x

Reka Kegiatan Tim PKM-PM UNIMED

Iklan

Fransisco Siregar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Desember 2023

Sabtu, 30 Desember 2023 04:59 WIB

Tim PKM-PM Unimed Membuat Media Interaksi dan Evaluasi Berbentuk Permainan Monopoli Matematika

Mahasiswa Unimed membuat media interaksi dan evaluasi dalam pembelajaran matematika berupa permainan monopoli matematika berbasis manual cetak dan digital.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) yang terdiri dari lima orang membentuk sebuah tim untuk merealisasikan media Interaksi dan evaluasi guna meningkatkan minat belajar matematika kepada siswa. "Kami melihat begitu banyak pelajar di sekitar tidak menyukai pelajaran matematika. Di sisi lain para pelajar itu sangat menggemari beragam jenis permainan yang tanpa disadari memiliki kesamaan dengan mate-matika,  penyelesaiannya sama-sama menggunakan logika. Oleh karena itu tim berusaha mencari alternatif yang cukup membantu dalam khasus ini yaitu monovictory, permainan monopoli matematika yang dirancang sebagai media interaksi dan media evaluasi berbasis manual cetak dan digital" ujar Fransisco Dinata Siregar sebagai ketua Tim PKM-PM dalam rapat internal PKM-PM.

Tim yang beranggotakan Fransisco Dinata Siregar (Pendidikan Matematika Bilingual Unimed), Mikael Agus Tua Sibarani (Pendidikan Matematika Bilingual), Daniel Sembiring (Ilmu Komputer), Indah Rachelia (Pendidikan Matematika), Betrik Debora Fiera Sihombing (Pendidikan Matematika) mencoba memfasilitasi SMP Swasta Murni Victory Medan dengan menyediakan media interaksi dan evaluasi ini. 

Peristiwa yang didapat adalah siswa yang mudah bosan dalam pembelajaran matematika dan tidak menyukai pembelajaran matematika yang biasanya Tim PKM-PM menyebutnya dengan "Krisis Mental Belajar Matematika". Dengan didampingi oleh Dosen Pendamping Tim PKM-PM yaitu Ibu Hanna Dewi Marina Hutabarat, S. Si, M. Si., didapati hasil bahwa suswa lebih antusias dan aktif ketika belajar sambil menggunakan Media Interaktif Permainan Monopoli Matematika Berbasis Manual Cetak maupun Digital.  
Tidak hanya itu, dalam program ini, Tim PKM-PM UNIMED ini juga membuat Kegiatan Learning Outdoor Kampung Monopoli, Kegiatan dimana siswa belajar matematika diluar kelas dengan suasana baru yang lebih mengarahkan pendekatan siswa kepada Matematika. Didalam kegiatan ini, Tim juga menyediakan Alat Peraga yang dapat membantu siswa dalam pemahaman konsep matematika dan dilengkapi dengan Monopoli Manual Cetak berukuran besar yang membuat siswa Aktif langsung dalam Kegiatan Belajar menggunakan Monopoli Matematika. 
Hasil rekaman/testimoni yang tim terima memperlihatkan Mitra mengucapkan terimakasih telah memilih sekolah SMP Swasta Murni Victory Medan dalam merealisasikan program. Hasil testimoni tersebut juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini membantu meningkatjan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika. 
Program ini berjalan dengan dukungan dari pihak Universitas Negeri Medan, Simbelmawa, JMKI, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Fransisco Siregar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan