hidup kita sendiri. Pilih dan puaskan diri sendiri menggapai ridho-Nya. Tidak usah ingin menyenangkan semua orang.  Musathail bisa senangkan semua orang. Itulah sikap dan langkah penting untuk mencapai hidup yang lebih berharga. Hidup yang realistis, menerima apa adanya. Dan bukan demi menyenangkan diri sendiri lalu memghalalkan segala cara yang buruk.

Menjadi berharga itu penting, karena hidup di dunia itu hanya sementara. Berharga untuk diri sendiri, bernilai untuk orang lain. Jangan terperangkan untuk memenuhi harapan orang lain. Jangan mau di-intimidasi orang lain. Karena kita tidak punya kewajiban untuk menyenangkan semua orang. Memangnya, orang lain itu siap akita? Bukan orang tua, bukan saudara pula. Jadi, fokus saja untuk membuat hidup lebih berharga. Berani berbuat baik dan menebar manfaat sebagai ladang amal untuk kembali kepada-Nya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu, bagaimana bisa menjalani hidup lebih berharga tanpa harus menyenangkan hati semua orang? Sesuai pengalaman di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor, setidaknya ada 6 (enam) menjadikan hidup lebih berharga tanpa harus menyenangkan semua orang, yaitu:

1.    Fokus saja pada pengembangan diri sebaik mungkin. Kerjakan apapun yang baik untuk diri sendiri. Membaca buku, bikin aktivitas sosial, atau jalani hobi yang disuka. Karena mengembangkan diri itu memuaskan hati diri sendiri sekaligus meningkatkan rasa harga diri.

2.    Berpikirlah lebih realistis dan menerima perbedaan perspektif orang lain. Siapapun bila tidak sama maka tinggalkan, hindari orang-orang toxic dalam hidup. Cukup terima perbedaaan dan sibukkan diri dengan hal-hal positif. Agar tidak membebani diri sendiri dan hidup jadi lebih santai tanpa perlu menyenangkan orang lain.

3.    Bertanggung jawab atas pilihan hidup yang diambil. Setiap keputusan, pasti ada konsekuensi baik positif maupun negatif. Maka ambil tanggung jawab atas pilihan hidup yang diambil. Karena pada akhirnya, kita hanya bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan.

4.    Berlapang dada menerima hal-hal yang tidak bisa diubah. Tidak usah berjuang untuk hal-hal yang tidak bisa diubah. Cukup kerjakan yang lebih berharga dalam hidup. Ingat, siapapun tidak akan mampu mengontrol orang lain, maka cukup kendalikan diri sendiri.  

5.    Jalani hidup yang bermakna. Sejelek apapun diri kita di mata orang lain, pasti ada perbuata baik yang bermakna untuk orang lain. Maka tidak usah pengen jadi manusia sempurna. Tapi cukup jadi manusia yang mau berbuat baik dan bermanfaat untuk orang lain. Tentu, harus ada aksi nyata. Apa yang diperbuat dan di mana dilakukan?

6.    Istikomah dalam perbuatan baik. Lakukan apapun yang baik secara konsisten, terlepas dari apapun pandangan orang lain. Kita hanya kerjakan yangbisa kita lakukan. Dan jangan pernah berpikir untuk menyenanhkan semua orang. Istikomah saja dalam perbuatan baik. Semua akan indah pada waktunya.

Prinsip menjadikan hidup lebih berharga itulah yang diusung pegiat literasi di TBM Lentera Pustaka. Untuk selalu berbuat baik dan menebar mabfaat kepada ratusan anak-anak usia sekolah. Agar tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah, tidak ada kaum ibu yang buta huruf. Demi tegaknya kegemaran membaca di era digital. Berkiprah dan mengabdi di taman bacaan memang sederhana, Tapi tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Karena harus punya komitmen dan konsistensi dalam berkiprah secara sosial. Apalagi untuk orang-orang yang belum kelar pada dirinya sendiri, berbuat baik itu kadang masih sebatas “mimpi”.

Maka siapapun, lebih baik fokus menjadikan hidup lebih berharga, lebih bermanfaat untuk orang lain di sisa usia. Tanpa perlu menyenangkan hati semua orang lain. Toh, orang lain itu bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa pula. Begitulah literasi bekerja. Salam literasi #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu