x

image: Medium

Iklan

Radenroro Kayla azzahra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Desember 2023

Selasa, 5 Desember 2023 08:35 WIB

Komunikasi Interpersonal di Dalam Drama Reply 1988

Konflik dalam hubungan Interpersonal muncul ketika dua sahabat saling jatuh cinta, tetapi mereka takut mengakui kepada orang tua mereka masing- masing.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Drama Korea semakin banyak peminatnya, itu sebabnya aku tertarik membahas adanya komunikasi interpersonal di dalam drama. Drama yang akan aku bahas adalah Reply 1988. Kenapa aku mengambil drama tersebut, karena drama tersebut adalah salah satu drama favorit aku.

Komunikasi Interpersonal adalah proses komunikasi dua arah yang terjadi diantara orang- orang yang dekat dan tidak tergantikan dalam suatu hubungan dimana masing- masing memperlakukan satu sama lain sebagai individu yang unik (Adler et.al (2020) ). Menurut pendapat Senjaya dalam Moerdijati (Moerdijati, 2016), ada tiga  perspektif dalam mendefinisikan komunikasi interpersonal :

1. Komponensial: minimal 2 orang : ada pengirim dan penerima, encoding-decoding bersamaan, pesan verbal dan non verbal, salurannya udara atau media lain, jika tanpa feedback, makan akan berhenti. Bergantung konteks dan kerangka pengalaman, serta efek.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Perkembangan : Proses perkembangan dari yang sifatnya tidak personal menjadi lebih intim.

3. Relasional : Komunikasi dengan hubungan yang jelas antara mereka (Ibu-Anak, Adik- kakak, Pacar, dsb) .

Kini kita masuk dalam pembahasan komunikasi interpersonal di dalam Reply 1988. Apakah pembaca mengetahui dimana letak Komunikasi Interpersonal didalam Reply 1988?

Drama tersebut menceritakan dalam suatu lingkungan perumahan yang terdapat lima keluarga. Mereka saling bertetangga, maka interaksinya sangat dekat. Di dalam materi Komunikasi Interpersonal ada juga level interaksi sosial, didalam drama Reply 1988 level interaksi sosialnya termasuk kedalam I- Thou karena di  setap keluarga saling menguatkan dan menghargai keunikan masing- masing.

Dinamika yang terdapat antar anggota keluarga adalah supportive sibling dan longing sibling. Drama Reply 1988 bukan hanya menceritakan tentang kekeluargaan, tetapi juga menceritakan tentang hubungan romantis. Hubungan romantis : Bahasa Cinta (Chapman dalam Adler et.al (2020) ).

Bahasa cinta yang terdapat ketika setiap ada adegan romantis adanya kata- kata firmasi biasa disebut word of affirmation, waktu berkualitas, acts of service, hadiah, dan sentuhan fisik. Bukan hanya untuk hubungan romantis saja tetapi didalam keluarga pun bisa melakukan bahasa cinta tersebut.

Iklim Komunikasi (Adler et,al (2020)) yang terdapat didrama Reply 1988 adalah adanya nada emosi yang keluar ketika adanya konflik, iklim komunikasi dalam hubungan juga menentukan cara kita merespon konflik dalam hubungan, iklim komunikasi lebih tentang perasaan dengan pasangan berkomunikasi, didalam drama Reply 1988 juga adanya hasil akumulasi dari tindakan – tindakan yang terjadi dalam suatu hubungan hingga sebuah kebiasaan yang dapat diprediksi, jadi adanya iklim komunikasi dapat juga mengetahui tindakan atau kebiasaan tanpa membuat kita bingung apa yang akan dilakukannya.

Konflik dalam hubungan Interpersonal yang ada didalam Reply 1988, adanya 2 sahabat yang saling jatuh cinta tetapi mereka takut untuk mengakui kepada orang tua mereka masing- masing bahwa mereka telah berpacaran, justru konflik tersebut dapat dikelola untuk mempererat hubungan mereka, adanya konflik tersebut akhirnya dapat membuat mereka mengakui bahwa mereka berpacaran.

Prinsip Konflik (wood, 2017) yang terdapat dalam drama tersebut adalah terbuka, karena masing- masing dari mereka selalu mengekspresikan dengan terus terang. Dalam Komunikasi Interpersonal juga ada negoisasi konflik, drama Reply 1988 negoisasi nya terdapat win- win yang dimana adanya kerja sama yang terjadi setiap masing- masing keluarga. Tidak hanya ada prinsip konflik terbuka, tetapi juga ada prinsip konflik tertutup yang dimana setiap ada masalah di dalam keluarga masing – masing mereka tidak bisa bercerita dengan siapa- siapa dan mereka hanya ingin menutupi konflik mereka.

Teori dalam komunikasi Interpersonal dalam drama Reply 1988, adanya interaksi yang kuat setiap masing – masing keluarga sangat berperan penting dalam pengembangan dan penyampaian pesan.

 

Ikuti tulisan menarik Radenroro Kayla azzahra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu