x

makanan sehat untuk keluarga

Iklan

Masbimbim Ganteng

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Desember 2023

Senin, 18 Desember 2023 19:42 WIB

Ide Menu Makan Siang Enak yang Mudah Disiapkan; Yuk, Coba!

Kehabisan ide mau masak apa lagi untuk makan siang keluarga? Intip ide menu makan siang enak yang anti-ribet berikut ini, yuk!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Waktu makan siang tiba! Saatnya menyajikan santapan lezat lagi untuk keluarga setelah sarapan tadi pagi. Tapi, masak apa lagi, ya, untuk menu makan siang?

Tak perlu pusing! Ada banyak menu makan siang lezat yang mudah disiapkan dan tidak memerlukan banyak bahan. Bagi Moms yang sudah kehabisan ide dan tidak punya banyak waktu untuk memasak, lima menu makan siang sederhana berikut ini bisa Moms praktikkan di rumah! Dijamin enak, mudah, dan mengenyangkan!

Ide Masakan Makan Siang

Makan siang tentu harus mengenyangkan. Namun, bukan berarti Moms harus memasak makanan “berat” yang heboh. Nah, ide-ide menu makan siang rumahan ini mudah untuk disiapkan di rumah. Intip, yuk!

 

1. Crispy chicken

Salah satu menu makan siang yang enak untuk disajikan dan pasti disukai keluarga adalah crispy chicken. Agar menu makan siangnya lebih komplet, sajikan crispy chicken dengan sepiring nasi hangat dan sayur-mayur. Ditemani semangkuk sup jagung juga tambah oke! Dijamin bikin perut kenyang sampai waktu makan malam tiba.

 

2. Pempek

Pempek bisa jadi menu makan siang yang enak karena rasa dan pesonanya sulit ditolak. Masakan khas Palembang ini terkenal dengan bahan utama ikan tenggiri. Namun, Moms tetap bisa membuat pempek yang enak meski tanpa ikan. Biasanya, pempek “ekonomis” itu sering disebut dengan pempek dos. Makan pempek siang-siang, kenapa tidak?

 

3. I fu mie

Siapa yang bisa menolak menu makan siang yang enak seperti i fu mie kuah kental dengan topping bakso dan seafood ala restoran Cina? I fu mie adalah mi yang sudah digoreng kering, lalu disiram dengan kuah panas berisi daging dan sayur-mayur yang lezat. Menu makan siang satu ini bisa jadi solusi andalan kalau anak atau suami Moms sedang bosan makan nasi!

 

4. Tumis brokoli

Simple dan menyehatkan, menu makan siang sederhana seperti tumis brokoli cocok disajikan untuk lauk makan siang yang sehat. Moms bisa tambahkan protein seperti ayam, bakso, sosis, atau jamur kuping biar lebih komplet. Memasak tumis brokoli tidak perlu waktu lama atau bahan yang ribet. Makanya, lauk makan siang ini juga cocok untuk dijadikan bekal praktis ke sekolah dan ke kantor.

 

5. Mandu 

Apakah Moms pernah mendengar tentang makanan bernama mandu? Mandu adalah masakan khas Korea yang terbuat dari olahan daging ayam kukus. Kadang, mandu juga disebut dengan dumpling. Sedangkan kalau di Jepang, namanya gyoza. Di Korea sendiri, mandu sering jadi menu makan siang favorit anak-anak sekolah saat jam istirahat. Selain lezat, makan mandu juga mengenyangkan!

Mandu ditambah nasi putih bisa jadi menu makan siang yang enak dan sederhana. Si Kecil pasti suka! Yuk, coba sajikan mandu gluten-free untuk keluarga. 

 

Tips Memilih Makanan untuk Makan Siang

Menu makan siang rumahan seperti di atas dapat memberikan rasa kenyang sepanjang hari. Hal ini disebabkan oleh kandungan karbohidrat, protein, dan serat yang seimbang dalam makanan sehingga tubuh bisa mengolahnya menjadi energi yang baru bagi tubuh. Apalagi kalau Moms mengolah proteinnya dengan cara dipanggang atau dikukus, maka kualitasnya akan lebih menyehatkan.

Makanan untuk makan siang juga biasanya lebih komplet daripada saat sarapan pagi. Kalau sarapan pagi, perut hanya butuh diisi setelah semalaman kosong agar tubuh siap beraktivitas. Sedangkan kalau makan siang, perut membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, serat, dan mineral.

 

Ikuti tulisan menarik Masbimbim Ganteng lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

14 jam lalu

Terpopuler