x

Sosialisasi literasi digital SMP Negeri 27 Semarang

Iklan

Rizka S

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Februari 2024

Jumat, 23 Februari 2024 14:11 WIB

Tim Magang Ilmu Perpustakaan Undip Gelar Sosialisasi Literasi Digital di Sekolah

Tim magang Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro (Undip) sukses mengadakan sosialisasi literasi digital bersama para siswa SMP Negeri 27 Semarang dari beberapa kelas pada 25 Januari 2024 hingga 1 Februari 2024.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tim magang Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro (Undip) sukses mengadakan sosialisasi literasi digital bersama para siswa SMP Negeri 27 Semarang dari beberapa kelas pada 25 Januari 2024 hingga 1 Februari 2024.

Sosialisasi literasi digital yang mengangkat topik seputar sosial media dan hoax ini memberikan edukasi kepada para siswa cara menggunakan sosial media yang baik dalam mencari informasi, mengevaluasi informasi, menyebarkan informasi sampai upaya preventif dari informasi hoax yang beredar di internet.

Ghaniy sebagai salah satu tim magang Ilmu Perpustakaan dan pengisi materi mengatakan alasan membawa tema literasi digital ini karena ingin memaksimalkan program literasi yang sudah ada lebih dulu di SMP Negeri 27 Semarang namun berfokus pada literasi digital.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Difokuskan ke sosial media di mana tempat yang paling dekat dan sering diakses kesehariannya sama murid SMP dan terkait hoax itu untuk memberikan pengertian biar siswa-siswa pada paham informasi yang baik seperti apa buat mereka," Kata Ghaniy dalam wawancara (20/02/24).

Ghaniy juga memberikan tanggapan terkait kemampuan literasi siswa SMP dalam menanggapi berita hoax masih dalam tahap aman karena mereka tidak semudah itu percaya pada informasi yang diterima. "Mereka masih bisa protect dirinya sendiri sih sama berita hoax. Dari hasil survei juga gitu banyak yang milih buat mastiin infonya lagi atau mengabaikan."

Sosialisasi ini mendapat respon positif dari Fitri yaitu salah satu pustakawan SMP Negeri 27 Semarang bahwa sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi siswa siswi di SMP N 27 Semarang.

"Dengan adanya sosialisasi literasi digital dapat membuat siswa-siswi lebih bijak menggunakan serta mengakses informasi," ungkap Fitri (20/02/24).

Respon positif juga didapatkan dari banyak siswa yang mengikuti sosialisasi ketika diminta untuk memberi penilaian diakhir kegiatan secara anonim.

"Saya mendapatkan informasi lebih banyak dan menjadi tau jika tidak boleh mudah percaya dengan berita hoax, harus mencari tau berita/informasi lebih lanjut," ungkap siswa tanpa menyebut nama.

Sosialisasi literasi digital menjadi salah satu program kerja mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip dari kegiatan magang yang dilaksanakan selain mengatur konten sosial media perpustakaan, dekorasi ruang, inventarisasi, dan menyusun data koleksi di INLISlite.

 

 

Ikuti tulisan menarik Rizka S lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler