x

Bersama Ranger Menyuarakan Lingkungan yang berkelanjutan

Iklan

Trash Ranger Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Januari 2024

Kamis, 18 Januari 2024 06:39 WIB

Youth Action Festival Chapter Kebumen

Youth Action Festival adalah kegiatan dalam rangka aksi pelestarian alam dan edukasi linkungan. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan organisasi yang ada di Jawa Tengah khusunya Kabupaten Kebumen.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Youth Action Festival adalah kegiatan dalam rangka aksi pelestarian alam dan edukasi linkungan. Kegiatan ini diikuti o leh puluhan organisasi yang ada di Jawa Tengah khusunya Kabupaten Kebumen. Dari setiap organisasi tersebut mengirimkan delegasinya sebagai perwakilan untuk mengikuti kegiatan ini. Peserta didominasi oleh anak-anak muda mulai dari jenjang sekolah menengah sampai perguruan tinggi. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Trashranger Indonesia dan Youth Ranger Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjadikan pemuda sebagai pelopor di daerahnya masing-masing untuk mengkampanyekan isu lingkungan dan sampah secara konkret. Tema dari Youth Action Festival kali ini yaitu “Sustainable Lifestyle for a Better Future”.

Tempat terselenggaranya kegiatan Youth Action Festival yaitu di Pantai Kembar Terpadu, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Kawasan wisata pantai yang dikelola oleh warga lokal dengan baik dan terawat. Selain itu, terdapat tempat konservasi penyu yang digunakan sebagai tempat penangkaran dan perawatan penyu. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk edukasi dan pelestarian alam.

Rangkaian acara Youth Action Festival dimulai dengan sambutan dari ketua Trashranger Kebumen, CO Leader Trashranger Jawa Tengah, Founder Trashranger Indonesia, dan perwakilan dari Pantai Kembar Terpadu. Kemudian sesi talkshow yang diisi pengelola Pantai Kembar Terpadu yang memaparkan tentang pentingnya konservasi bagi hewan yang dilindungi seperti penyu, menjelaskan tentang habitat dan siklus hidup penyu, dan cara perawatannya. Talkshow ini juga diisi oleh salah satu perwakilan dari Geopark Kebumen yang berbicara mengenai resiko bencana di daerah Kebumen, mitigasi bencana, struktur geologi, potensi wisata, upaya pelestarian lingkungan, edukasi masyarakat, dan pembangunan Geopark Kebumen. Pada sesi tanya jawab para peserta aktif bertanya dan menyampaikan pendapat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum kegiatan ini berlangsung peserta sudah dibagi menjadi beberapa kelompok yang berisikan lima orang. Setiap kelompok ini ditugaskan untuk membuat nama kelompok yang menarik, membuat kreasi yel-yel, dan membuat power point dengan tema seputar isu-isu lingkungan yang sudah ditentukan oleh panitia. Presentasi kelompok dilakukan secara bergantian untuk memaparkan hasil diskusi dan penyampaian inovasi yang bisa menjadi solusi atas isu-isu lingkungan yang ada. Feedback dari narasumber juga diberikan setelah sesi presentasi selesai.

Edukasi penyu di tempat konservasi sangat menarik antusias para peserta. Penjelasan lebih detail tentang penyu dengan melihatnya secara langsung. Di konservasi penyu Pantai Kembar Terpadu terdapat lima jenis penyu yaitu penyu sisik, penyu tempayang, penyu lekang, dan penyu hijau. Selain itu ada juga kura-kura, ikan, monyet dan burung yang dirawat di sana.

Kegiatan selanjutnya adalah ruang berekspresi. Seluruh peserta dan panita duduk melingkar di atas pasir. Pada ruang berekspresi ini peserta diberikan kesempatan untuk bercerita atau menyampaikan keresahan yang dialaminya tentang isu-isu lingkungan. Dari lingkungan terdekat seperti keluarga sampai yang sudah terjadi secara global disampaikan pada sesi ini. Hal ini bertujuan untuk menyadarkan kembali untuk bisa terus melakukan aksi nyata dan meningkatkan kesadaran peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Deklarasi Pemuda Kebumen yang dibacakan oleh Founder Trashranger Indonesia yang diikuti oleh seluruh peserta dengan khidmat dan sungguh-sungguh.

Isi Deklarasi:

Kami Orang Muda Indonesia Berkomitmen Untuk:

  1. Kami bertekad ikut serta mewujudkan Indonesia emas 2045 dengan lingkungan yang berkualitas dan menjunjung tinggi nilai inklusivitas
  2. Kami berkomitmen untuk mendukung konservasi sebagai benatuk kepedulian terhadap ekosistem kehidupan
  3. Saling bekerjasama, bersinergi, dan berkolaborasi untuk mengurangi jejak karbon dan sampah plastik
  4. Berusaha untuk lebih banyak memgajak Masyarakat untuk peduli dan sadar terhadap lingkungan
  5. Mengenalkan dan merayakan inisiatif lokal untuk kelestarian lingkungan
  6. Kami akan menjadi inisiator yang konkret untuk mengkampanyekan isu lingkungan dan sampah secara berkelanjutan
  7. Kami orang muda Indonesia sadar bahwa bumi adalah warisan berharga yang harus kami jaga.

Kegiatan dilanjutkan dengan bersih-bersih kawasan pantai dengan mengumpulkan sampah organik dan anorganik. Setiap kelompok peserta menyebar di daerah pantai dan bekerjasama untuk mengumpulkan sampah ke dalam trashbag. Penanaman pohon cemara juga dilakukan bersama-bersama pada area yang sudah ditentukan.

Sebelum acara ditutup ada beberapa penghargaan yang diberikan untuk para peserta yang sudah aktif dalam mengikuti serangkaian kegiatan. Adapun untuk penghargaan yang diberikan yaitu Best Clean Up, Best Delegation, Best Innovation, Best Speaker, dan Best Team.

 

Ikuti tulisan menarik Trash Ranger Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu