x

Dokumentasi anggota PMM Kelompok 64 dengan pemilik UMKM\xd

Iklan

Aldika Tiara Salsabilla

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2024

Rabu, 21 Februari 2024 12:53 WIB

Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Melalui e-Commerce

UMKM di Desa Ampeldento sudah berjalan lama, namun baru dinikmati oleh konsumen terbatas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh  Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gelombang 5 Kelompok 64 dilaksnakaan di Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.  Program kerja yang digelar adalah membantu pembuatan akun e-commerce dan memberi pelatihan cara penggunaaannya kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian UMM.

UMKM memilki peran penting dalam menggerakan ekonomi nasional. Desa Ampeldento memiliki berbagai macam UMKM yang sudah berjalan sejak lama. Beberapa produk UMKM tersebut, antara lain, susu kedelai yang diproduksi oleh industri rumahan Rosida Jaya, keripik singkong Pak Isnandi, dan olahan telur asin seperti kerupuk dan botok. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sosialisasi kepada UMKM terkait Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Melalui E-Commerce

UMKM yang ada di Desa Ampeldento tersebut sudah berjalan sejak lama, namun konsumen yang merasakan produk UMKM tersebut masih dalam skala terbatas. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, Kelompok 64 berharap dapat menjadi wadah untuk membantu UMKM memasarkan produknya ke konsumen dengan skala yang lebih besar, meningkatkan omzet penjualan serta memberikan pengetahuan mengenai dampak yang akan dirasakan dengan melakukan penjualan melalui E-Commerce.

E-Commerce dapat menjadi solusi untuk  kemajuan dalam proses mengembangkan UMKM. Untuk membantu meningkatkan keahlian dalam mengelola E-Commerce, Kelompok 64 memulai dengan memaparkan berbagai keuntungan dan manfaat yang akan dirasakan dalam menggunakan E-Commerce. Hal itu yang kemudian bisa menjadi acuan untuk para pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualannya di E-Commerce.

Pembuatan akun e-commerce UMKM Susu Kedelai

Melalui kegiatan tersebut Kelompok 64 mengajarkan topik yang paling dasar, mulai dari cara mendaftarkan akun untuk membuka toko di E-Commerce, mengelola toko online, meningkatkan pesanan dengan menggunakan berbagai fitur, hingga bagaimana cara menjangkau pembeli yang lebih luas.

Program kerja tersebut dilakukan dengan harapan produk UMKM Desa Ampeldento  juga harus melakukan berbagai inovasi-inovasi baru dalam menciptakan produk yang berkualitas dan dapat dipasarkan di E-Commerce. Hal itu bertujuan agar produk tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat yang ada di sekitar Desa Ampeldento saja, tapi juga dapat dirasakan oleh masyarakat dimana saja. 

laman akun e-commerce UMKM Keripik Singkong

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar E-Commerce dari UMKM. Ucapan terimakasih serta doa juga turut di ucapkan oleh pemilik UMKM. “Terimakasih atas Ilmu yang ditularkan kepada kami, mudah mudahan ini bermanfaat bagi kami dan kedepannya usaha kami semakin maju” ujar Yusman, pemilik UMKM Susu Kedelai Home Industri Rosidah Jaya.

Ikuti tulisan menarik Aldika Tiara Salsabilla lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB