x

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu sambangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu

Iklan

HUMAS LPKA PALU

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Desember 2023

Kamis, 11 Januari 2024 18:14 WIB

Sambangi Disdukcapil dan KPU, LPKA Palu Siap Sukseskan Pemilu 2024

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu sambangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

PALU_Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu sambangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Rabu, (10/1) Pagi. Dalam kunjungan ini, para pihak membahas Pemenuhan Hak Identitas seluruh anak binaan serta penyerahan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) guna sukseskan Pemilu 2024.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam lawatannya tersebut, LPKA Palu diwakili oleh Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan, Henny yang saat itu didampingi 3 orang stafnya, Rizki Fandu, I Made Nana, dan Douglas.

 

Henny bersama jajarannya mengawali kunjungan ke Disdukcapil Kota Palu dan disambut langsung oleh Tasrif selaku Kepala Seksi Identitas Penduduk yang berlokasi di ruang kerjanya.

 

Selain sebagai ajang guna jalinan silahturahmi, kunjungan tersebut merupakan tindaklanjut atas pemenuhan Hak Identitas bagi seluruh anak binaan di LPKA Palu, terlebih sebagai salah satu pemenuhan data dukungan menjelang Pemilu di bulan februari mendatang.

 

“Menjadi kewajiban kami dalam menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 pasal 5 tentang Perlindungan Anak yang menjelaskan setiap anak berhak atas suatu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan,” jelas Henny

 

Lebih lanjut, dirinya menguraikan bahwa jajaran LPKA Palu bersama Disdukcapil adalah satu bagian yang tidak terpisahkan, ia pun memastikan akan selalu melakukan koordinasi serta menindaklanjuti pemenuhan Hak Identitas berupa Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran bagi seluruh anak binaannya.

 

“Pastinya kita akan terus melakukan koordinasi, agar Hak Identitas bagi seluruh anak di LPKA Palu dapat terpenuhi, serta siap untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang,” tambahnya

 

Menanggapi hal tersebut, Tasrif pun menyambut hangat atas kunjungan yang dilakukan oleh pihak LPKA Palu, ia memastikan akan terlibat aktif dalam pemenuhan Hak-hak bagi seluruh anak binaan.

 

“Telah menjadi komitmen bersama yang dituangkan dalam perjanjian kersama antara LPKA Palu dan Disdukcapil, pastinya kita akan kawal selalu dalam proses rekam dan pencetakan kartu identitas bagi seluruh anak binaan,” janji Tasrif

 

Usai mengunjungi Disdukcapil Kota Palu, Henny bersama jajarannya melanjutkan kunjungannya dengan KPU Kota Palu dan disambut oleh Muh. Kumefi selaku perator Sistem Data Pemilih Kota Palu. Pertemuan itu membahas penempatan Kotak Suara pada hari pemilihan serta penyerahan DPTb di LPKA Palu.

 

Henny menjelaskan bahwa kunjungan tersebut adalah  gerak cepat LPKA Palu dalam menyambut Pemilu yang akan berlangsung pada bulan Februari mendatang. Ia berharap agar seluruh hak suara anak binaannya dapat terealisasi dengan baik.

 

“Setiap minggunya kita akan melakukan pembaharuan data calon pemilih di LPKA Palu dan Kami sangat berharap agar KPU Kota Palu dapat memberikan edukasi kepada seluruh anak binaan sebagai calon pemilih pemula,” harap Henny

 

Saat ini total keseluruhan anak binaan berjumlah 22 orang yang telah terpenuhi KIA dan e-KTP serta telah dilakukan sinkronisasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk memastikan validasi kepemilikan data pada website https://cekdptonline.kpu.go.id/ bagi usia pemilih yakni 17 tahun keatas.

 

“Untuk saat ini data terbaru sebagai calon pemilih di LPKA Palu berumlah 11 orang yang telah memiliki e-KTP dan terdata pada website cek DPT Online KPU, kami pastikan siap untuk menyukseskan Pemilu 2024,” tambahnya

 

Sementara itu, Muh. Kumefi selaku operator mengungkapkan bahwa saat ini fokus untuk melakukan update data bagi calon pemilih di Lapas/Rutan dan LPKA.  Ia pastikan akan menindaklanjuti setiap pembaharuan data yang dikirimkan.

 

Selain itu, dirinya memberikan apresiasi kepada LPKA Palu yang selalu tepat waktu dalam memberikan data terbaru.

 

“Pembahasan ini akan segera kami tindaklanjuti. Kami pun merasa sangat terbantukan atas gerak cepat yang dilakukan LPKA Palu, terima kasih atas kerjasamanya, tentu hal ini akan menjadi fokus kami dalam pemenuhan surat suara yang akan diberikan pada bulan februari mendatang, semoga saja bisa terealisasi denga baik,” pungkasnya.

 

HUMAS LPKA PALU

 

 

Ikuti tulisan menarik HUMAS LPKA PALU lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB