x

Iklan

Sari Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Januari 2024

Senin, 8 Januari 2024 06:46 WIB

Pentingnya Internet untuk Dunia Pendidikan

Ketersediaan internet broadband berkecepatan tinggi, ditambah meningkatnya permintaan alternatif E-learning dalam beberapa tahun terakhir, telah menyebabkan perubahan di sektor pendidikan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketersediaan internet broadband berkecepatan tinggi ditambah dengan meningkatnya permintaan alternatif E-learning dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan berbagai macam perubahan yang ada di sektor pendidikan.

Penggunaan internet untuk Dunia Pendidikan tidak pernah diragukan lagi dan telah berhasil merevolusi lanskap sektor pendidikan tradisional. Ini telah mendorong pembelajaran jarak jauh dan tanpa hambatan sambil juga membuka jalan untuk berbagi sumber daya dan data tanpa hambatan.

Dampak Internet Pada Pendidikan

Penggunaan pembelajaran online yang tepat dapat meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan sekaligus memungkinkan pendidik untuk mempersiapkan pelajaran dan membiarkan siswa memperluas cakupan pembelajaran mereka. Ini memungkinkan pendidik menganalisis kebutuhan individu siswa dan menyesuaikan pelajaran agar sesuai dengan mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Manfaat besar penggunaan internet untuk pendidikan adalah membuat pelajaran dapat diakses bahkan di pemukiman terpencil dan daerah pedesaan di mana anak perempuan sering menghadapi ketidaksetaraan pendidikan. Selain itu, penggunaan internet untuk siswa memungkinkan untuk melanjutkan pendidikan selama pandemi Coronavirus, yang membuat dunia terhenti.

Prasyarat untuk Pembelajaran Online

Layanan Broadband yang Efisien

Ketersediaan koneksi broadband berkecepatan tinggi dan andal adalah inti dari semua infrastruktur pendidikan online yang efektif.

Inklusi Komunitas

Masyarakat perkotaan biasanya lebih siap untuk memanfaatkan internet untuk pendidikan karena infrastruktur yang diperlukan mudah diakses oleh mereka. Daerah pedesaan, bagaimanapun, menghadapi kerugian sosial dan ekonomi yang membatasi aksesibilitas mereka ke pembelajaran online.

Buka Berbagi Sumber Daya

Sejumlah besar hal dapat diakses melalui internet untuk siswa dari segala usia. Beberapa platform pembelajaran online telah muncul untuk menjembatani kesenjangan antara siswa dan kendala sumber daya. Platform ini bahkan memfasilitasi berbagi materi kursus dari satu negara ke siswa di negara lain.

Pentingnya Internet dalam Pendidikan

Penggunaan internet untuk pendidikan membantu mengefektifkan berbagi informasi dan komunikasi. Ini memungkinkan siswa mengakses kuliah online dan merujuk ke materi studi yang relevan dalam berbagai format multimedia. Ini juga membantu guru dengan membiarkan mereka menggunakan berbagai alat dalam kurikulum mereka. Pentingnya internet dalam pendidikan yang perlu diketahui:

Interaktivitas yang Lebih Tinggi

Internet telah memberikan dorongan besar untuk interaktivitas dalam interaksi siswa-guru. Dengan dimasukkannya aplikasi media sosial dan platform pembelajaran online yang memberikan bantuan waktu nyata, guru dan siswa kini dapat terlibat dalam interaksi dinamis kapan pun dibutuhkan.

Apa Pentingnya Internet untuk Dunia Pendidikan Pada Saat ini?

Fleksibilitas Belajar

Kendala sumber daya dan lokasi dari mode pendidikan konvensional tidak berlaku untuk pembelajaran online dan platformnya. Akses ke Internet memungkinkan seseorang untuk mempelajari materi studi mereka secara online dari jarak jauh dan dengan kecepatan mereka sendiri. Ini juga berfungsi sebagai sistem pendukung 24x7 bagi siswa dan guru untuk berinteraksi. Ini juga memungkinkan para profesional yang bekerja untuk mendaftar di kursus yang sesuai dengan jadwal mereka.

Efektivitas Biaya

Membeli buku dan bahan belajar biasanya merupakan urusan yang mahal. Namun, dengan kursus online dan sumber informasi lain, mengakses materi pelajaran secara online menjadi hemat biaya.

Integrasi Multimedia

Penelitian telah menunjukkan bahwa kita biasanya mengkonsumsi data lebih cepat dan lebih efisien melalui format audio-visual. Format ini termasuk multimedia, infografis, slideshow dll. Format multimedia ini dapat digunakan secara aktif dalam kursus dan pelajaran berkat penggunaan internet.

Manfaat Internet Bagi Pelajar

Memperbaiki Komunikasi

Komunikasi antara guru dan siswa dulunya bersifat linier. Namun, internet telah menambahkan tingkat interaktivitas baru ke dalam hubungan ini. Menggunakan internet memungkinkan komunikasi interaktif antara kedua pihak terlepas dari batasan waktu dan jarak. Prosesnya dibuat lebih mulus melalui berbagai aplikasi sosial atau platform digital.

Penerimaan Sertifikasi Online yang Lebih Tinggi

Pembelajaran dan sertifikasi online tidak dianggap kompetitif atau dapat diandalkan hingga beberapa tahun yang lalu. Universitas dan perguruan tinggi terkait dengan program online biasanya tidak memiliki akreditasi yang memadai. Namun, skenario itu telah mengalami pergeseran, dengan banyak universitas sekarang menawarkan program pembelajaran jarak jauh dan kursus sertifikasi online berikutnya.

Lebih Banyak Siswa yang Memilih Pendidikan Online

Bukti keberhasilan peningkatan internet di bidang pendidikan terletak pada kenyataan bahwa lebih banyak yang memilih media pembelajaran online daripada sebelumnya.

Kesimpulan

Internet telah memberikan dorongan bagi sektor pendidikan yang sedang berkembang. Dimensi baru aksesibilitas dan interaktivitas ini telah meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan dan kuantitas data relevan yang dapat ditransfer dengan mulus bahkan dari satu titik ke titik lainnya. 

Momentum ini diperkirakan akan meningkat karena semakin banyak perangkat yang mendukung internet dan aksesibilitas data menjadi hal biasa di lokasi pedesaan dan di semua komunitas sosial-ekonomi. 

Itulah ulasan pentingnya internet untuk Dunia Pendidikan pada saat ini seperti yang dilansir hoki88. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Sari Ayu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

10 jam lalu

Terpopuler