x

Aktivitas ekonomi dengan menggunakan perangkat digital dalam melakukan transaksi jual beli.

Iklan

Pembelajar Sepanjang Hayat

Muhammad Haryo Pambudi
Bergabung Sejak: 1 Oktober 2022

Selasa, 2 Januari 2024 18:10 WIB

Pentingnya Penggunaan Rekening Bersama dalam Transaksi Digital

Rekening Bersama atau yang disingkat dengan Rekber yaitu transaksi digital yang melibatkan pihak ketiga untuk turut mengamankan dan bertanggung jawab dalam transaksi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Rekening Bersama atau yang disingkat dengan Rekber yaitu transaksi digital yang melibatkan pihak ketiga untuk turut mengamankan dan bertanggung jawab dalam transaksi. Pesatnya perkembangan zaman moderen mendorong aktivitas transaksi secara digital karena dianggap praktis dan cepat dalam penggunaannya. Namun, dibalik kemudahan yang diberikan, terdapat celah yang membahayakan bagi konsumen apabila tidak hati-hati dalam pemanfaatannya.

Tidak jarang orang terkena penipuan online akibat kurangnya pemahaman dan kehati-hatiannya, hal ini melatarbelakangi adanya rekening bersama dalam transaksi secara digital. Secara singkat, alur penggunaan rekening bersama dalam transaksi digital yaitu pembeli menyerahkan uang kepada pihak ketiga untuk mengamankan sementara, lalu penjual memberikan barang kepada pembeli, kemudian pembeli mengecek barang yang diserahkan penjual, apabila telah sesuai, pembeli memberitahukan kepada pihak ketiga bahwa barang telah diterima dan sesuai dengan kondisi yang diharapkan, pihak ketiga menyerahkan uang kepada penjual, maka transaksi telah selesai dilakukan.

Namun apabila kondisi barang yang diterima barang tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh pembeli, maka pembeli mengembalikan barangnya kepada penjual dan memberitahukan kepada pihak ketiga bahwa transaksi tidak jadi dilakukan, sehingga pihak ketiga mengembalikan uang yang telah diserahkan oleh pembeli.

Biaya Penggunaan Rekening Bersama

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengenai biaya penggunan rekening bersama, pihak ketiga umumnya tidak mematok tarif, menyesuaikan dengan pembeli ataupun penjual. Ada juga yang menerapkan sistem persentase dalam transaksi dalam jumlah tertentu, tergantung pada kesepakatan kepada pihak ketiga. Antara pembeli ataupun penjual dapat membuat kesepakatan mengenai siapa yang membayar penggunaan jasa rekening bersama pihak ketiga.

Syarat Penggunaan Rekening Bersama

Persyaratan yang harus dipenuhi dalam penggunaan jasa rekening bersama umumnya pihak ketiga akan membutuhkan foto kartu tanda penduduk antara pembeli dan penjual, foto diri, hingga domisili kedua belah pihak.

Pentingnya Menggunakan Rekening Bersama Pihak Ketiga Yang Telah Terpercaya

Penggunaan jasa rekening bersama walaupun memiliki dampak positif bagi masyarakat guna keamanan dalam bertransaksi digital, namun sebagai pengguna tetap harus berhati-hati dalam memilih jasa rekening bersama. Karena tidak jarang baik pihak penjual atau pembeli bekerja sama dengan pihak ketiga untuk tujuan yang tidak baik, oleh karena itu sebelum bertransaksi menggunakan jasa rekening bersama pastikan menggunakan pihak ketiga yang telah terpercaya dan memiliki jejak digital yang baik.

 

Ikuti tulisan menarik Pembelajar Sepanjang Hayat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

9 jam lalu

Terpopuler