x

Gambar Tumbuhan

Iklan

Mutia Septianingsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Desember 2023

Senin, 11 Desember 2023 09:46 WIB

Cara Membedakan Tumbuhan yang Ada di Lingkungan Sekitar

Cara membedakan tumbuhan dilihat dari tampak luar tumbuhan yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seringnya kita melihat bahwasanya tumbuhan yang ada disekitar kita memiliki bentuk yang berbeda-beda, sebagai orang awam yang bukan ahli tumbuhan kadang terheran-heran dan memiliki rasa ingin tahu bagaimana cara membedakan jenis tumbuhan tersebut.

Faktanya, jenis tumbuhan yang ada disekitar kita bisa dibedakan dalam beberapa hal, misal dibedakan berdasarkan habitatnya, klasifikasi morfologinya dan masih banyak cara untuk membedakan setiap tumbuhan yang ada diseluruh dunia.

Sebagai orang awam, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dan dicermati agar bisa membedakan suatu jenis tumbuhan apapun itu, cara sederhananya adalah dengan cara memperhatikan morfologi luar dari tumbuhan tersebut. Morfologi adalah bentuk dan susunan luar/fisik suatu tumbuhan, yang mana artinya kita bisa membedakan suatu tumbuhan berdasarkan apa yang nampak oleh mata kita secara langsung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu cara membedakan jenis tumbuhan bisa dengan menentukan tumbuhan ini masuk kedalam kelompok tumbuhan dikotil atau tumbuhan monokotil. Tumbuhan dikotil dan monokotil merupakan tumbuhan berbiji, dimana tumbuhan berbiji itu juga dibedakan atas 2 hal, yaitu tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji tertutup. Tumbuhan dikotil dan monokotil masuk kedalam kelompok tumbuhan biji tertutup.

Tumbuhan dikotil dan monokotil merupakan tumbuhan berbunga dan yang membedakan berdasarkan keping bijinya, monokotil tumbuhan biji berkeping satu dan dikotil tumbuhan biji berkeping dua. Yang membedakan tumbuhan dikotil dan monokotil yang bisa dilihat secara langsung oleh mata yaitu morfologi batang, bunga dan daun dari tumbuhan tersebut.

Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil berdasarkan bentuk batang, bunga dan daun :

  1. Batang

Bentuk batang tumbuhan dikotil cenderung bercabang-cabang dan batangnya memiliki kambium yang diameter batangnya dapat membesar sedangkan tumbuhan monokotil batangnya tidak bercabang-cabang dan tidak memiliki kambium sehingga diameter batangnya tidak bertambah besar.

  1. Bunga

Bunga tumbuhan dikotil berjumlah kelipatan 4 atau 5 sedangkan bunga tumbuhan monokotil berjumlah kelipatan 3

  1. Daun

Daun pada tumbuhan dikotil merupakan daun Tunggal atau majemuk dengan susunan tulang menyirip atau menjari sedangkan daun pada tumbuhan monokotil merupakan daun tunggal dengan susunan tulang daunnya sejajar atau melengkung.

Selain bentuk batang, bunga dan daunnya, tumbuhan dikotil dan monokotil juga bisa dibedakan dari bentuk akarnya. Akar tumbuhan dikotil adalah akar tunggang yang bercabang-cabang dan kuat serta memiliki 1 akar utama yang menancap kedalam tanah sedangkan akar tumbuhan monokotil berbentuk serabut yang tipis, kecil dan menyebar.

Inilah beberapa tumbuhan dikotil dan monokotil yang sering kita jumpai :

Dikotil

Monokotil

1. Pohon Mangga

2. Pohon Nangka

3. Pohon Durian

4. Cabai        

5. Jeruk

6. Rambutan

7. Kacang Buncis

8. Apel

9. Belimbing

10. Kentang

1. Jagung

2. Padi

3. Jambu

4. Anggrek

5. Pohon Kelapa

6. Tebu

7. Rumput

8. Pisang

9. Kunyit

10. Bawang Merah dan Putih

Setelah mengetahui perbedaan tumbuhan berdasarkan bentuk morfologi luarnya baik batang, bunga dan daun, diharapkan kita dapat membedakan dari masing-masing tumbuhan dan menjadi pengetahuan baru untuk banyak orang.

Ikuti tulisan menarik Mutia Septianingsih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu