Misteri Gunung Anak Krakatau yang Bikin Merinding

Kamis, 11 Januari 2024 06:12 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Munculnya Gunung Anak Krakatau puluhan tahun lalu diduga efek dari aktivitas Gunung Krakatau 11 Juni 1927 silam. Beredar berbagai kisah misteri dan mistis di kalangan masyrakat mengiringi kemunculan gunung itu.

Misteri gunung anak Krakatau yang mengerikan tampaknya memang nyata bukan mitos yangterungkap lewat suara misterius sampai penampakan makhluk aneh.

Gunung anak Krakatau terletak di pengairan Selat Sunda dikeramatkan masyarakat sekitar  hingga sekarang. Bagaimana kisah misteri Gunung anak Krakatau sesungguhnya berikut ulasan selengkapnya

Misteri Gunung Anak Krakatau

Jika melihat  lebih dekat ke lokasi Gunung Anak Krakatau di kawasan peraran Selat Sunda angker dan penuh mistis  lantaran suara misterus.

Mulai suara tangisan, suara ramai menyerupai pasar, bahkan lebih  mengerikan lagi munculnya makhluk aneh hingga mitos kotak pandora pembawa orang ke alam gaib.

 Misteri gunung anak Krakatau yang mengerikan memang membuat semua orang penasaran seperti apa  sesungguhnya.

Menjawab rasa penasaran  perlu menyimak tulisan ini sampai  selesai, berikut ulasan selengkapnya mengutip  channe YouTube Pegawai Jalanan.

  1. Suara Misterius

Salah satu misteri gunung anak Krakatau yang mengerikan yaitu suara misterius yang sangat aneh siapapun yang pernah masuk ke kawasan itu.

Area gunung terletak di daerah Selat Sunda dikenal angker menurut orang-orang sudah singgah ke sana mendengar  suara orang berteriak.

Ada pula yang mengatakan pernah terdengar  suara tangisan kemudian panggilan aneh, bahkan menyebut suara ramai yang menyerupai pasar.

Tidak hanya  itu saja, ada  juga terdengar suara seseorang yang sedang memainkan instrumen perangkat gamelan.

Begitu misterius dan mistis  padahal  daerah itu tidak berpenghuni bikin merinding lantaran memang gunung tersebut dianggap angker.

2  Makhluk Aneh

Misteri gunung anak Krakatau yang mengerikan membuat semua orang takut penampakan makhluk aneh bisa terlihat kasat mata.

Ada sebagian rela datang ke kawasan Gunung anak Krakatau mengaku melihat sejenis makhuk kadal besar atau burung besar.

  1.     Patih Gajah Putih

Tidak kalah menarik adanya mitos Patih Gajah Putih yang disebut-sebut bagian  dari legenda asal usul Gunung Krakatau.

Konon  dikabarkan, ada seorang  Pangeran Purbaya dan seorang patih Kerajaan Sriwijaya karena suatu masalah besar membuat mereka berkelahi hebat

Pertarungan kedua bangsawan ini memang dahsyat dan dramatis berlangsung 40 hari 40 malam non stop di Duuh Kadu Bungbang.

Selama 40 hari 40 malam berkelahi tiada henti membuat mereka sangat lelah  terkuras tenaganya  kemudian mereka memutuskan pulang ke daerah masing-masing.

Namun, apa yang terjadi dengan sang Patih Gajah Putih saat itu sedang melakukan perjalanan jauh ke Pulau Sumatera

Ketika kapal  sedang   berlayar mengaruhi Selat Sunda tiba-tiba kapal yang  ditumpanginya tenggelam oleh  dahsyatnya ombak laut

Aneh tapi nyata, sesaat setelah kapal tenggelam juga  tiba-tiba muncul sebuah gunung Krakatau disertai genpa   dan gemuruh yang mengerikan.

Sungguh ajaib, sejak kemunculan gunung ini terus mengeluarkan lava dan awan panas yang     dahsyat seperti kekuatan Patih Gajah Putih  saat berperang.       

          4.Kotak Pandora Pembawa Orang Ke Alam  Gaib

Misteri gunung anak Krakatau yang mengerikan tidak kalah mistis  adalah kotak pandora pembawa orang ke alam ghaib, yang dikisahkan menjadi rebutan dua orang sakti mandaraguna.

Kedua orag sakti tersebut, yakni Dukun Kepiting         dan  Ratu kerajaan Karkata dan kisah pertarungan kedua penguasa kawasan Krakatau tersebut.

Peristiwa itu berawal dari kemunculan sebuah negeri bernama Kerajaan Karkata terletak di kaki Gunung Krakatau yang sering mengalami gempa berkali-kali tahun 1883.

Ternyata penyebabnya lantaran terbukanya kotak pandora  dari alam lain  kemudian anehnya dukun kepiting dari dukun ilmu hitam bisa bangkit lagi

Bahkan dukun kepiting  bisa menemukan kekuatannya kembali yang diduga pengaruh terbukanya kotak pandora itu yang kuat.                                                

Kekuatan  dari kotak pandora tersebut mampu menghidupkan kembali ratusan pasukan kepiting yang telah musnah ketika Krakatau meletus tahun Mei 1883 M.

Hanya karena kotak pandora inilah terjadi pertempuran sengit antara kerajaan Karkata   dan dukun kepeting saling mengejar.

Kedua penguasa Krakatau tidak  ada yang mau mengalah, tetapi naas kotak itu semakin menutup   dan akhirnya menghilang.

Sejak itu, Kedua penguasa berperang hancur oleh kekuatan letusan Krakatau dan terbukanya kontak pandora yang bisa membawa ke dunia ghaib ketika Krakatau meletus sangat dahsyat.

  1. Ramalan dari Pujangga Ronggowarsito

Misteri gunung anak Krakatau yang mengerikan berasal dari ramalan pujangga Ronggowarsito, yang saat itu membuat Kitab  Raja  Purwa dibuat sebelum meletus  1883.

Kitab tersebut menceritakan bahwa nanti  seluruh dunia terguncang  hebat kemudian suara gemuruh terdengar menggelegar diikuti hujan lebat dan badai.

Diceritakan pula dalam kitab tersebut mengenai keadaan gunng yang mengakibatkan bencana tidak hanya hujan air maupun badai yang mampu meledakan gunung hancur berkeping-keping.

 Terdengar suara sangat keras begitu dahsyat  dentumannya bahkan sampai gunung tersebut hancur tenggelam ke bagian terdalam dari bumi.

Begitulah misteri gunung anak Krakatau yang memang penuh mistis, walaupun seperti itu sampai sekarang masih saja menjadi favorit wisatawan.

Sejarah Singkat Gunung Anak Krakatau

Munculnya Gunung Anak Krakatau sudah terjadi puluhan tahun lalu yang diduga efek aktivitas Gunung Krakatau 11 Juni 1927 silam.

Terbentuknya  anak  Krakatau  akibat dari erupsi Krakatau berkomposisi magma basa di pusat komplek  Krakatau.

Letusan-letusan itu berdampak besar   pada gunung anak Krakatau tumbuh makin tinggi dan masih aktif, bahkan Januari-Oktober 2023 sebanyak 415 kali gempa letusan

Lokasi Gunung  berlokasi di antara  Pulau Sertung   dan Pulau  Rakta  Kecil Lampung dengan ketinggian 450 meter sebenarnya  bukan daerah wisata.

Dilansir laman resmi lampungprov kawasan gunung anak Krakatau, adalah sebuah pulau vulkanik kecil yang dulunya pantai memiliki kedalaman 27 meter.

Kemunculan gunung ini seusai Gunung Krakatau meletus tahun 1927 atau sekitar 43 tahun lalu kemudian muncul fenomena gunung api dari kaldera purba yang masih aktif.

Kecepatan pertumbuhan gunung api itu 20 inci per bulan kemudian menariknya setiap tahun tingginya mencapai sekitar 20 kaki sampai akhirnya ketinggian 450 meter seperti sekarang.

Gunung Anak Krakatau sebenarnya bukan daerah wisata, tetapi sebagai bagian dari cagar alam yang dilindungi kemudian kemunculannya dari dalam laut langka di dunia dan fenomenal

Ekosistem area gunung anak Krakatau terus berkembang  dan berevolusi hingga kini kemudian  dalam perkemmbangannya selalu dijaga kelestariannya.

Pengunjung yang boleh  menginjakkan kaki di kawasan tersebut untuk empat tujuan, yaitu penelitian, pengembangan pengetahuan serta pendidikan.

Di samping itu, mempunyai tujuan penunjang budi daya dan meski demikian wisatawan dapat melakukan kegiatan wisata menikmati keindahan seputar pulau-pulau sekitar  gunung Anak Krakatau

Jumlah wisatawan datang ke Gunung Anak Krakatau tinggi yang rute perjalanannya tmudah, dengan menyewa perahu selama dua hari harga Rp 3.500.000 sampai pulau Sebesi.

Pulau Sebesi, pulau berpenghuni  juga pulau terbesar di selat Sunda luas 16 kilometer persegi sumber energi Keindahan lain bisa menemukan Pulau Umang lokasinya tidak jauh Pulau Sebesp Kawasan ini menawarkan paket wisata komplet tidak hanya mendaki melainkn juga melihat panorama pantai.

Lagoon Cabe   yang terletak di Pulau Rakata menempuh perjalanan setengah jam dari pulau Gunung Krakatau. Di Lagoon Cabe ini akan menikmati keindahan terumbu karang   dengan aneka ikan hias berwarna-warni

Bagikan Artikel Ini
img-content
Suryati ningsih

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler