x

Mengurangi penggunaan media sosial terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental dan kepuasan kerja

Iklan

NAILA MAHARANI PUTRI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Selasa, 27 Februari 2024 06:41 WIB

Analisis Sosial Media

Dari tahun 2019 sudah mencapai 150juta orang di Indonesia menggunakan sosial media. Jumlah ini sama dengan 54% populasi di negeri ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berdasarkan data di atas sosial media di Indonesia sangatlah berpengaruh.

• Dari tahun 2019 sudah mencapai 150juta orang di Indonesia menggunakan sosial media. Jumlah ini sama dengan 54% populasi di negeri ini, Pada tahun tersebut sosial media yang sangat banyak digunakan adalah Whatsapp, Facebook dan Instagram.

 

• Pada tahun 2020 tingkat penggunaan sosial media meningkat menjadi 160juta orang. Dan di tahun ini WhatsApp, Facebook dan Instagram masih menjadi sosial media nomor satu di Indonesia.

 

• Di tahun 2021 semakin banyak peningkatan hingga 175juta orang yang menggunakan sosial media, di tahun ini agak sedikit berbeda karena di tahun ini platform TikTok menyusul popularitasnya dibanding Instagram.

 

• Di tahun 2022 sudah mencapai di angka 191juta pengguna sosial media di Indonesia, setara dengan 69% populasi di negeri, di tahun ini TikTok sudah menjadi platform sosial media pertama di Indonesia dan di susul Instagram dan juga WhatsApp.

 

• Sayang nya di tahun 2023 mengalami penurunan yaitu menjadi 167juta pengguna sosial media. meskipun mengalami penurunan 12,7% namun angka ini masih sama dengan populasinya yaitu 60,4%.

 

Data statistik menunjukkan peningkatan pengguna media sosial di Indonesia dari tahun ke tahun, menyoroti pentingnya peran platform tersebut dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. WhatsApp, Instagram, Facebook, dan TikTok adalah platform paling populer di Indonesia. Oleh karena itu, perusahaan dan pelaku bisnis disarankan untuk memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran efektif untuk mencapai target audiens mereka.

*) Artikel ini merupakan tugas mata kuliah Komunikasi Digital dari program studi Produksi Media. Dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos., M.Si.

Ikuti tulisan menarik NAILA MAHARANI PUTRI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terkini

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB