x

Iklan

Joni Setiawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2024

Sabtu, 27 Januari 2024 08:22 WIB

Garis Pantai Luas di Glagah Wangi Istambul dan Mangrove yang Mempesona

Pantai Glagah Wangi, yang berada di Istana Tambakbulusan Demak, menjadi pilihan tujuan wisata yang diminati saat liburan dan cuti kerja mendekat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pantai Glagah Wangi, yang berada di Istana Tambakbulusan (Istambul) Demak, menjadi pilihan tujuan wisata yang diminati saat liburan dan cuti kerja mendekat. Pengunjung dapat menikmati kelembutan pasir putih dan pemandangan laut biru yang memukau. Pantai ini telah terkenal sebagai destinasi populer sejak tahun 2020, dengan rata-rata 5.000 kunjungan setiap minggunya.

Pemandangan yang menakjubkan dengan garis pantai yang luas dan panjang, disertai dengan deretan hutan mangrove yang memanjang sepanjang sungai menuju lokasi, sangat disarankan bagi wisatawan yang menginginkan liburan di tengah hijaunya mangrove dan birunya laut. Tidak mengherankan bahwa pantai ini telah masuk dalam 10 nominasi destinasi wisata baru yang diusulkan oleh Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Para pengunjung yang datang ke pantai ini dapat menikmati beragam fasilitas yang telah disiapkan oleh pengelola, mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas penunjang lainnya. Semua fasilitas tersebut disediakan semata-mata untuk memastikan kepuasan para wisatawan, termasuk wahana permainan, area camping, warung makan, dan berbagai yang lainnya.

Daya Tarik Pantai Glagah Wangi di Istana Tambakbulusan (Istambul) Demak

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pantai ini sering kali dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik dari luar kota maupun dalam kota. Banyak pengunjung yang tertarik dengan berbagai hal yang ditawarkan oleh pantai yang indah ini.

1. Rimbunnya Hutan Mangrove

Glagah Wangi terkenal dengan deretan hutan mangrove yang memperindah sepanjang sungai menuju pantai. Para wisatawan yang mengunjungi tempat ini dapat menikmati kehijauan alam dengan mengarungi sungai melalui perahu di antara hutan mangrove. Namun, untuk pengalaman yang lebih lengkap, mereka dapat menikmati matahari terbenam di tengah-tengah kehijauan pohon mangrove sambil menaiki perahu kecil.

Kegemaran akan hutan mangrove yang melingkupi pantai ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung. Banyak di antara mereka merasa puas menjelajahi keindahan hutan mangrove sebelum melanjutkan petualangan pantai. Oleh karena itu, tak jarang pengunjung memotret keindahan ini untuk diabadikan dalam gambar.

2. Pasir Putih nan Cantik

Salah satu daya tarik lain dari pantai ini adalah keberadaan pasir putih yang meliputi sepanjang pantai. Perpaduan antara warna biru laut, hijau mangrove, dan putihnya pasir pantai menciptakan daya tarik yang tak terbantahkan bagi para wisatawan, menjadikan Pantai Glagah Wangi Istambul sebagai destinasi wisata utama.

Banyak wisatawan dari luar Demak yang bersedia melakukan perjalanan jauh hanya untuk menikmati keindahan pantai ini. Tekstur pasir putih yang lembutnya menarik rombongan wisatawan untuk berlibur bersama keluarga. Sifatnya yang ramah anak membuatnya menjadi tempat bermain yang ideal bagi anak-anak. Banyak pula wisatawan yang senang bermain pasir di pantai ini.

Para wisatawan yang ingin menikmati pesona pantai dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disiapkan oleh pengelola. Terdapat banyak gazebo yang tersedia di sepanjang tepi pantai, sehingga para pengunjung dapat menikmati piknik sambil menikmati pemandangan lautan biru. Berkunjung ke pantai ini merupakan pengalaman liburan yang berkualitas, dan tak jarang para wisatawan merasa puas dengan kunjungan mereka.

3. Wahana Bermain dan Spot Foto

Salah satu daya tarik tambahan dari pantai yang indah ini adalah keberadaan wahana bermain yang disediakan oleh pengelola pantai. Dengan tujuan menarik lebih banyak pengunjung, pengelola pantai menyajikan berbagai macam wahana bermain yang cocok untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai sambil bersenang-senang di wahana permainan.

Tidak hanya menyediakan wahana bermain, tetapi juga terdapat beberapa spot foto menarik bagi para pecinta fotografi. Keindahan pantai yang disertai dengan latar belakang spot foto yang menarik dapat membuat Anda tampil menarik di platform media sosial seperti Instagram. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen mereka di beberapa spot foto yang tersedia.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Seperti yang dilansir slot online, Pantai Glagah Wangi dibuka pada tahun 2016 dan mulai menarik banyak pengunjung sejak tahun 2019. Penamaan pantai ini sebagai Istambul bertujuan agar mudah diingat oleh wisatawan, yang merupakan singkatan dari Istana Tambakbulusan. Destinasi wisata favorit ini terletak sekitar 20 km dari pusat Kota Demak, Jawa Tengah.

Perjalanan menuju pantai membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit dari pusat Kota Demak. Wisatawan tidak perlu khawatir tentang akses menuju pantai karena jalannya sudah cukup baik dan memadai.

Pada saat mendekati liburan sekolah atau cuti kerja, jalur menuju pantai cenderung ramai karena daya tarik yang ditawarkan oleh pantai ini, sehingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengunjunginya.

Wisatawan dapat menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi untuk mencapai pantai ini. Di lokasi, tersedia area parkir yang aman, sehingga pengunjung dapat dengan nyaman memarkirkan kendaraannya tanpa khawatir.

Bagi yang ingin mengunjungi pantai yang indah ini, awalilah perjalanan dari jalur Pantura, tepatnya di Jembatan Wonokerto. Anda dapat mengarahkan perjalanan menuju Tambakbulusan dengan jarak sekitar 11 km. Setibanya di sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan bantuan papan penunjuk arah yang disediakan oleh pengelola pantai.

Para wisatawan akan diarahkan menuju dermaga perahu, yang dapat dikenali dari banyaknya perahu yang bersandar di tepi sungai, siap mengantarkan Anda menuju lokasi pantai melalui hutan mangrove yang hijau. Setelah sekitar setengah kilometer perjalanan naik perahu melalui hutan mangrove, Anda akan tiba di tepi pantai, melewati jalan yang terbentuk dari akar-akar mangrove, sebelum akhirnya mencapai tujuan.

Bagi yang berencana mengunjungi Pantai Glagah Wangi di Istana Tambakbulusan (Istambul), Anda tidak perlu khawatir tentang biaya masuk yang tinggi karena pantai ini tidak mengenakan biaya sebagai tiket masuk.

Anda hanya perlu membayar biaya perahu untuk mencapai lokasi, dengan tarif sebesar Rp 15.000. Sedangkan untuk parkir motor, akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000, dan untuk mobil sebesar Rp 5.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Menyusuri Indahnya Hutan Mangrove

Melihat alam merupakan salah satu cara untuk menjalani hidup yang sehat; suasana tenangnya seringkali memberikan kenyamanan. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh dari kota untuk menikmati keindahan alam; Anda dapat merasakan pengalaman serupa ketika berlibur di Pantai Glagah Wangi di Istana Tambakbulusan (Istambul).

Sebelum memasuki pantai yang cantik ini, Anda akan menaiki perahu yang akan membawa Anda melalui hutan mangrove yang hijau. Selain menggunakan perahu, para wisatawan juga dapat menikmati keindahan ini dengan berjalan di atas papan kayu yang melintasi hutan mangrove. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen di area ini karena keindahan alamnya yang memukau.

Piknik Diatas Pasir Putih

Pasir putih yang tersaji di pantai ini telah menjadi daya tarik bagi para wisatawan, sehingga banyak di antara mereka yang betah berlama-lama di sini. Melakukan kegiatan seperti piknik tidaklah membosankan ketika dilakukan di sini.

Para wisatawan dapat menikmati piknik sambil menikmati hidangan yang tersedia di warung makan di tepi pantai. Di samping itu, tersedia banyak gazebo di sini untuk meningkatkan kepuasan wisatawan dalam menikmati piknik bersama keluarga.

Bermain di Wahana Pantai Glagah Wangi Istambul

Disarankan bagi wisatawan yang berkunjung untuk membawa keluarga karena di sini terdapat wahana bermain yang lengkap. Anak-anak dapat bermain sambil menikmati keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh pantai ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika destinasi wisata ini sangat diminati oleh wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Glagah Wangi Istambul sudah tergolong memadai. Semua fasilitas yang tersedia bertujuan untuk memastikan kepuasan para wisatawan pantai. Baik fasilitas umum maupun fasilitas penunjang lainnya telah disiapkan di sini, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir akan kebutuhan apapun selama berada di pantai ini.

Fasilitas umum seperti area parkir, warung makan, gazebo, toilet, dan mushola dapat dengan mudah ditemukan di pantai ini. Pengelola pantai juga telah menyiapkan fasilitas penunjang seperti wahana permainan, spot foto, dan camping ground. Semua fasilitas yang disediakan akan meningkatkan kualitas liburan Anda di pantai ini, sehingga Anda akan merasa puas telah mengunjunginya.

Demikianlah beberapa hal menarik tentang Pantai Glagah Wangi di Istana Tambakbulusan (Istambul) yang akan memicu minat Anda untuk mengunjungi lokasi ini. Disarankan bagi Anda yang berencana berlibur bersama keluarga, karena pantai ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap serta memiliki daya tarik yang unik dibandingkan dengan pantai lainnya.

Ikuti tulisan menarik Joni Setiawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler