x

Iklan

Jaya Sentana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Desember 2023

Minggu, 3 Desember 2023 08:48 WIB

Contoh Bahasa Pemrograman Web yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda ingin berkecimpung di dunia IT khususnya pemrograman, sebaiknya pilihlah bidang yang ingin Anda kuasai.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika Anda ingin berkecimpung di dunia IT khususnya pemrograman, sebaiknya pilihlah bidang yang ingin Anda kuasai. Salah satu bidang yang paling banyak dibutuhkan oleh industri adalah pemrograman web. Disini Anda bisa belajar mengenai beberapa bahasa pemrograman. Untuk bisa menguasainya tentunya Anda harus mempelajari bahasa pemrograman web terlebih dahulu.

Seperti yang dilansir sbobet88, Ada beberapa bahasa pemrograman web yang bisa Anda pelajari saat ini. Umumnya bahasa pemrograman tersebut terbagi menjadi 2 kebutuhan yaitu pengembangan front-end dan back-end. Adanya Bahasa Pemrograman mungkin membuat Anda yang masih pemula bingung ingin mempelajari apa. Simak penjelasannya di bawah ini ya. 

Contoh Bahasa Pemrograman Web 

Pemrograman web merupakan bidang yang sejak lama sangat menjanjikan untuk dipelajari. Apalagi saat ini dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka kebutuhan industri pun semakin meningkat. Apakah Anda ingin belajar menguasai bahasa pemrograman seperti mereka? Nah, berikut ini beberapa bahasa pemrograman yang harus Anda pelajari terlebih dahulu. 

JavaScript

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

JavaScript adalah bahasa skrip yang ringan dan fleksibel. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu yang memiliki pengguna terbanyak di seluruh dunia. JavaScript biasanya digunakan untuk menyempurnakan dan menambah fungsionalitas pada halaman website. Anda dapat menambahkan tombol sederhana, memodifikasi tampilan scroll, dan bahkan membuat animasi kompleks dengan bahasa pemrograman ini.

Dengan JavaScript terinstal di komputer Anda, maka Anda dapat membuat perubahan pada bagian mana pun dari website. Selain itu, Anda bisa membuat halaman yang benar-benar baru dari awal. Sebagian besar pengguna internet sudah mengaktifkan JavaScript, karena JavaScript memiliki dukungan browser yang sangat baik. Sehingga hal ini menjadikannya sebagai salah satu bahasa pemrograman web terbaik.

Saat ini, JavaScript digunakan oleh 97% situs web di seluruh dunia. Artinya hampir semua perusahaan besar dan organisasi penting menggunakan bahasa pemrograman ini untuk mengembangkan website dan aplikasinya. Hal ini menjadikan JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang harus Anda kuasai agar menjadi seorang developer web yang terbaik. 

HTML Dan CSS

HTML dan CSS sebenarnya bukanlah bahasa pemrograman, namun merupakan tulang punggung pengembangan web. Oleh karena itu, setiap web developer wajib mempelajarinya. HTML menyediakan struktur web, sedangkan CSS membantu Anda untuk mendesain tampilannya agar lebih menarik secara visual. Bagi Anda yang tertarik menjadi front-end developer, menguasai CSS akan sangat membantu Anda.

HTML dan CSS merupakan salah satu bahasa yang sederhana dan mudah dipelajari. Jika Anda konsisten mempelajari konsep dan mempraktikkannya, Anda bisa menguasai keduanya hanya dalam hitungan minggu. Karena diantara semua bahasa pemrograman, ternyata HTML ini adalah bahasa yang paling sederhana. 

Faktanya, banyak developer yang memulai dengan mempelajari HTML terlebih dahulu lho. Sebagian besar situs web dibangun di atas HTML, oleh karena itu bahasa markup ini adalah bahasa dasar yang harus Anda pahami.

Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang sangat populer dan dikenal oleh banyak orang. Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman serbaguna ini untuk berbagai industri dan kebutuhan. Apalagi saat ini banyak perusahaan teknologi terkemuka yang mencari orang yang paham Python. Dari pengembangan web hingga data besar, Anda dapat melakukan segalanya dengan Python. 

Ternyata bahasa pemrograman ini sangat mudah untuk dipelajari oleh pemula. Karena sintaksis dalam Python tidak terlalu rumit, Anda dapat dengan mudah menulis kode yang bersih dan bebas bug.  

Namun bahasa pemrograman ini semakin populer beberapa tahun terakhir karena dapat digunakan untuk berbagai sistem. Saat ini, banyak perusahaan menggunakan Python untuk pembelajaran mesin, AI, big data, dan robotika. 

Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam pengembangan website dan aplikasi yang berbasis web. Tidak hanya itu, Java juga digunakan untuk membuat berbagai aplikasi menarik lainnya. Bahkan, sistem operasi Android juga dibangun di atas Java. Java adalah bahasa pemrograman yang andal, aman, dan fleksibel untuk pengembangan web.

Java pertama kali dirilis pada tahun 1996, dan masih berkembang hingga saat ini. Bahasa pemrograman ini memiliki berbagai fitur canggih untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi secara keseluruhan. Dengan menguasai bahasa pemrograman ini, Anda akan lebih mudah bekerja di perusahaan teknologi.

PHP

PHP adalah salah satu bahasa skrip sisi server yang paling sering digunakan. Jika Anda ingin membangun situs web dinamis dengan WordPress, memulai karir Anda sebagai pengembang web, atau mengembangkan keterampilan Anda di bidang ini, PHP adalah bahasa pemrograman yang tepat untuk memulai.

Bahasa ini didasarkan pada C dan menggabungkan banyak konsep dari JavaScript, sehingga sangat mudah dipelajari jika Anda memiliki pengalaman coding sebelumnya. Apalagi bahasa ini gratis sehingga banyak pemula yang menggunakannya. PHP merupakan bahasa pemrograman dengan fleksibilitas maksimal dan sangat cocok untuk membangun website yang andal.

Go

Go adalah bahasa pemrograman sumber terbuka modern dengan silsilah yang mengesankan. Bahasa pemrograman ini memiliki fitur Goroutine yang memudahkan pembuatan aplikasi yang mampu menangani jutaan koneksi simultan tanpa menambahkan server atau perangkat keras tambahan. 

Kinerjanya tidak tertandingi untuk bahasa tingkat sistem, sehingga ideal untuk membangun layanan dan sistem back-end yang cepat dan mampu mengelola data kompleks dalam jumlah besar.

Demikian ulasan artikel tentang Contoh Bahasa Pemrograman Web Yang Wajib Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Jaya Sentana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu