x

Iklan

Tono Suharto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Desember 2023

Kamis, 7 Desember 2023 09:38 WIB

Daya Tarik Alami Coban Danyang, Menanti Fasilitas di Masa Depan

Mengunjungi Coban Danyang dapat menjadi opsi yang sangat baik ketika Anda berada dalam masa liburan di wilayah Pasuruan. Destinasi alam ini terletak pada ketinggian 588 meter di atas permukaan laut, menawarkan udara yang menyegarkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang dilansir sbobet, mengunjungi Coban Danyang dapat menjadi opsi yang sangat baik ketika Anda berada dalam masa liburan di wilayah Pasuruan. Destinasi alam ini terletak pada ketinggian 588 meter di atas permukaan laut, menawarkan udara yang menyegarkan.

Lingkungan di sekitar air terjun tetap mempertahankan kealamian dengan keberagaman pepohonan yang menyegarkan pandangan. Jika Anda mencari kesegaran untuk mengatasi kelelahan dari kesibukan dan kemacetan perkotaan, maka Air Terjun Danyang menjadi pilihan yang tepat.

Arus air yang deras setiap saat membuat kunjungan Anda menjadi nilai lebih. Tertarik untuk menyaksikan keindahan air terjun ini?

Pesona yang Ditawarkan oleh Coban Danyang

Air Terjun yang Tidak Pernah Kering

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak peduli kapan Anda mengunjungi Coban Danyang Pasuruan, jaminan kepuasan selalu ada. Air terjun yang deras tetap mengalir setiap saat, tidak terpengaruh oleh musim.

Walaupun musim kemarau, aliran air di Coban Danyang tidak pernah surut. Sumber air berasal dari sungai yang mengalir turun ke bebatuan besar. Melalui celah-celah bebatuan, keindahan aliran air ini terlihat sangat memukau.

Keberadaan bebatuan besar di aliran air terjun mengecilkan tekanan air saat mencapai kolam di bawahnya. Ini membuatnya relatif aman untuk bermain di bawah air terjun, meskipun tetap penting untuk menjaga kewaspadaan.

Panorama Alam nan Asri

Daya tarik Coban Danyang tak hanya terletak pada keindahan air terjunnya, tetapi juga pada pesona kawasan sekitarnya yang dapat membuat siapa pun betah berlama-lama di tempat ini.

Hingga ke ujung pandangan, Anda akan disuguhkan panorama alam yang alami, dipenuhi oleh hijaunya pepohonan. Kecamatan Pasrepan, sebagai kawasan yang meliputi Coban Danyang, memang terkenal sebagai daerah penghasil buah-buahan.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika Anda akan melihat banyak pohon buah sepanjang perjalanan menuju air terjun. Mulai dari pohon durian hingga pohon mangga, menghiasi jalanan yang berdekatan dengan air terjun.

Legenda Coban Danyang

Sebagian besar destinasi wisata alam di Indonesia, terutama air terjun, memiliki legenda yang melingkupinya. Hal ini juga berlaku untuk Air Terjun Danyang, yang kisahnya diyakini oleh penduduk setempat.

"Danyang" sendiri dalam bahasa Jawa bermakna perintis desa. Menurut legenda, para perintis desa atau "penunggu" Coban tersebut adalah Mbok Rondo Dewi dan Mbok Rondo Kepor.

Menurut keyakinan masyarakat setempat, terdapat sebuah pohon besar yang dianggap sebagai kediaman para penunggu ini. Pohon ini dapat ditemui sebelum mencapai air terjun, sehingga penting untuk menjaga sikap saat mengunjungi lokasi ini.

Cerita mistis seputar air terjun tersebut tetap menjadi daya tarik yang tidak meredam minat para wisatawan untuk berkunjung.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun

Coban Danyang terletak di Dusun Tuyuwono, Desa Tempuran, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Walaupun administratif berada di Kecamatan Pasrepan, namun Anda harus menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dari kawasan kecamatan untuk mencapai air terjun ini.

Jika Anda datang dari arah Malang, ambillah jalur melalui pertigaan Purwosari menuju Pasuruan. Selanjutnya, teruskan perjalanan hingga mencapai Wisata Bhakti Alam dan arahkan kendaraan ke Desa Tuwoyono.

Akses jalan menuju air terjun ini cukup baik dan sudah beraspal, sehingga dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah memarkir kendaraan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan trekking berjalan kaki menuju air terjun.

Hanya dalam jarak yang tidak terlalu jauh, Anda perlu berjalan kaki sekitar 50 meter dan menuruni tebing. Keberadaan tebing ini juga tidak terlalu curam, sehingga dapat dilewati dengan cukup mudah.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Saat ini, belum ada tarif tiket masuk yang dikenakan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Coban Danyang di Pasuruan, alias masuknya gratis.

Anda hanya perlu membayar retribusi parkir. Mengenai jam operasional, wisatawan dapat mengunjungi air terjun antara pukul 07.00 pagi hingga 18.00 sore setiap harinya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

1. Trekking Menuju Air Terjun

Dari area parkir yang telah disediakan, pengunjung perlu melakukan trekking sejauh beberapa langkah kaki untuk mencapai Coban Danyang Pasuruan. Pengalaman trekking ini sangat menyenangkan, karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Meskipun hanya berjalan sekitar 50 meter, suasana yang tercipta benar-benar luar biasa. Di sepanjang perjalanan, Anda akan melihat banyak pohon buah-buahan milik warga di sisi kiri dan kanan sebelum mencapai kawasan air terjun.

Perjalanan trekking akan sedikit menantang saat Anda melewati tebing. Namun, tidak perlu khawatir, karena tebing ini tidak terlalu curam sehingga cukup aman untuk dilewati.

2. Bermain Air di Sekitar Coban Danyang

Setelah sampai di air terjun, pasti Anda tak sabar untuk segera menikmati keindahan airnya. Aliran air yang cukup deras dan terlihat begitu jernih di sini mengundang siapa saja untuk langsung masuk ke kolam alami yang berada di bawahnya.

Kolam alami tersebut tidak terlalu dalam, sehingga Anda dapat bermain air atau bahkan berenang untuk menikmati kesegarannya. Banyak pengunjung juga memilih berdiri langsung di bawah air terjun untuk merasakan percikan air yang menyegarkan tubuh.

Di tebing aliran air terjun terdapat banyak batu besar, sehingga meskipun alirannya deras, tidak terlalu keras. Oleh karena itu, aman jika Anda ingin merasakan langsung kesegaran air di bawah alirannya.

3. Wisata Petik Buah

Setelah puas bermain air, Anda dapat menikmati wisata petik buah di kebun milik warga sekitar. Kecamatan Pasrepan dikenal sebagai daerah penghasil buah-buahan, terutama mangga dan durian.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Coban Danyang telah menginspirasi warga setempat untuk menyelenggarakan kegiatan wisata petik buah.

Jadi, selain dapat membeli buah langsung dari kebunnya, wisatawan juga memiliki kesempatan untuk memetiknya sendiri ketika berkunjung saat musim panen.

Sensasi manisnya buah-buahan akan semakin terasa lezat ketika dinikmati sambil menikmati keindahan air terjun.

4. Berburu Foto Instagramable

Sebagai destinasi wisata alam yang masih sangat alami di Pasuruan, Air Terjun Danyang menjadi tempat yang ideal untuk mendapatkan foto Instagramable.

Keindahan air terjun ini menjadi spot foto cantik yang dapat diabadikan, terutama dengan adanya banyak bebatuan yang dapat dimanfaatkan sebagai latar belakang yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Mengenai fasilitas, Air Terjun Danyang belum menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Area air terjun tetap dibiarkan alami tanpa penambahan fasilitas tambahan.

Hanya terdapat area parkir untuk para pengunjung, namun luasnya terbatas. Jika Anda mencari warung untuk membeli makanan atau minuman ringan, disarankan untuk membelinya di desa sebelum masuk ke area wisata air terjun.

Karena belum terdapat warung makan di sekitar air terjun, namun tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan fasilitas di masa mendatang, yang bisa Anda nantikan.

Coban Danyang direkomendasikan sebagai destinasi wisata alam di Pasuruan. Meskipun fasilitas masih terbatas, daya tariknya terletak pada kealamiannya yang menarik para pengunjung. Air terjun yang indah dan tidak pernah kering menjadi daya tarik utama, memungkinkan Anda untuk menikmati bermain air setiap kali berkunjung.

Ikuti tulisan menarik Tono Suharto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu