x

Iklan

ayu gemuh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2023

Sabtu, 23 Desember 2023 08:26 WIB

Ikatan Wanita Warmadewa Rayakan Hari Ibu


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Iwanwar (Ikatan Wanita Warmadewa) menggelar talkshow dengan tema Ibu Pangkalan Kasih, Inspirasi Tanpa Batas yang berlangsung di Ruang Auditorium  Widya Sabha Uttama Universitas Warmadewa, Jumat (22/12/23).

Perayaan Hari Ibu ini menjadi spesial dikarenakan panitia penyelenggaranya adalah para pria karyawan dan suami dari iwanwar yang tergabung dalam Ikatan Lelaki Warmadewa (Ilawar) yang merupakan bagian dari civitas akademika Unwar dilibatkan dalam mengisi berbagai hiburan perayaan Hari Ibu. Terlebih pada pementasan tari yang sebenarnya dilakukan oleh kaum perempuan justru diperankan oleh para pria, sehingga tarian penyambutan Panyembrama yang ditampilkan mengundang gelak tawa ratusan anggota Iwanwar. 

Menurut Ketua Umum Iwanwar, Nyonya Ida Ayu Agustini Pandit, perayaan Hari Ibu tahun ini dilaksanakan oleh kepanitiaan Iwanwar unit Fakultas Pertanian, dengan mengambil tema Ibu, Pangkalan Kasih Insipirasi Tanpa Batas. Dimana seluruh kegiatan pada perayaan Hari Ibu ini dilakukan oleh kaum pria dan dihadiri oleh seluruh unit Iwanwar. “Semua dilakukan oleh kaum pria, kita Ibu-Ibu tinggal duduk manis menikmati perayaannya dan juga ada hiburan,” jelas Ny Ida Ayu Agustini Pandit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baginya, memaknai peran seorang Ibu adalah bagian dari segalanya. Secara pribadi sebagai seorang Ibu, dikatakan selalu berusaha melakukan sesuatu yang lebih baik daripada anak-anak.
“Selalu berdoa untuk keselamatan mereka, kesuksesan mereka nantinya dan selalu berdoa agar mereka berbahagia selalu,” ujarnya.

Sementara Ketua Pembina Iwanwar, Nyonya Diah Wisnumurti menyampaikan, tema yang diusung pada Ibu, Pangkalan Kasih Insipirasi Tanpa Batas adalah memiliki arti yang sangat luas. Namun yang menjadi inti adalah, bagaimana peran perempuan sekaligus menjadi seorang ibu dapat mengedukasi generasi muda dengan seiring berkembangnya teknologi saat ini dapat bersosialisasi khususnya pada lingkungan terdekat. “Sekarang bagaimana kita kembalikan ke masa lampau, bukan berarti masa lampau itu jelek. Tetapi bagaimana anak-anak itu dididik supaya bisa bersosialisasi ke teman-temannya tanpa harus selalu pegang gadget,” pungkasnya.

Peran Ibu di dunia pendidikan juga dipandang sangat luas, dimana guru pertama bagi seorang anak adalah Ibu. “Ketika mengandung pun selalu ada yang menyanyikan lagu, ada yang ngajak ngobrol dan itu salah satu Guru pertama bagi anak-anak,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Rektor Unwar Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., menyampaikan ucapan Hari Ibu kepada seluruh unit Iwanwar, dimana Hari Ibu di Indonesia disebut menjadi sebuah momentum. Bahwa perempuan tentunya kaum Ibu, merupakan motor penggerak keberhasilan pembangunan disaat ini dan mendatang. Tema yang diusung pada perayaan Hari Ibu ini pun dipandang dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi gerakan perempuan atau Ibu di Unwar, untuk selalu berdaya menuju Warmadewa maju, unggul dan berdaya saing di Asia Tenggara. “Peringatan Hari Ibu merupakan hal yang penting bagi penghargaan dan penghormatan terhadap seluruh perempuan, Ibu Indonesia atas peran dedikasi serta kontribusi bagi keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara,” ucap Rektor Unwar.

Bagi Rektor Unwar, Hari Ibu bukan saja sebagai peringatan untuk mengucapkan rasa terima kasih atas jasa yang besar, dan yang istimewa bagi seluruh masyarakat khususnya di Unwar, namun lebih jauh peringatan Hari Ibu bertujuan untuk mendorong pemangku kepentingan masyarakat luas dalam memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi para perempuan khususnya kaum ibu.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., turut mengucapkan Hari Ibu kepada seluruh anggota Iwanwar, juga memaknai tema Hari Ibu yang digagas oleh Iwanwar. Dikatakan seorang Ibu merupakan sosok yang luar biasa dalam setiap nafas dan perjalanan hidup, serta Ibu dapat menjadi sebuah inspirasi. “Ibu adalah kekuatan, Ibu adalah Surga buat kita semua dan Ibu menjadi inspirasi tanpa batas, selamat Hari Ibu, semoga ibu-ibu selalu diberikan kesehatan, diberikan kekuatan, karena Ibu yang kuat melahirkan generasi yang bermartabat,” ujarnya.

Selain hiburan dan pembagian doorprise, juga dilangsungkan Talkshow, yang mendatangkan narasumber dari praktisi komunikasi Oman Riyadi, dengan topik Strategi Komunikasi Efektif Dengan Anak.

oleh: GKM MSP UNWAR. Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti

Ikuti tulisan menarik ayu gemuh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB