x

Mengisi materi tentang keorganisasian di pmii unu yogyakarta

Iklan

dewii widyaa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Desember 2023

Senin, 18 Desember 2023 19:36 WIB

Cara Berkomunikasi yang Efektif dalam Organisasi Dakauri

Bagaimana Cara Berkomunikasi di Organisasi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Organisasi merupakan suatu wadah atau tempat untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi dapat terdiri dari dua orang atau lebih, mereka saling bekerja sama untuk mencapai target yang sudah dibuat serta mencapai tujuan yang sama. Organisasi menurut KBBI merupakan suatu kesatuan atau susunan yang terdiri atas orang-orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. Contohnya seperti sekelompok orang yang bekerja sama, layaknya asosiasi lingkungan, amal, serikat pekerja, atau perusahaan. Dalam organisasi komunikasi merupakan hal yang sangat penting, dengan terjalinnya komunikasi yang baik, maka jalannya organisasi juga akan mencapai tujuan yang baik juga. Bila dalam suatu organisasi ada kesalahpahaman dalam berkomunikasi, hal ini bisa menjadi masalah yang akan berlanjut dalam menjalankan target atau tujuan yang sama.

Komunikasi organisasi adalah suatu proses pertukaran berita di antara orang-orang yang ada di dalam sebuah pada organisasi, yang melalui proses atau tahapan secara umum mencakup tahapan-tahapan: attention, comprehension, acceptance, dan retention (Arnold & Feldman, 1998).  Organisasi kelompok banyak dibuat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai lanjut usia, bisa dibilang bahwa organisasi kelompok merupakan organisasi yang tidak memandang usia. Contohnya dalam dunia perkuliahan banyak organisasi yang muncul sesuai dengan bidangnya masing-masing. Para mahasiswa juga mengikuti organisasi hanya untuk sekedar waktu luangnya atau bahkan ikut organisasi untuk mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru dari organisasi. Dari organisasi kita bisa mendapatkan banyak hal, mulai dari kerja sama, saling membantu, menghargai pendapat orang lain, dan masih banyak keuntungan lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam dunia perkuliahan rasanya mengikuti organisasi merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat untuk kita kedepannya. Mukhlas Fatani, mahasiswa UGM tahun 2020, tentang organisasi ia mengatakan, “Subjektif ya, gua berubah hampir 180 derajat! Apa aja perubahannya? Dari yang gatau cara ngebuka rapat, jadi sering dan terbiasa (bekal banget buat dunia kerja!). Dari yang kalau ada apa2 dikerjain sendiri, jadi paham fungsi delegasi. Dari yang gak bisa milih temen, jadi bisa memilah mana yang toxic dan enggak, mana yang tanggung jawab dan enggak, dll.”

Contohnya di Universitas Pembangunan Jaya terdapat satu organisasi bernama Dakauri. Dakauri merupakan singkatan dari Dari Kami Untuk Negeri. Organisasi ini berfokus membantu masyarakat yang kesulitan dalam ekonomi maupun fasilitas, dengan mengabdi kepada masyarakat sosial memberikan donasi berupa uang, barang, maupun pembelajaran. Bukan hanya itu, Dakauri juga ingin anggotanya dapat menumbuhkan nilai sosial yang tinggi kepada orang lain, dan melatih kedisiplinan dalam segala aspek kehidupan. Saat ini anggota Dakauri sebanyak kurang lebih 90 anggota. Dengan anggota yang banyak, rasanya sulit berkomunikasi dengan efektif, pasti ada banyak pendapat dan ide, oleh karena itu Dakauri membuat beberapa divisi agar komunikasi bisa dijalankan lebih mudah.

Mempunyai banyak anggota berarti mempunyai banyak kepala yang berisi pendapat yang berbeda-beda. Kadang perbedaan pendapat bisa menimbulkan kesalahpahaman yang bisa saja berkelanjutan nantinya. Komunikasi antar anggota sebaiknya diatur juga dalam organisasi agar berjalan dengan harmonis dan bisa sampai ke tujuan bersama. Lalu bagaimana cara Dakauri mengatur komunikasi untuk anggotanya?

 

  1. Melakukan Rapat Pertemuan Langsung

Hal ini dilakukan agar semua orang khususnya per-divisi bisa mengajukan ide-ide dan pikiran mereka, memberikan pendapat, dan juga mengadakan evaluasi untuk acara yang ingin dibuat.

 

  1. Mengingatkan Secara Berkala

Dilakukan secara berkala agar para anggota tetap ingat melakukan kewajibannya agar bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Contohnya mengingatkan uang kas, proyek bulanan, proyek besar bersama, dan juga donasi.

 

  1. Melakukan Musyawarah

Kesalahpahaman merupakan hal terburuk dalam organisasi dan hal ini harus cepat diselesaikan agar tidak ada kesalahpahaman baru. Dakauri menganggap besar masalah ini, oleh karena itu Dakauri selalu melakukan musyawarh jika ada anggota nya yang memiliki masalah dalam pengerjaan proyek.

 

  1. DakaChat

DakaChat merupakan wadah yang dibuat oleh Dakuri di aplikasi WhatsApp. Hal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi anggotanya yang memiliki keluh kesah yang berkaitan dengan organisasi maupun personal, ini bertujuan agar para anggota merasa nyaman dan terbantu dengan masuk ke dalam organisasi ini.

 

  1.  Melakukan Pertemuan Online Secara Berkala

Ketika ada sebuah kegiatan yang akan berlangsung, divisi melakukan rapat online secara berkala, biasanya satu minggu dalam sekali. Bertujuan agar rencana bisa berjalan sesuai dengan jadwal dan para anggota bisa terus berpendapat serta menyalurkan idenya.

 

Dalam organisasi hal yang terpenting adalah berkomunikasi, dengan berkomunikasi banyak hal yang tadinya terasa ambigu jadi terselesaikan. Komunikasi bukanlah hal yang berat, namun adakalanya mengatur komunikasi dengan orang banyak terasa begitu menyulitkan, Oleh karena itu diperlukan strategi serta ketepatan dalam mengatur jalannya komunikasi dalam suatu organisasi, hal inilah yang dilakukan Dakauri dalam menjaga oganisasi nya agar tetap terus sejalan sampai mecapai target yang sudah ditentukan.

 

 

Daftar Pustaka

 

Aurellia, A,.(2022). Apa Itu Organisasi, Kenali Ciri, Tujuan, dan Contohnya. https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2022/04/01/komunikasi-organisasi-menurut-ahli/

 

Fisipol,.(2022)Komunikasi Organisasi Menurut Ahli. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6186277/apa-itu-organisasi-kenali-ciri-tujuan-dan-contohnya

 

Wahono, J,.(2014). Pentingnya Organisasi Dalam Mencapai Sebuah Tujuan. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/113

Ikuti tulisan menarik dewii widyaa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler