Cara Meningkatkan Keterampilan Membaca di Lingkungan Keluarga

Sabtu, 23 Desember 2023 08:29 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keterampilan membaca merupakan bagian dari keterampilan berbahasa yang penting dilakukan karena mempunyai banyak manfaat. Keterampilan membaca perlu dilatih agar pemahaman terhadap bahan bacaan semakin baik.

Keterampilan membaca meruakan salah satu komponen utama dalam mengembangkan keterampilan berbahasa dengan membaca kita bisa memperkaya diri akan kosa kata baru yang kita temui dalam pada bahan bacaan, dengan membaca kita menambah wawasan yang lebih luas tentang hal-hal baru disekitar kita. Namun pada zaman yang semakin canggih ini, banyak orang yang malas untuk membaca dan memilih hal lain seperti bermain game oleh sebab itu diperlukan tindakan angar anak-anak gemar membaca salah satunya dimulai dari keluarga.

Keluarga merupakan lingkungan pertama yang mempengaruhi keterampiln membaca. Mengapa demikian? karena anak pasti melihat orang-orang disekitarnya yaitu ibu, ayah, kakak dan saudara mereka, keluarga yang memerhatikan perkembangan keterampilan berbahasa pasti juga memperhatikan bagaimana cara meningkatkan keterampilan membaca anak mereka. Lalu, bagaimana cara meningkatkan keterampilan membaca  dimulai pada keluarga? Pada tulisan ini akan dijelaskan beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan membaca di lingkungan keluarga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Setiap individu pastinya mempunyai kegemaran yang berbeda, dengan mencari bahan bacaan yang sesuai dengan kegemaran anak, orang tua bisa menyajikan bahan bacaan yang berkaitan dengan kegemaran anak, misalnya anak gemar dengan bunga-bunga disekitarnya, orang tua bisa menyajikan bahan bacaan yang membahas tentang jenis- jenis bunga dan lain sebagainya, wawasan anak tentang berbagai jenis bunga akan berkembang tidak terbatas pada bunga melati, bunga mawar atau bunga lain yang ada disekitarnya.

2. Memberika motivasi pada anak. Dengan adanya motivasi yang disampaikan langsung oleh orang tua pada anak membuat anak semangat dalam mengembangkan keterampilan membaca.

3. Orang tua juga membaca. Kegiatan membaca yang dilakukan oleh orang tua memberikan gambaran dan contoh pada anak- anak, anak-anak pasti merasa ingin tau kenapa orang tuanya suka membaca, dengan melakukan kegiatan membaca ini orang tua bisa menyampaikan pada anak mereka bahwa membaca merupakan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.

4. Memberika apresiasi pada anak.
Siapa yang tak suka hadiah, tepuk tangan, pujian dan hal manis lainnya. Begitu juga anak- anak, salah satu cara meningkatkan semangat  keterampilan membaca pada anak yaitu dengan memberikan hadiah berupa buku bacaan baru yang mereka inginkan, atau bentuk apresiasi lainnya, anak- anak pasti akan bersemangat ketika membaca karena mereka merasa disayang dan tidak dipaksa.

5. Membaca bersama dengan anak, atau mendampingi anak membaca. Setiap individu terlahir dengan karakter yang berbeda, ada yang suka menyendiri ada juga yang suka bersama- sama dengan orang tersayang mereka. Orang tua bisa menemani anak membaca, mendengarkan mereka membaca dan memperbaiki jika ada kesalahan dalan pelafalan yang dilakukan anak, dengan demikian kesalahan tersebut bisa diperbaiki dan tidak terulang lagi.

6. Menjauhkan hp pada anak- anak. Ketika membaca sebisa mungkin hp tidak berada disekitar anak, karena bisa menganggu konsentrasi anak dalam membaca.

Semoga orang tua bisa menerapkan cara- cara tersebut dalam meningkatkan keterampilan membaca pada anak dalan lingkungan keluarga. Kita sebagai generasi muda juga bisa menerapkan cara tersebut pada teman, atau saudara kita karena sederhana dan gampang, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diimplementasikan dalam kehidupa sehari- hari.

Bagikan Artikel Ini
img-content
SYIFA FAUZIAH RAHMAH UINJKT

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler