x

Iklan

Dimas WPS

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2024

Sabtu, 3 Februari 2024 13:28 WIB

Empat Manfaat Penting Digitalisasi bagi UMKM

Digitalisasi tidak sekadar mengikuti perkembangan teknologi, melainkan menjadi langkah strategis bagi pertumbuhan dan kelangsungan UMKM di tengah persaingan yang semakin ketat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam era teknologi yang berkembang pesat, persaingan bisnis, terutama di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), semakin ketat. Untuk tetap eksis, banyak UMKM yang berpacu dalam menerapkan digitalisasi pada bisnis mereka. Digitalisasi tidak sekadar mengikuti perkembangan teknologi, melainkan menjadi langkah strategis bagi pertumbuhan dan kelangsungan UMKM di tengah persaingan yang semakin ketat. Dalam perjalanan menuju transformasi digital, UMKM dapat merasakan dampak positif yang signifikan. Oleh karena itu dikutip dari Diskominfo, berikut manfaat digitalisasi UMKM yang perlu kamu ketahui:

1. Memperluas Jangkauan Pemasaran

Digitalisasi memungkinkan UMKM untuk meraih jangkauan pemasaran yang lebih luas, bahkan hingga pelosok negeri. Melalui pembuatan website dan pemanfaatan E-Commerce, UMKM dapat menjangkau konsumen yang akhir-akhir ini semakin menggemari belanja online. Hal ini sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih memilih berbelanja secara digital.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Meningkatkan Pendapatan

Jangkauan pemasaran yang luas membawa dampak positif terhadap pendapatan UMKM. Semakin luas jangkauan, semakin tinggi peluang penjualan. Pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran juga turut meningkatkan daya tarik konsumen, menghasilkan pertumbuhan pendapatan yang signifikan.

3. Mempermudah Transaksi

Digitalisasi tidak hanya membuat proses transaksi lebih efisien bagi UMKM, tetapi juga memberikan kemudahan bagi konsumen. Melalui pembayaran digital, UMKM dapat menghilangkan kerumitan dalam memberikan kembalian, menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih nyaman dan modern.

4. Mengikuti Tren

Digitalisasi memungkinkan UMKM untuk beradaptasi dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat. Dengan menjadi bagian dari ekosistem digital, UMKM dapat menjaga kekinian, menarik perhatian konsumen yang mengutamakan kemudahan dan inovasi.

Itu adalah beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan mengapa kamu perlu memnafaatkan digitalisasi pada UMKM. Jadi, jangan ragu untuk terlibat dalam revolusi digital dan manfaatkan segala peluang yang ada untuk menjadikan bisnismu lebih maju dan bersaing secara global. Banyak UMKM yang sudah dengan sigap merespons, mengembangkan operasional mereka ke arah yang lebih modern. Digitalisasi bukan hanya keharusan, melainkan kunci keberlanjutan dan kesuksesan UMKM di era modern ini. Semoga bermanfaat!

Ikuti tulisan menarik Dimas WPS lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan