x

Konten kreator adalah pekerjaan yang banyak diminati oleh anak muda saat ini

Iklan

alffito deannofal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Selasa, 20 Februari 2024 20:21 WIB

Materi Sejarah Hingga Lawakan Hits; Strategi Konten Media Daring agar Disukai Khalayak

Akun TikTok @pond5_archive_news adalah sebuah akun yang mengunggah video-video arsip berita dari masa lalu, terutama yang berkaitan dengan Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Akun TikTok @pond5_archive_news adalah sebuah akun yang mengunggah video-video arsip berita dari masa lalu, terutama yang berkaitan dengan Indonesia. Akun ini memiliki 92.3K pengikut dan 7.3M suka. Beberapa video yang populer di akun ini adalah video tentang Bung Hatta, Presiden Soeharto, Syaykh al-Zaytun, dan politik di Indonesia zaman dulu.

Saya suka dengan kontennya karena pada akun ini membahas arsip video sejarah yang ada di Indonesia.

Beberapa karakteristik unggul dan kelemahannya pada akun POND5

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Karakteristik Unggul:

  • Akun ini memiliki banyak video yang menarik dan informatif, yang dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan sejarah para penonton.
  • Akun ini juga memiliki banyak pengikut dan suka, yang menunjukkan bahwa akun ini populer dan diminati oleh banyak orang.
  • Akun ini menggunakan musik yang sesuai dengan tema dan suasana video, yang dapat menambah daya tarik dan kesan dramatis pada video.

Karakter Kelemahan:

  • Akun ini tidak menyertakan sumber atau referensi dari video yang diunggah, sehingga sulit untuk memverifikasi kebenaran dan konteks dari video tersebut.
  • Akun ini juga tidak memberikan penjelasan atau keterangan tambahan tentang video yang diunggah, sehingga penonton mungkin bingung atau kurang paham tentang latar belakang atau makna dari video tersebut.
  • Akun ini menggunakan bahasa Indonesia yang kurang baku dan standar, yang dapat mengurangi kredibilitas dan profesionalisme akun ini.

Untuk membuat media daring bisa menarik perhatian khalayak pada akun ini, saya memiliki beberapa usulan untuk akun POND5:

  • Membuat konten yang relevan dengan isu-isu terkini atau yang sedang viral. Misalnya, video tentang peristiwa sejarah yang berhubungan dengan peringatan hari besar, pemilu, atau tokoh-tokoh penting. Hal ini dapat meningkatkan minat dan rasa penasaran khalayak untuk mengetahui lebih lanjut tentang latar belakang dan dampak dari peristiwa tersebut.
  • Membuat konten yang edukatif dan informatif. Misalnya, video yang memberikan penjelasan, fakta, atau data tambahan tentang video arsip yang ditampilkan. Hal ini dapat memberikan nilai tambah dan manfaat bagi khalayak, serta meningkatkan kredibilitas dan otoritas akun ini sebagai sumber informasi sejarah.

HAS Creative adalah sebuah media digital yang menampilkan konten-konten seru, menarik, dan menghibur dengan mengundang para figure dan artis ternama. Beberapa program unggulan mereka adalah Podcast Warung Kopi (PWK), The HasTag, Mamat Keliling (Maling), dan Bapak Bapak.

Konten ini sangat menghibur dan tidak lebay. Dalam konteks videonya juga banyak berbagai editan yang seru dan unik sehingga penonton terhibur dan tidak bosan.

Berikut adalah beberapa karakteristik unggul dan kelemahan dari akun YouTube HAS Creative:

Karakteristik unggul:

  • Mereka memiliki banyak bintang tamu yang populer dan beragam, seperti komedian, aktor, penyanyi, dan selebriti.
  • Mereka memiliki konsep acara yang kreatif dan lucu, seperti prank, zumba, ilmu hitam, dan lain-lain.
  • Mereka memiliki jaringan yang luas dengan kreator lain, seperti Stand Up Indo, Extravaganza, dan lain-lain.
  • Mereka memiliki jumlah subscriber yang tinggi, yaitu lebih dari 2 juta.

Karakteristik Kelemahan:

  • Mereka mungkin kurang variatif dalam genre konten mereka, yang cenderung mengandalkan humor dan hiburan.
  • Mereka mungkin kurang memperhatikan aspek teknis dan kualitas produksi video mereka, seperti editing, pencahayaan, suara, dan lain-lain.
  • Mereka mungkin berisiko melanggar hak cipta atau lisensi dari konten yang mereka gunakan, seperti musik, gambar, atau video.
  • Mereka mungkin mendapat kritik atau kontroversi dari netizen atau pihak lain yang tidak menyukai konten atau bintang tamu mereka.

berikut adalah beberapa usulan untuk akun YouTube HAS Creative:

  • Buat end screen dan card yang mengarahkan khalayak Anda ke video, playlist, atau saluran lain yang terkait.
  • Buat caption atau subtitle yang akurat, lengkap, dan mudah dibaca. Caption atau subtitle adalah teks yang muncul di bagian bawah video Anda dan menampilkan dialog atau narasi yang diucapkan dalam video Anda. Caption atau subtitle dapat membantu khalayak Anda yang memiliki gangguan pendengaran, berbicara bahasa yang berbeda, atau ingin menonton video Anda tanpa suara.

*) Artikel ini merupakan tugas Mata Kuliah Komunikasi Digital dari program studi Produksi Media Politeknik Tempo. Adapun, mata kuliah ini diampu oleh Rachma Tri Widuri,S.Sos.,M.Si.

Ikuti tulisan menarik alffito deannofal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler